Mengenal Organisasi Berjubah Hitam di Detective Conan (Bagian 1)

Organisasi Berjubah Hitam

Organisasi berjubah hitam di Detective Conan memiliki anggota-anggota yang hebat dan sulit dikalahkan penegak hukum. Berikut adalah beberapa di antaranya!

Baca Juga

Organisasi berjubah hitam merupakan musuh utama dalam serial manga dan anime Detective Conan. Sampai sekarang, informasi mengenai organisasi berjubah hitam masih belum begitu jelas.

Kamu pasti juga penasaran dengan organisasi kriminal yang hebat ini bukan? Berikut adalah beberapa petinggi dan anggotanya. Ada yang sudah teridentifikasi, ada yang masih misterius.

1

The Boss

Organisasi Berjubah Hitam

The Boss merupakan pemimpin dari organisasi berjubah hitam dan pemegang otoritas tertinggi dari organisasi tersebut. Dia juga merupakan otak pengendali organisasi teroris terselubung ini. Meskipun tidak dideskripsikan secara jelas, dia mengarahkan dan merencanakan setiap kejahatan dari organisasi. Dalam beberapa kesempatan, terlihat bahwa bos berkomunikasi dengan bawahannya dengan SMS. Nomor teleponnya mengikuti lagu anak di Jepang berjudul Nanatsu no Ko; yaitu #969#6261.

Tidak banyak hal yang diketahui tentang kepribadian dari bos organisasi berjubah hitam. Bos digambarkan memiliki karakter yang berhati dingin dan terlalu berhati-hati dalam merencanakan sebuah misi. Dia tidak segan-segan untuk melenyapkan anggota organisasi untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan organisasinya.

Namun demikian, dia pernah kecolongan saat penyusupan Shuichi Akai. Bos tampaknya sangat dekat dengan Vermouth dan juga dengan Gin, yang kerapkali bertindak sebagai perantara antara atasan dan agen lainnya.

2

Rum

Organisasi Berjubah Hitam

Rum adalah anggota orang terpenting kedua di organisasi berjubah hitam setelah The Boss. Dilihat dari deskripsi Shuichi Akai, yang pernah menyusup ke organisasi tersebut, Rum sangat dekat dengan bos dan memiliki kewenangan yang besar. Dipertegas, Ai Haibara mengatakan bahwa Rum adalah komandan kedua bagi anggota-anggota di organisasi berjubah hitam, meskipun dia belum pernah bertemu secara langsung dengannya. Identitas asli, jenis kelamin, dan misi Rum masih belum diketahui secara pasti sampai saat ini.

Rumor mengatakan bahwa Rum memiliki salah satu mata yang rusak dan telah diganti dengan mata buatan. Selain itu, beberapa anggota organisasi berjubah hitam mendeskripsikan berbeda-beda tentang bentuk fisik dari Rum. Ada yang bilang bahwa Rum adalah pria yang besar dan tegap, ada yang bilang dia terlihat feminin, dan ada yang bilang dia orang tua. Hal tersebut menunjukkan bahwa dia tidak menampilkan dirinya sendiri kepada orang lain secara langsung.

Kemunculan dan Spekulasi

Organisasi Berjubah Hitam

Rum diduga muncul dalam kasus pembunuhan Kohji Haneda yang berperan sebagai pengawal bernama Asaka. Setelah pembunuhan tersebut, Asaka menghilang dan dipertegas dengan pesan kematian dari Kohji yang merujuk pada diri seorang Rum. Pesan kematian Kohji adalah rangkaian kata yang membentuk ASACA RUM, jadi Rum mungkin terlibat dalam kematiannya.

Spekulasi mengenai bentuk fisik dan jenis kelamin Rum kembali muncul pada kasus pembunuhan pada manga chapter ke-951. Conan menganggap bahwa jika Asaka, pengawal yang hilang pada kasus sebelumnya, adalah Rum. Jika Rum sudah menjadi pengawal selama 17 tahun, maka usianya tidak muda lagi. Selain itu, spekulasi bahwa Asaka adalah seorang wanita membuat Conan merenungkan bahwa Rum merupakan sosok wanita, namun kuat (seorang pengawal), dan berusia tidak muda, seperti deskripsi yang didapatkannya. Akan tetapi, belum dapat dipastikan mengenai spekulasi ini.

Memang sudah ada beberapa sosok mencurigakan. Tapi… ini manga karya Aoyama Gosho. Selama menggarap Conan, dia sering menebar banyak petunjuk palsu untuk mengejutkan pembacanya.


Mau tahu petinggi organisasi berjubah hitam selengkapnya? Cek ke halaman 2.