Bandai Namco Merilis Statistik Keuntungan dari Produk Mereka. Manakah yang Lebih Menguntungkan Antara Aikatsu dan Pre-Cure?

Bandai Namco

Bandai Namco bersama dengan FIELD telah merilis keuntungan yang mereka dapat dari penjualan produk mereka, dari seri apa yang paling menguntungkan?

FIELD Corporation, pemilik dari Tsuburaya Production atau rumah produksi dari Ultraman telah merilis keuntungan yang mereka dapatkan dari penjualan mainan dan pernak-pernik Ultraman, terutama seri Ultraman yang tayang pada tahun 2016, yaitu Ultraman Orb yang telah menarik penonton sebanyak 800 juta penonton, 100% lebih banyak dari seri sebelumnya, Ultraman X.

Tetapi FIELD Corporation tidak hanya merilis keuntungan dari penjualan Ultraman saja. Penjualan produk Bandai Namco lain seperti Aikatsu, Pretty Cure, Pokemon, Dragon Ball dan lain-lain juga ikut diperlihatkan. Siapakah yang paling menguntungkan? Silakan lihat pada tabel di bawah ini.

Baca Juga

Bandai Namco Top Brands

Sangat terlihat perbedaan jarak dari posisi teratas dan runner up pada penjualan mainan dan pernak-pernik di tahun 2016. Memang tidak diragukan lagi, penggemar Mobile Suit Gundam sangatlah royal pada mainan model kit dan Gunpla (Gundam Plastic).

Selain itu, harga model kit Gundam sejak seri Iron Blooded Orphans sudah sangat murah, hanya sekitar 1000 yen atau sekitar 100 ribu sampai 200 ribu saja, karena itu para penggemar semakin banyak membeli Gunpla.

Di tahun 2017 sendiri, Gundam masih memuncaki posisi dengan keuntungan 26.4 millyar yen dan diperkirakan akan mendapatkan setidaknya 25 millyar yen pada tahun 2018.

Gunpla

Di posisi kedua ada Kamen Rider. Jika melihat kepopuleran serinya maka tidak aneh jika dia menempati posisi kedua, meskipun faktanya, harga mainan dari seri Kamen Rider, sebutlah DX sabuk Kamen Rider atau sejenisnya, bisa dibilang diatas rata-rata.

Terlihat Kamen Rider mengalami pengingkatan yang sangat besar dari tahun 2016 ke tahun 2017. Dragon Ball dan Super Sentai (termasuk Power Ranger) di posisi ketiga dan keempat hanya meningkat sebesar 1 millyar yen dari tahun sebelumnya.

Figure Rise Dragon Ball

Anpanman yang menjadi sensasi budaya tersendiri di jepang sejak 1973 masih tetap mengisi 10 besar penjualan mainan Bandai Namco. Ultraman milik FIELD Corporation sendiri justru menempati posisi 8 dengan pendapatan sebesar 3.1 millyar yen pada tahun 2017.

Pretty Cure berada di atas Aikatsu, Pre-Cure di posisi 6 dengan 7.5 millyar yen sedangkan Aikatsu jauh berada di bawah, di posisi 10 dengan pemasukan 2.6 millyar yen.

Meskipun memiliki fanbase dan pernak-pernik yang melimpah, tetapi seri Love Live, terutama yang sedang on going saat ini, Love Live Sunshine justru tidak masuk dalam 10 besar penjualan mainan Bandai Namco.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleSukses Besar, Game BoBoiBoy: Galactic Heroes Adakan Event Spesial Mei!
Next articleInilah Perbedaan Adaptasi King Arthur Versi Guy Ritchie dengan Cerita Aslinya
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan dan superhero Amerika maupun Jepang. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.