Sneak Peek Dynasty Warriors 9: Fitur dan Kelahiran Kembali (Bagian 1)

Dynasty Warriors 9

Dynasty Warriors 9 akan segera dirilis oleh Tecmo Koei. Perubahan besar menanti, game hack and slash klasik dengan sentuhan baru.

Dynasty Warriors merupakan salah satu game hack and slash legendaris yang pernah ada. Diawali dari konsol Playstation seri yang pertama, Dynasty Warriors mengangkat hack and slash dengan mode 2 dimensi. Tak terasa Dynasty Warriors sudah berkembang dan tetap berjaya hingga serinya yang ke-8. Seri yang ke-9 pun akan segera dirilis oleh Tecmo Koei di Jepang maupun di seluruh dunia. Pihak developer mengatakan bahwa Dynasty Warriors 9 memiliki perubahan besar dibandingkan seri-seri yang sebelumnya.

Baca Juga

Setelah pengumuman yang diberikan pada akhir tahun 2016, banyak spekulasi mengenai Dynasty Warriors 9 yang diungkapkan sebagai “rebirth” dari serial Dynasty Warriors.

Menjawab berbagai spekulasi, bulan Mei 2017 ini, Tecmo Koei membuka beberapa perkembangan yang sudah dibuat pada Dynasty Warriors seri yang ke-9.

Open World: Perubahan Terbesar Dynasty Warriors 9

Dynasty Warriors 9

Sejak tahun 2016 lalu, Tecmo Koei sudah mengumumkan mengenai kemungkinan Dynasty Warriors 9 akan dibuat dengan mode open world. Bayangkan saja betapa hebohnya kalau kamu bisa menjelajahi negeri Cina di era Tiga Kerajaan seperti kamu menjelajahi Skyrim.

Pada Mei 2017 ini, pihak developer sudah mengonfirmasi dan memastikan model open world yang akan digunakan. Daratan Cina pada masa Tiga Kerajaan akan dibuat menjadi 1 peta besar. Permainan tidak akan berpindah-pindah seperti seri yang sebelumnya, yang mana peta akan berubah dan berpindah sesuai dengan misi yang dijalankan. Jadi, pemain dipastikan dapat menjelajah setiap tempat tidak terbatas seperti seri-seri yang sebelumnya.

Dynasty Warriors 9

Mode open world yang dijanjikan oleh developer Dynasty Warriors memberikan pengalaman unik tersendiri bagi pemain. Setiap pemain dapat menentukan dengan bebas tindakan yang akan dilakukannya. Fitur open world pun tidak ditinggalkan sendirian. Fleksibilitas yang dijanjikan fitur open world ditunjang dengan fitur baru dan kemampuan karakter lain yang unik.

Fitur baru yang diunggulkan adalah adanya pergantian waktu siang dan malam yang akan berganti sesuai siklus waktu layaknya ada di dunia nyata. Cuaca juga dapat berganti-ganti, seperti panas, hujan, badai, salju, dan sebagainya.

Dynasty Warriors 9

Selain itu, dunia Three Kingdom akan dibuat serealistis mungkin dengan menambahkan penampakan alam seperti gunung yang berbeda-beda ketinggian, sungai, hutan, gurun, dan sebagainya. Selain itu landmark pada masa Three Kingdom akan dibuat dengan semirip mungkin dengan aslinya. Pintu Hu Lao, Pintu Luo Yang, Sungai Kuning, dan Gunung Song adalah beberapa contoh landmark yang akan muncul di Dynasty Warriors 9.

Dynasty Warriors 9

Kemampuan unik sang karakter akan dapat berkompilasi dengan fitur baru seperti cuaca, siklus waktu, adanya penampakan alam dan landmark. Kemampuan panahan yang sempat ada di seri awal Dynasty Warriors namun dihilangkan di seri-seri yang terakhir dimunculkan kembali. Dianggap tidak terlalu berguna, Dynasty Warriors 7 dan 8 menghilangkan fitur panahan sang karakter. Padahal di sisi lain, panahan dapat sangat membantu dengan skill stun dan ketika dihadapkan pada pengendara gajah. Dynasty Warriors 9 memunculkan kembali kemampuan panahan untuk menunjang fitur lain yang lebih besar.

Kemampuan lain seperti kemampuan untuk memanjat tembok, melakukan panahan, dan kemampuan untuk berenang di sungai akan membuat pemain dengan fleksibel mengatur serangan dan strategi. Beberapa contoh strategi yang dapat disusun adalah:

  • Serangan kejutan: menggabungkan kemampuan memanjat tembok atau posisi landmark yang lebih tinggi
  • Serangan penyusupan: menggabungkan kemampuan mengendap-endap dan waktu di malam hari
  • Serangan dengan ledakan: menggabungkan kemampuan panahan api dengan landmark yang lebih tinggi
  • Serangan frontal: menggabungkan kemampuan karakter di setiap waktu dan tempat

Dynasty Warriors 9

Akan tetapi, perkembangan mengagumkan Dynasty Warriors 9 ini pasti juga menuai beberapa kritik. Fleksibilitas yang ditawarkan oleh open world Dynasty Warriors 9 dianggap tidak mampu mengakomodasi sisi timeline dari peperangan pada masa Three Kingdom. Peperangan yang terjadi lintas lokasi, yang digabungkan dengan fitur open world, terjadi di waktu yang berbeda-beda.

Di sisi lain, kemampuan untuk menyerang benteng dengan alat-alat berat, seperti catapult, ram, dan siege tower banyak disuarakan oleh para pemain di seluruh dunia. Selain hack and slash khas Dynasty warriors, mode penyerangan dengan alat-alat tersebut akan dapat menambah keseruan dan kemampuan strategi masing-masing pemain.

Dynasty Warriors 9

Lebih lagi, pertarungan air juga dapat menjadi alternatif perkembangan yang baik mengingat salah satu pertarungan penting di masa Three Kingdom mengambil latar pertarungan air, yaitu Battle of Chi Bi atau pertempuran tebing merah. Fleksibilitas dalam menjelajah menggunakan kapal dan mengatur strategi serangan dari sisi perairan akan menambah keseruan dari Dynasty Warriors 9.

Dynasty Warriors 9 diharapkan memberikan perubahan dan perkembangan besar terkait dengan sistem open world. Pihak pengembang terlihat serius untuk mengembangkan permainan dengan sefleksibel mungkin bagi pemain. Fitur baru ini akan sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Dynasty Warriors di seluruh dunia.


Ada pembahasan mengenai gameplay-nya lho. Cek di halaman 2!