Cara Meningkatkan Penghasilan Game Mobile dengan Event Pasca Install

Rovio Casual Connect Asia 2017

Bukan hanya sekedar total unduhan yang besar. Namun mempertahankan user untuk terus bermain game juga tidak kalah penting untuk meningkatkan penghasilan. Berikut saran yang diberikan oleh Rovio, developer dari Angry Birds.

Bagaimana cara mendapatkan total unduhan game yang besar sudah pasti merupakan salah satu strategi yang baik. Namun, tujuan utama untuk akuisisi gamer bukan hanya mendatangkan sembarangan gamer, melainkan gamer yang “berkualitas tinggi.” Artinya, gamer tersebut bisa mendatangkan pendapatan dengan berbagai cara saat bermain game, mulai dari menonton iklan video hingga melakukan pembelian in app purchase.

Baca Juga

Salah satu cara untuk memaksimalkan akuisisi gamer berkualitas tinggi ini adalah dengan cara memanfaatkan Post-Install Events (PIE) alias event-event yang bisa diikuti gamer setelah dia mengunduh game. Untuk membeberkan bagaimana cara ini bekerja, Anh Nguyen, User Acquisition Manager dari Rovio pun membeberkannya di hari pertama Casual Connect Asia 2017 yang sudah digelar hari Selasa, 16 Mei 2017 kemarin.

Tujuan utama dari PIE ini adalah untuk mengikat gamer agar terus bermain dan akhirnya mengikuti event-event ini. Untuk mengikat gamer, yang perlu diperhatikan adalah tahapan-tahapan yang terjadi di saat gamer pertama kali meng-install game tersebut, apa yang dilakukannya di hari pertama bermain, apa yang terjadi di hari ketiga, hingga hasil dari yang dilakukannya di hari ketujuh memainkan game tersebut.

Rovio Casual Connect Asia 2017

Anh pun memberikan beberapa contoh mengenai tahapan-tahapan ini, yang akhirnya bisa membuat pemain betah terus bermain dan mendatangkan penghasilan.

  • Saat game pertama kali dibuka: mencatat sesi pemain
  • Retensi pemain di hari pertama: pemain bisa menyelesaikan tutorial dan membuka satu karakter tambahan yang bisa dimainkan.
  • Retensi pemain di hari ketiga: pembelian pertama biasanya dilakukan, pemain bisa mencapai level 25, serta mencicipi fitur-fitur lain yang baru dibuka seperti Arena PvP.
  • Retensi pemain di hari ketujuh: pemain mencapai level 35, pembelian kedua dilakukan, pemain akhirnya bisa berpartisipasi dalam Liga atau Clan yang membutuhkan level tinggi.
  • Selanjutnya, bisa terus dipertahankan retensinya dengan cara-cara lain seperti menonton iklan video atau mengundang teman Facebook untuk bermain agar mendapatkan reward tertentu.

Rovio Casual Connect Asia 2017

Anh juga mengungkapkan salah satu tool menarik untuk memaksimalkan PIE ini, yaitu dengan menggunakan Facebook App Optimization. Tool ini memungkinkan developer untuk memasang iklan mereka di mobile dengan tujuan untuk mengajak calon user melakukan sesuatu terhadap game atau aplikasi yang diiklankan, seperti melakukan registrasi atau melakukan sesuatu pembelian di dalam game.

Dengan memperhatikan saran-saran yang disampaikan oleh Anh Nguyen ini, diharapkan pemain bisa terikat lebih lama di dalam game, sehingga meningkatkan retensi user dan juga bisa mengonversinya ke dalam bentuk pendapatan untuk sang developer.

Casual Connect Asia 2017 Dimulai, Game Kasual Semakin Dibanjiri Teknologi VR!

Selain game mobile, VR dan esport pun menjadi dua menu utama lain dalam gelaran tahun ini. Seperti apa? Intip di dalam!
Baca Juga

Apakah kamu sudah mengimplementasikan hal-hal di atas untuk meningkatkan pendapatan di game-mu?


SHARE
Previous articleBeginilah Penampakan Kantor Yorozuya Gin-Chan dalam Gintama Live Action
Next articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck Warm Worm, Habisi Kartu Musuhmu! (Bagian 1)
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.