Bukti Kemajuan Animasi Dragon Ball Super, dari Dicemooh Jadi Dipuji!

Animasi Dragon Ball Super telah mengalami kemajuan yang signifikan. Dedikasi para animator Toei dan adaptasi mereka terhadap lingkungan kerja yang ekstrim tidak sia-sia!

Ternyata Animasi Dragon Ball Super Tak Sesuper Namanya

Mimin cukup kecewa dengan kualitas animasi Dragon Ball Super di episode kelima ini. Meskipun secara keseluruhan ceritanya masih cukup menghibur.
Baca Juga

Tidak terasa setelah kurang lebih dua tahun meramaikan layar kaca, serial Dragon Ball Super telah memasuki episode ke-90 pada tanggal 14 Mei silam. Selama dua tahun tayang, Dragon Ball Super telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, terutama pada bagian animasi.

Dilansir dari artikel Duniaku.net yang ditulis pada tahun 2015, animasi di episode kelima Dragon Ball Super penuh dengan anatomi tubuh yang tidak proporsional dan pewarnaan yang mentah. Kotaku juga menambahkan bahwa animasi serial ini di kala itu mungkin lebih buruk dibandingkan sebuah fanart.

Animasi Lama Dragon Ball Super
Mengingat adegan pertarungan di Dragon Ball adalah ciri khas dari seri ini, animasi seperti di atas bisa dikatakan cukup mengecewakan.

Akan tetapi, dapat dilihat dua tahun kemudian, animasi Dragon Ball Super yang dicap tidak proporsional, hambar, dan terkesan malas, telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Kemajuan ini muncul bertahap, sehingga setiap arc cerita baru muncul, para penonton tidak hanya mengikuti perkembangan cerita, tapi juga kemajuan di bagian animasi yang dilakukan oleh para animator dari Toei di balik layar.

Kanzenshuu, salah satu fansite Dragon Ball yang sering mengulas karya Akira Toriyama ini secara detil, memiliki informasi mengenai proses pembuatan animasi yang dilakukan oleh Toei. Kemajuan di departemen animasi ini menjadi bukti bahwa animator Toei telah mampu membiasakan diri terhadap proses pembuatan animasi cel modern dan ruang lingkup kerja yang bisa terbilang cukup ekstrim.

Dari yang seperti ini
Sekarang jadi seperti ini
Pertarungan jarak dekat Goku dan Gohan pun jadi epik dan terlihat konsisten di episode 90 pekan lalu.

Youtuber Totally not Mark juga telah mengompilasikan beberapa momen di Dragon Ball Super yang memiliki animasi yang apik. Meskipun juga mengompilasikan momen-momen animasi terburuk di seri ini, Mark tetap mengakui bahwa para animator di Toei adalah orang-orang yang berbakat dibuktikan dengan banyak pula animation work yang mulus dan mendetail.

Dapat disimpulkan bahwa kemajuan animasi seri ini adalah hasil dari dedikasi para animator yang dimiliki Toei dan bagaimana mereka terus beradaptasi dengan proses pembuatan animasi cel modern. Perjuangan para animator ini tentunya tidak sia-sia karena Dragon Ball Super terus berkembang dan menarik hati para fans.

Apabila perkembangan ini terus berlanjut, Dragon Ball Super akan semakin dekat ke status ikonik yang dimiliki oleh seri pendahulunya. Semoga dengan dedikasi para animator dan dukungan dari para fans, hal ini dapat terwujud.

Diedit oleh Fachrul Razi

 


SHARE
Previous articleGuide YuGiOh Duel Links: Deck Warm Worm, Habisi Kartu Musuhmu! (Bagian 1)
Next articleMojiken Studio Sabet Gelar di Ajang Indie Prize Asia 2017!