5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

Di dalam versi manga, para superhero Tokusatsu dapat melakukan hal yang sulit direalisasikan dalam serial televisi. Lalu apa saja manga Tokusatsu yang menarik?

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!Tokusatsu memang sulit dilepaskan dari manga. Pencipta genre Henshin Hero atau manusia yang berubah menjadi superhero itu sendiri adalah seorang mangaka, Shotaro Ishinomori.

Sebelumnya, Shotaro Ishinomori menciptaka manga berjudul Cyborg 009. Setelah itu dia bekerja sama dengan Toei dan membuat seri Kamen Rider. Mulai dari sinilah genre Henshin Hero menjadi populer.

Karena kepopulerannya, seri-seri tokusatsu tentunya sudah sering diadaptasi menjadi karya lain, salah satunya manga. Dengan adaptasi manga, maka para pembuat tokusatsu dapat mengembangkan karakter mereka sesuai imajinasi yang sulit direalisasikan di dalam live action. Berikut 5 manga adaptasi tokusatsu yang wajib kalian baca.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="1" title="Space Sheriff Gavan"]

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

Manga dari Space Sheriff Gavan adalah sebuah web komik yang dibuat untuk memperingati perayaan 30 tahun seri Space Sheriff Gavan.

Menceritakan tentang petualangan Retsu Ichijouji yang harus melawan Makuu, sebuah organisasi jahat yang dipimpin oleh Don Horror. Manga yang digambar oleh Oota Masaki ini terbit dalam bentuk web komik yang dikembangkan oleh Akita Publishing.

Tidak hanya Gavan, tetapi partnernya yaitu Sharivan dan Shaider juga muncul dalam manga ini.

[page_break no="2" title="Android Kikaider"]

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

Android Kikaider adalah manga karangan Shotaro Ishinomori yang terbit pada tahun 1972 hingga 1974 dalam Weekly Shonen Sunday. Seri ini berjalan bersamaan dengan versi serial televisinya dan memiliki jalan cerita yang sama.

Manga ini menceritakan tentang Dr. Hiroshi Komyoji yang menciptakan sebuah robot untuk mengalahkan Professor Gill dan organisasi jahat bernama DARK. Sayangnya robot itu belum selesai disempurnakan karena DARK sudah terlebih dahulu menyerang Dr. Komyoji. Robot itu akhirnya diberikan nama Jiro, dan bisa berubah menjadi Kikaider untuk mengalahkan DARK.

Jiro sebagai Kikaider harus mengalahkan robot-robot yang dikirim oleh DARK termasuk Saburo, sebuah robot yang memiliki otak milik Dr. Komyoji yang dapat berubah menjadi Hakaider, cyborg kuat lainnya.

[duniaku_adsense]

[page_break no="3" title="Jetman"]

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!Berikutnya adalah sebuah manga yang menjadi sekuel dari tv serinya, Chōjin Sentai Jetman: Toki wo Kakete. Manga karangan Akiko Fuji ini menceritakan tentang pasukan Jetman yang harus melawan organisasi jahat Dimensional War Party Vyram yang sebelumnya sudah mereka kalahkan di serial TV.

5 tahun setelah pertarungan terakhir, pasukan Jetman berpisah dan menjalani hidup yang normal serta bahagia. Ryu si ranger merah dan Kaori si ranger pink hidup bahagia bersama dan mempunyai seorang putri, begitu pula dengan sisa Jetman lain yang masih hidup. Sayangnya kedamaian mereka diusik oleh organisasi Vyram yang kembali muncul.

Karena salah satu pasukan mereka, Black Condor atau Gai sudah meninggal di akhir serial TV, maka di versi manganya mereka mencari anggota pengganti. Muncullah ranger ke-6 yang hanya ada di versi komik, Green Eagle.


Dari metal hero dan super sentai sudah, apakah ada manga adaptasi dari Kamen Rider dan Ultraman? Cek halaman selanjutnya!

[page_break no="4" title="Kamen Rider Spirit"]

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

Sebenarnya ada beberapa manga dari seri Kamen Rider, tapi kita bahas yang paling populer, yaitu Kamen Rider Spirits. Manga ini digambar oleh Kenichi Muraeda dan mengikuti cerita utama dari 10 Kamen Rider era showa dengan sedikit perkembangan.

Tokoh utama di dalam cerita ini berubah-ubah sesuai bab yang diangkat, tetapi fokus utama mengarah kepada Kamen Rider ke-10, Kamen Rider ZX. Manga ini bertujuan untuk membuat cerita alternatif yang berbeda dibanding versi tv spesialnya, Birth of the 10th! Kamen Riders All Together!! yang mengangkat cerita Kamen Rider ZX.

[duniaku_baca_juga]

Manga ini juga menjelaskan tentang plot hole atau sesuatu yang tidak terlalu jelas dalam tv serinya, contohnya adalah penjelasan tentang partner dari Kamen Rider Stronger, yaitu Tackle yang tidak disebut sebagai Kamen Rider.

Pada tahun 2009, manga ini sempat berhenti dikarenakan majalah penerbitnya, Magazine Z tutup. Kamen Rider Spirits kembali dilanjutkan 8 bulan kemudian di Monthly Shonen Magazine dengan nama Shin Kamen Rider Spirit. Manga ini juga pernah terbit di Indonesia.

[read_more id="312118"]

[page_break no="5" title="ULTRAMAN"]

5 Manga Adaptasi Seri Tokusatsu yang Wajib Kalian Baca!

Dari semua yang ada di daftar, mungkin yang paling terlihat berbeda adalah Ultraman dalam manga karangan Eiichi Shimizu dan Tomohiro Shimoguchi ini. Meskipun terlihat sangat berbeda, tetapi manga ULTRAMAN adalah sekuel dari tv seri Ultraman yang pertama.

Diceritakan beberapa tahun setelah kejadian di tv seri Ultraman, sang Giant of Light atau Ultraman sudah tidak terlihat lagi. Diperkirakan dia sudah pulang ke planet asalnya setelah berhasil menghabisi monster-monster raksasa yang ingin menghancurkan Bumi.

Tokoh utama dalam cerita ini adalah Shinjiro Hayata, putra dari Shin Hayata atau Ultraman yang pertama. Shinjiro memiliki kekuatan diatas rata-rata, bahkan saat dia masih bayi. Itu disebabkan karena gen sang ayah yang sebenarnya adalah Ultraman.

Berbeda dengan Ultraman milik ayahnya, Shinjiro tidak bisa berubah menjadi raksasa. Dia menggunakan pakaian atau armor khusus yang dikembangkan seperti tubuh Ultraman. Shinjiro harus menjadi Ultraman baru dan melawan monster-monster yang berdatangan.

Monster alien lama dari seri Ultraman pertama pun muncul kembali dengan penampilan yang jauh lebih keren dari sebelumnya.

[duniaku_adsense]


Itulah 5 manga adaptasi tokusatsu yang wajib untuk kalian baca. Bagaimana? sudah tertarik untuk melihat pertarungan pahlawan Tokusatsu dalam bentuk gambar manga?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU