Mengenal PROTO, Card Game Unik yang Menginspirasi Para Inovator dan Wirausahawan!

Proto

Bukan sekedar card game, PROTO adalah game yang mampu menginspirasi para inovator dan wirausahawan! Bagaimana caranya? Simak pembahasannya di sini!

Tabletop game keseluruhan memang sedang mengalami masa keemasan sekarang. Mengherankan memang, di saat game konsol sedang canggih-canggihnya, tabletop yang menggunakan media permainan yang tradisional masih bisa bertahan. Tapi itulah faktanya.

Tak hanya Monopoli dan Ular Tangga saja yang dimainkan sekarang. Bahkan game digital seperti Gears of War, Bioshock: Infinite, dan Dark Souls secara ajaib bisa punya board game. Kafe-kafe boardgame kembali marak dikunjungi. Di Indonesia pun komunitas tabletop game semakin berkembang, dengan variasi permainan mulai dari card game, trading card game, board game, dan banyak lagi.

Tapi tetap saja, dari semua card game yang beredar di pasaran, PROTO ini terasa unik.

Cara Main

PROTO dijanjikan adalah card game untuk menginspirasi para inovator dan wirausahawan. Cara mainnya pun mencerminkan hal tersebut. Pertama-tama, pemain akan mengambil satu kartu User dan satu kartu Feature, yang kemudian akan menjadi persoalan bersama semua pemain.

Setelah itu, para pemain mengambil tiga kartu acak dari tumpukan Feature atau Booster. Dari tiga kartu itu, pemain akan memilih satu untuk digabungkan dengan kartu User dan Feature yang dijadikan persoalan. Si pemain pun diberi kebebasan untuk memikirkan solusi apa yang harus ia lakukan.

Para pemain lalu akan mendengarkan. Kalau ada yang menyukai idemu, mereka akan memberikan dadu untuk dikocok. Kalau tidak mereka tidak akan memberikanmu dadu.

Lalu apa gunanya dadu ini?

Pada akhirnya, kamu harus menggerakkan ikon kamu sampai melewati lima fase Impact LineConcept, Local Start-Up, Small Biz, National Business, dan terakhir World-Class Brand. Dadu-dadu ini gunanya adalah untuk menentukan seberapa jauh ikonmu bisa bergerak. Kalau tidak ada yang suka idemu, ya, kamu akan bertahan di tempat.

Tapi wirausaha sering kali mengalami masalah. Itulah gunanya kartu Challenge, yang diambil setelah fase penyampaian ide. Di sini kamu bisa melempar tantangan ke musuhmu, dan dia harus menjawab bagaimana usahanya bisa menghadapi tantangan tersebut. Kalau kamu tidak puas dengan jawabannya, dia akan mundur di Impact Line.

Kartu Challenge sendiri tidak wajib digunakan. Tapi kalau kamu memakainya, hati-hati, pemain lain bisa lebih terdorong untuk balas dendam menyerangmu.

Pada akhirnya, kamu saling berlomba-lomba hingga satu pemain bisa mencapai lima fase Impact Line.

Kamu bisa melihat video di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

Lebih dari Sekedar Permainan

Jelas, kamu bisa menggunakan PROTO untuk main iseng, saling melempar ide sambil bercanda dengan teman-temanmu. Tapi mengingat tema permainannya sendiri mengharuskan kamu untuk inovatif menghadapi persoalan nyata, game ini pun bisa digunakan untuk banyak fungsi.

Seperti tersaji di gambar di atas, kamu bisa menggunakannya untuk workshop, wawancara, bahkan untuk acara tertentu. Wawancara terutama akan unik melihat bagaimana calon karyawan harus bereaksi terhadap situasi-situasi yang kamu tentukan.

Secara keseluruhan, game ini memang sangat menarik dan menggoda untuk dimainkan. Penasaran? Kamu bisa memeriksa tautan Kickstarter game ini di bawah. Game ini sendiri ajaibnya sudah selesai didanai, meski saat artikel ini ditulis masih sisa 21 hari untuk para backer. Jadi setidaknya bisa dijamin kamu akan memperoleh game ini, apapun yang terjadi.

Cek Proto di: Kickstarter PROTO

SHARE
Previous articleXiaomi Boleh Membanggakan Mi6, tapi OnePlus Punya Smartphone RAM 8GB!
Next articleKabar Duka: Masayuki Tamiya, Direktur Perusahaan Tamiya, Meninggal Dunia
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.