Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mulai Membuat Game!

Membuat game

Membuat game tidak semudah memutar-balikkan tangan. Ternyata terdapat banyak aspek yang perlu kamu perhatikan lho.

Baca Juga

Tim Duniaku.net menghadiri acara Game Dev Jakarta Meet Up yang diselenggarakan di gedung utama LYTO Jakarta. Acara yang dihadiri oleh beberapa developer game nasional ini menghadirkan dua orang sebagai pembicara yaitu Fandry Indrayadi selaku Creative Director Mintsphere dan Ibrahim Baskara selaku Co-Founder Mozaic Heaven yang membahas mengenai tips dalam membuat game.

Mempelajari cara pembuatan game dari kedua narasumber diatas cukup memberikan banyak ilmu terutama kepada saya yang sama sekali tidak menyangka. Langsung saja kita masuk ke topik utamanya yuk.

Membuat game

Fandry adalah game developer senior yang sudah memulai membuat game sejak zaman SMP.

Awal masuk SMP, saya sering membuat board game sederhana seperti modifikasi dari ular tangga, monopoli dan lainnya, dan mengajak teman-teman sekelas untuk bermain bersama-sama. Baru setelah saya belajar sedikit pemrograman di sekitar kelas 3 SMP lah saya dapat menyelesaikan video game pertama saya dan bergabung ke dalam komunitas GameDev Indonesia

Dalam pemaparannya sendiri, Fandry menjelaskan bahwa membuat game terutama dalam ceritanya, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan di antaranya:

1

Fokus pada Awal dan Akhir

Untuk membuat game bagus, tentunya kamu harus bisa membawa para pemain untuk nyangkut dengan game kamu sejak awal baik itu melalui storygameplay, ataupun musik . Hal ini akan membuat para pemain untuk terus bermain. Tidak lupakan juga akhiran dari game yang dianggap sebagai momen utama ketika tamat. Para pemain harus diberikan hadiah berupa ending yang epic.

2

Bagian Pertengahan Game Jangan Dilupakan

Tidak hanya awal dan akhir saja yang menjadi puncak keseruan dalam membuat game, namun bagian tengah dari game juga harus diperhatikan. Walaupun tidak harus seekstrim bagian awal dan akhir, bagian tengah bisa diselipkan momen-momen menarik untuk tetap membawakan para pemain ke suasana yang seru hingga bisa merasakan akhirannya.

 

3

Pilih 3 Sampai 4 Fitur Utama

Jika kamu sudah mengambil hati para pemain dengan fitur-fitur utama kamu, maka pastinya pemain akan secara otomatis jatuh cinta pada side quest atau fitur-fitur tambahan dalam game. Contohnya adalah game The Witcher 3. Para pemain sudah terlanjur jatuh cinta dengan open world serta quest-quest dan jalan cerita yang menarik. Akan tetapi mereka juga jatuh cinta pada mini game yang ada di dalam game The Witcher 3 yaitu permainan kartu bernama Gwent.

4

Pikirkan Fitur Utama Bukan Game yang Sempurna

Yang terakhir adalah pemikiran untuk membuat game yang sempurna harus diubah. Dalam membuat game, kamu harus memerhatikan fitur-fitur utama yang kamu tawarkan saja bukan memikirkan bagaimana menciptakan game yang sempurna. Jika kamu terlalu memikirkan bagaimana membuat game yang sempurna, yang ada kamu hanya akan menghabiskan waktu.

Bagaimana dengan pendapat Ibrahim Baskara sendiri? Simak di halaman 2!