6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!

Bertemunya dua jagat berbeda nih di Tokusatsu!

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!

Tokusatsu adalah sebuah genre film di Jepang yang menggunakan spesial efek. Film dan seri Tokusatsu yang populer seperti Kamen Rider, Ultraman, Super Sentai, dan banyak lainnya adalah beberapa contoh judulnya.

Nah dari beberapa judul tersebut, ternyata ada yang pernah saling bertemu! Siapa saja sih?

1. Godzilla vs King Kong (1962)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!Toho

King Kong adalah salah satu Kaijuu atau monster raksasa yang bersejarah, karena dia salah satu yang muncul duluan sejak tahun 1933.

Sejak 1933 itu, King Kong jadi salah satu unsur populer dalam film spesial efek Amerika yang memunculkan monster besar. Lalu bagaimana dengan ikon Kaijuu lainnya yaitu Godzilla?

Di tahun 1962, Toho membuat versinya untuk duel Godzilla vs King Kong. Di tahun 2021, versi modernnya dibuat dalam Godzilla vs Kong.

Baca Juga: 10 Tokusatsu dari Luar Jepang yang Menarik dan Seru!

2. Kamen Rider V3 vs Spider-Man (1978)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!Toei

Kamen Rider V3 vs Spider-Man (Supaidaman) bukanlah film atau serial kolaborasi, melainkan kolaborasi di majalah.

Kolaborasi ini berlangsung pada 1978 untuk mempromosikan acara-acara yang dimiliki Toei, termasuk saat itu yang sedang tayang adalah Kamen Rider V3 dan Supaidaman, atau Spider-Man versi Tokusatsu.

3. Ultraman vs Kamen Rider (1993)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!Toei/Tsuburaya

Ini kolaborasi yang jarang. Pada tahun 1993 Toei dan Tsuburaya berkolaborasi untuk menghadirkan siaran khusus antar Kamen Rider dan Ultraman.

Dalam acara khusus ini diperlihatkan cuplikan dari kedua seri, lalu wawancara para aktor, diakhiri dengan adegan khusus pertarungan Kamen Rider Ichigo vs Ultraman yang akhirnya bekerjasama.

4. Kamen Rider x Super Sentai (2003 dan masih berlanjut)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!

Kamen Rider dan Super Sentai adalah dua seri Tokusatsu populer yang dimiliki oleh Toei, tentu mudah mempertemukan mereka.

Awalnya mereka berkolaborasi di cuplikan singkat Super Hero Time pada tahun 2003, lalu Kamen Rider Decade pernah masuk ke dunianya Shinkenger.

Film mereka di tahun 2012 yaitu Super Hero Taisen mempertemukan kedua seri ini, kolaborasinya masih berlanjut sampai sekarang dengan film bertajuk Super Hero Taisen atau Vs Series.

5. Kamen Rider x Super Sentai x Space Sheriff: Super Hero Taisen Z (2013)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!Toei

Pada tahun 2013, tradisi Super Hero Taisen milik Toei jadi lebih ramai lagi karena Space Sheriff ikut bergabung dengan Kamen Rider dan Super Sentai!

Saat itu Toei ingin mempromosikan seri baru dari Space Sheriff seperti Gavan, Sharivan, dan Shaider, karena itu Gavan dan yang lainnya dimunculkan di film kolaborasi ini.

Setelahnya Toei Company melanjutkan seri film Space Sheriff versi modern dengan aktor baru.

6. Super Sentai x Metal Heroes (2012 dan masih berlanjut)

6 Crossover Tokusatsu yang Unik dan Menarik!Toei

Super Sentai dengan Metal Heroes milik Toei juga pernah bertemu selain Space Sheriff di Super Hero Taisen Z.

Menariknya, kolaborasi ini adalah dua seri yang punya tema serupa, misalkan Gokaiger (perompak angkasa) vs Gavan (polisi luar angkasa), atau Jiraiya dan Ninninger yang sama-sama ninja, serta Dekaranger dan Gavan yang sama-sama polisi luar angkasa.

Nah itu dia kolaborasi atau crossover di Tokusatsu yang sangat menarik! Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Mengenal Spider-Man Jepang yang Klasik dan Tokusatsu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU