5 Crossover Menarik dalam Seri Tokusatsu – Saat Para Pahlawan Bertemu!

Super Hero TaisenTokusatsu adalah film dengan special effect yang berasal dari Jepang. Kamen Rider, Super Sentai, dan Metal Hero termasuk di dalamnya. Serial TV tokusatsu sudah tayang selama puluhan tahun, dan dalam perjalanannya tentu beberapa tokoh berbeda pernah bertemu satu sama lain, atau crossover.

Baca Juga

Tidak seperti pahlawan super Amerika yang memiliki universe khusus dan beberapa tokoh tinggal di dunia yang sama, tokusatsu memiliki universe-nya sendiri. Hanya super sentai yang memiliki satu dunia sama dan terkait satu sama lain. Tetapi pernahkah tokoh tokusatsu dari seri berbeda, berjumpa dan bertarung melawan musuh yang sama? Berikut adalah 5 seri tokusatsu yang pernah melakukan crossover

1

Ultraman VS Kamen Rider

Ultraman vs Kamen RiderCrossover antara Kamen Rider Ichigo dan Ultraman adalah bagian dari serial televisi spesial kolaborasi Toei Company dan Tsuburaya Production. Video yang memperingati perayaan 25 tahun Ultra Series dan 20 tahun Kamen Rider ini rilis pada tanggal 21 Juli 1993. Dimulai dari pertarungan Kamen Rider Ichigo dan Ultraman yang masing-masing melawan satu monster, tetapi kedua monster itu bergabung menjadi satu monster raksasa yang kuat. Akhirnya Kamen Rider Ichigo berubah menjadi ukuran raksasa dan bekerja sama dengan Ultraman.

2

Gokaiger VS Gavan

Gavan vs Gokaiger

Tidak hanya Kamen Rider dan Ultraman, dari kubu metal hero yaitu Space Sheriff Gavan atau lebih tenar di Indonesia dengan judul Gaban juga pernah melakukan crossover dengan Kaizoku Sentai Gokaiger dari seri Super Sentai. Di sini, Gavan mendapatkan misi untuk menangkap kelompok Gokaiger sang Perompak Angkasa. Tetapi, di akhir mereka bekerja sama untuk melawan sebuah robot berbahaya yang meniru Gavan, yaitu Gavan Bootleg.

3

Spiderman dan Kamen Rider V3

Spiderman and Kamen Rider V3

Spiderman dengan Kamen Rider? Crossover ini terjadi dalam kartu pos dan majalah yang berisi Spiderman versi Jepang- Supaidaman berkolaborasi dengan Kamen Rider V3. Mereka berpose bersama di dekat mobil milik Spiderman yaitu The Spider Machine GP-7.

Jangan heran melihat mobil milik Spiderman versi Toei, karena selain mobil, dia pun memiliki sebuah robot raksasa yang dapat bertarung bersamanya melawan monster bernama The Marveller.

4

Jiraiya dan Ninninger

Jiraiya vs Ninninger

Serial super sentai ke-39 Shuriken Sentai Ninninger pernah berkolaborasi dengan metal hero yang bertema sama tentang ninja, yaitu Jiraiya. Tim Ninninger bertemu dengan Jiraiya di episode 34. Jiraiya muncul di dalam pertarungan antara kelompok Ninninger melawan Hyakkarage

Seperti crossover lainnya, mereka pun bekerja sama untuk melawan musuh pada akhir episode.

5

Super Hero Taisen

Super Hero Taisen

Super Hero Taisen adalah sebuah seri film yang menyajikan crossover antara tokoh tokusatsu. Dimulai dari Super Hero Taisen pertama yang bercerita tentang pergabungan dunia Kamen Rider dengan Super Sentai. Hero dari kedua seri bertarung untuk menyelamatkan dunia masing-masing.

Bukan hanya Kamen Rider dan Super Sentai, seri tokusatsu lain yaitu metal hero yang berisi Gavan, Jiban, Jiraiya, Kabutaku dan lainnya juga turut andil. Film Kamen Rider vs Metal Hero juga menceritakan cerita utama yang tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya, dan seperti biasa di akhir cerita mereka bekerja sama.


 

Itulah 5 crossover dari seri Tokusatsu! Yang mana yang menurut kalian adalah crossover terbaik?

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleMenjelang Rilis Avenger: Infinity Wars, Ada Armor Baru Iron Man Versi Asgard!
Next articleDota 2 Update : Patch 7.06 Perubahan Besar pada Item dan Hilangnya Attack Unique Modifier pada Desolator!
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.