Yuk Main Game Sambil Belajar Isu-isu Politik Lewat Acara Ini!

Kapan lagi bisa main seharian sambil belajar. Yuk datang ke pameran ini!

Yuk Main Game Sambil Belajar Isu-isu Politik Lewat Acara Ini!

Yuk Main Game Sambil Belajar Isu-isu Politik Lewat Acara Ini!

Game bukan hanya media hiburan, akan tetapi bisa jadi pembelajaran mengenai isu-isu politik. Itulah yang diangkat dalam pameran Games and Politics yang digelar oleh Goethe Institut ini.

Game bukan hanya sekedar untuk media hiburan semata. Ada banyak pesan yang bisa dibawa dalam sebuah game, mulai dari pesan sosial, sejarah, hingga yang sensitif seperti agama dan politik. Namun suatu hal yang menarik adalah game bisa juga dibilang sebagai sesuatu yang politis. Para pemain selalu berada di dalam sistem sebuah game dan harus mengikuti aturannya, walaupun ada kesan bahwa mereka memberi perintah dan bertindak secara otonom.

[duniaku_baca_juga]

Di samping itu, game juga bersifat politis kalau dengan sengaja membawa topik-topik politik kepada kelompok sasaran yang sulit dijangkau dengan cara lain, baik dalam rangka pendidikan politik maupun propaganda.

Pesan itulah yang dibawa oleh pameran Games and Politics yang digelar oleh Goethe-Institut bekerja sama dengan Zentrum für Kunst und Medien Karlsruhe (Pusat untuk Seni dan Media Karlsruhe). Games and Politics menghadirkan 16 game digital yang mengintegrasikan tema politik yang kental ke dalam game-nya. Tujuannya, dengan memainkan game-game ini, kamu bisa bermain sekaligus merenungkan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Yuk Main Game Sambil Belajar Isu-isu Politik Lewat Acara Ini!

Semua game yang tersedia dalam pameran ini bisa kamu mainkan, baik dengan tablet, smartphone maupun PC. Beberapa game yang bisa kamu mainkan antara lain Sunset yang menggambarkan kondisi kerja berbahaya; konflik bersenjata dalam This War of Mine; migrasi dan pengungsi yang dijadikan topik dalam Papers, Please! dan lain sebagainya.

Berikut adalah daftar topik dan game yang disajikan dalam pameran Games and Politics dari Goethe ini.

Membuat Opini: Game Komputer sebagai Komentar terhadap Peristiwa Politik Aktual

Game: The Cat and the Coup – Madrid – Yellow Umbrella

Dunia Militer: Game Komputer sebagai Perenungan terhadap Aliansi antara Industri Perang dan Industri Hiburan

Game: Killbox – Unmanned – This War of Mine

Aneka Sudut Pandang: Game Komputer sebagai Upaya Mempertanyakan Peran Gender Stereotipikal

Game: Perfect Woman – Dys4ia – Coming Out Simulator

Kritik Media: Game Komputer sebagai Alat Introspeksi

Game: Phone Story – TouchTone – Orwell

Kisah Migrasi: Game Komputer yang Melintasi Perbatasan

Game: Papers, Please – 1378km – Escape from Woomera

Pemetaan Kekuasaan: Game Komputer sebagai Pengamat Efektivitas Diri dan Ketidakberdayaan

Game: Sunset – Democracy – The Westport Independent

[read_more id="306688"]

Pameran ini sendiri digelar selama hampir sebulan penuh, mulai dari tanggal 8 Mei hingga 27 Mei 2017 yang akan datang. Kamu bisa mengikuti acara ini gratis, tanpa harus melakukan registrasi apapun. Cukup langsung datang ke Goethehaus, Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta dan nikmati pengalaman bermain sambil belajar mengenai isu-isu politik yang banyak terjadi di dunia.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU