Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

Saat ini tren film super hero telah dikuasai oleh Marvel dengan jajaran Marvel Cinematic Universe miliknya. Tapi apakah kamu mengenali film-film Marvel klasik ini?

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

Film superhero menguasai Hollywood sejak awal dekade 2000an. Tentunya jika membahas genre ini, kita tidak akan lepas dari sang pencipta tren tersebut, yakni Marvel. Namun tahukah kamu kalau Marvel sudah memiliki film pahlawan super sejak tahun 90an?

[duniaku_baca_juga]

Sejak booming film-film Marvel seperti Iron Man, Captain America, Thor, dan lainnya, studio besar lain ikut bersaing membuat film bertemakan super hero yang dapat meledak di pasaran. Tetapi, apakah Iron Man (2008) merupakan film live action Marvel yang pertama?

Tentunya tidak, karena sebelumnya sudah ada X-Men, Spiderman versi Tobey Maquire, Daredevil yang diperankan oleh Ben Affleck, dan lain-lain. Lalu muncul pertanyaan baru, apakah ada film Marvel yang rilis sebelum X-Men pertama? Berikut 7 film Marvel sebelum era 2000.

[page_break no="1" title="Howard The Duck (1986)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

[duniaku_adsense]

Jika melihat sejarah, fim live action pertama yang dibuat oleh Marvel adalah Captain America yang keluar tahun 1944. Tetapi format film layar lebar Marvel yang pertama rilis adalah Howard The Duck pada tahun 1986.

Film yang diadaptasi dari komik Marvel berjudul sama ini menceritakan tentang Howard, alien berbentuk bebek yang tinggal di planet bernama Duckworld. Karena suatu kejadian, dia terdampar di Bumi dan harus mencari jalan pulang ke planet asalnya.

Howard lalu terlibat dalam salah satu film Marvel paling jelek sepanjang masa. Kalau melihat kesuksesan Marvel Cinematic Universe sekarang, heran juga mengingat dulu Marvel memulai debut layar lebar mereka dengan kegagalan epik ini.

Mungkin nama Howard si bebek terdengar asing di telinga kalian, namun Howard sudah pernah muncul di dua film Marvel Cinematic Universe. Kedua film itu adalah Guardian of The Galaxy (2014) dan Guardians of the Galaxy Vol. 2. Dia muncul dalam after credit film pertama. Lalu di film Guardian of The Galaxy Vol 2 dia muncul kembali sebagai cameo.

[page_break no="2" title="The Punisher (1989)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?Mungkin kalian masih ingat dengan film The Punisher keluaran tahun 2004 yang saat itu sering diputar di televisi lokal. Tetapi itu bukanlah film adaptasi komik The Punisher yang pertama. Sebelumnya sudah ada film dengan judul serupa yang tayang pada tahun 1989.

The Punisher (1989) menceritakan tentang Frank Castle, seorang hakim jalanan yang telah membunuh 125 penjahat kriminal dalam kurun waktu 5 tahun. Castle menjadi hakim jalanan dikarenakan kematian keluarganya. Ceritanya sedikit berbeda dengan The Punisher 2004. Logo tengkorak ikonik yang sering ia kenakan di pakaiannya juga tidak ada di film ini.

[page_break no="3" title="Captain America (1990)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

Sebelum Chris Evans sukses memerankan Steve Rogers dalam Marvel Cinematic Universe, Matt Salinger sudah lebih dahulu menghidupkan tokoh tersebut ke dalam layar lebar lewat perannya di film Captain America yang rilis pada tahun 1990.

Captain America (1990) menceritakan tentang perubahan hidup Steve Rogers, yang sebelumnya pemuda pengidap polio menjadi seorang superhero. Di film ini, Captain melawan Red Skull dan sama seperti versi komiknya, dia membeku lalu ditemukan kembali beberapa tahun kemudian. Di masa depan, dia diberikan tugas untuk melindungi presiden Amerika dari ancaman.

Kualitas efek film Captain America (1990) ini sudah ketinggalan zaman dan ditertawakan sejak di era 90an.


 

Ada film Marvel yang gagal dan tidak pernah tayang, lho. Film apakah itu? Cek di halaman selanjutnya!

[page_break no="4" title="Fantastic Four (1994)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

[duniaku_baca_juga]

Sebenarnya film ini tidak pernah tayang di bioskop-bioskop, hingga akhirnya versi copy illegal dari film ini menyebar beberapa tahun setelahnya. Fantastic Four (1994) adalah film bermodal rendah yang diproduseri oleh Roger Corman dan Bernd Eichinger.

Film ini menceritakan kisah Reed Richard dan teman-temannya yang terpapar radiasi kosmik, membuat mereka bermutasi dan memiliki kekuatan super. Film ini tidak pernah tayang dan dianggap sebagai film kelas B yang gagal oleh sebagian orang, uniknya, sang produser, Bernd Eichinger juga memproduseri film Fantastic Four yang rilis tahun 2005.

Konyolnya sih, sejauh ini Doctor Doom di film ini adalah adaptasi Doctor Doom paling setia dibanding adaptasi modern. Bahkan mungkin dibanding Fantastic Four (2015), film yang satu ini lebih sukses menangkap jiwa dari para pahlawan dan antagonisnya. Meski plot, akting, dan kualitas efeknya luar biasa buruk.

[page_break no="5" title="Generation X (1996)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

[duniaku_adsense]

Generation X adalah TV movie yang tayang pada tahun 1996 di saluran FOX. Film ini mengadaptasi komik spin off X-Men dengan judul yang sama. Menceritakan tentang kehidupan Jubilee, Emma Frost, Banshee dan Mutants muda lainnya dalam sekolah Xavier. Sayangnya rating untuk film berdurasi 87 menit ini tidak terlalu baik.

Di era modern ini, Fox kembali mencoba menyajikan serial TV X-Men. Contohnya adalah Legion yang luar biasa itu serta Gifted yang baru rilis trailernya.

[page_break no="6" title="Nick Furry Agent of Shield (1998)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

David Hasselhoff didaulat untuk memerankan Nick Fury (versi original kulit putih) dalam film Nick Fury : Agent of S.H.I.E.L.D.. Di film ini, Nick Fury adalah seorang pensiunan mata-mata. Dia kembali ditugaskan oleh pemerintah untuk melawan organsiasi teroris HYDRA yang mengancam akan menyerang kota Manhattan dengan sebuah virus mematikan. TV Movie ini tayang pada tahun 1998 di saluran FOX.

Hasselhoff kemudian tampil sebagai cameo di Guardians of the Galaxy Vol 2.

[page_break no="7" title="Blade (1998)"]

Daftar 7 Film Marvel Sebelum Tahun 2000, Apakah Kamu Sudah Nonton?

Film ini cukup sering diputar di televisi Indonesia pada tahun 2000an. Menceritakan tentang Blade, seorang pemburu vampir yang memiliki darah setengah manusia dan setengah vampir. Film ini mendapatkan dua sequel lanjutan, yaitu Blade 2 pada tahun 2002 dan Blade Trinity yang rilis tahun 2004.


 

Itulah 7 film Marvel sebelum memasuki tahun 2000. Sepertinya Marvel tidak akan mudah menyerah untuk mengadaptasi karakter tokoh super hero mereka ke dalam layar perak. Selain itu memang Marvel memiliki banyak tokoh yang menarik untuk diangkat ke movie.

Meskipun sempat mengalami jatuh bangun, tetapi film-film Marvel kini berhasil menguasai pasar perfilman dunia, dan sepertinya akan terus berlanjut. Adakah favoritmu dari daftar di atas? Sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU