Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!

Tonton sekarang juga!

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!

Mafia adalah satu satu dari sekian genre yang paling sering diangkat di dunia animanga. Tema yang identik dengan kekerasan serta kriminalitas sering dipilih karena dinilai memiliki potensi cerita yang cukup dalam untuk digali dan dikembangkan tanpa meninggalkan ciri khas mafia itu sendiri beserta moral value yang disampaikan lebih berbobot ketimbang genre lain. 

Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat anime, terutama yang sudah bosan dengan muatan konten moe-moe atau fanservice yang biasanya terdapat anime mainstream pada umumnya. Para penonton wanita juga kerap memilih genre ini karena banyaknya karakter pria tampan yang bermunculan. Bahkan beberapa ada yang menjadikan salah satu tokoh anime mafia sebagai husbando mereka. 

Setiap anime mafia memiliki kekuatan tersendiri dalam setiap penyajian konten cerita. Ada yang menekan aksi setiap karakter, plot twist, atau pendalaman karakterisasi. Semuanya kembali pada pilihan kamu selaku penonton. Penasaran seperti apa anime-anime mafia terbaik tersebut? Inilah sepuluh anime mafia terbaik yang direkomendasikan untuk kamu tonton! 

1. Gangsta

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!animenewsnetwork.com

Anime ini bercerita tentang Nicolas Brown, seorang pria tuna rungu yang memiliki keterbatasan bicara, tetapi siap menghabisi lawan dengan katana andalannya. Ia dijuluki “Tagged One”, manusia yang tubuhnya sudah dimodifikasi sehingga memiliki kekuatan fisik di atas normal dan sangat ditakuti oleh masyarakat bahkan mafia sekalipun. 

Selama beraksi, ia ditemani rekan sekaligus teman masa kecilnya, Worick Arcangelo, yang merupakan partner Nic yang dikenal sebagai gigolo tampan bermata satu yang kerap menggoda wanita. Dikenal sebagai “Benriya”, mereka rela melakukan pekerjaan yang tak mau diambil oleh orang lain. 

Sampai suatu hari ketika polisi yang mereka kenal di kepolisian meminta bantuan mereka untuk mengatasi geng baru yang berbuat onar di wilayah keluarga Mafia. Sejak saat itu, keduanya terus dihadapkan pada kenyataan-kenyataan yang mengejutkan termasuk kebenaran masa lalu kelam yang sempat mereka jalani bersama.

2. Bungou Stray Dogs

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Dok. Studio Bones

Nakajima Atsushi terpaksa harus hidup menggelandang setelah diusir dari panti asuhan. Saat ia termenung di tepi sungai, ia melihat seorang pria aneh yang hobi bunuh diri. Pria itu bernama Dazai Osamu, seorang pengguna kekuatan supernatural dan bertugas menyelesaikan kasus-kasus yang terlalu berbahaya untuk ditangani polisi atau militer. 

Nasibnya seketika berubah ketika ia bertarung melawan Ryunosuke, seorang mafia muda yang mengejar Atsushi karena seseorang telah melabelinya dengan buronan seharga tujuh milyar yen. Lambat laun, akhirnya Atsushi menyadari bahwa Dazai adalah mantan eksekutif Port Mafia, organisasi mafia paling berbahaya di kota Yokohama. 

Demi melepaskan diri dari rantai takdir yang terus membelitnya, Atsushi bersama rekan-rekan detektifnya bangkit melawan Port Mafia meski harus mati sekalipun. Namun para detektif harus mendapati kenyataan bahwa musuh mereka tidak hanya ada satu pihak semata.

3. Katekyo Hitman Reborn

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!reborn.fandom.com

Sawada Tsunayoshi atau Tsuna adalah murid SMP Namimori yang payah dalam pelajaran dan lemah dalam olahraga sehingga dijuluki Dame Tsuna (No-Good Tsuna). Suatu hari, ibu Tsuna yang bernama Sawada Nana mendapat kiriman brosur tentang home tutor dan langsung menerimanya begitu saja. 

Tetapi home tutor yang muncul adalah sesosok makhluk kecil berjas hitam yang memperkenalkan diri sebagai Reborn, hitman khusus yang datang dari Italia untuk mendidik Tsuna sebagai calon Vongola X (Vongola Decimo/Vongola Juudaime). Dengan kata lain, Reborn hendak menjadikan Tsuna menjadi pemimpin Vongola Family (keluarga mafia Vongola). 

Tsuna tentu saja tidak percaya dan mati-matian menolak, namun kemauan serta kekuatan Reborn lebih kuat sehingga ia hanya bisa pasrah di bawah didikan Reborn. Dengan didikan Reborn yang keras, Tsuna mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahuinya sebagai mafia. Sepanjang jalannya cerita, meskipun masih menolak terlibat dengan mafia, Tsuna tanpa sepengetahuannya mulai tumbuh menjadi kuat dan percaya diri yang membuatnya jauh lebih cocok untuk menjadi pemimpin Vongola.

4. 91 Days

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!91 Days (Shuka/ 91 Days)

Angelo Lagusa, putra seorang anggota kelompok mafia yang seluruh keluarganya dibantai saat ia masih anak-anak. Tujuh tahun setelah insiden pembunuhan keluarganya, Angelo mendapat sebuah pesan yang memberi tahu identitas para pembunuh keluarganya, yang mana adalah pemimpin kelompok Mafia Vanetti dan anak-anaknya. Berbekal nama samaran Avilio Bruno, Angelo pun menyusup ke dalam kelompok Vanetti untuk membalaskan dendamnya. 

Ia terus bertahan di dunia di mana kematian, pengkhianatan, dan perubahan status bisa terjadi kapan saja. Sayangnya, Nero, orang yang menjadi target utamanya dikenal sebagai orang baik hati dan malah menganggap Avilio sebagai seorang sahabat. 

Apakah Angelo tetap pada pendiriannya untuk atau memilih jalan lain selain balas dendam? Dan mampukah Nero mampu membuat Angelo memaafkan dirinya yang secara tak langsung merenggut nyawa keluarga Lagusa?

5. Gungrave

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Gungrave (Madhouse/ Gungrave)

Seri ini bercerita tentang Brandon Heat dan Harry McDowel mencoba bergabung dengan sindikat mafia yang menyelamatkan nyawa mereka, Millennion, setelah teman-temannya tewas terbunuh. Bertahun-tahun lamanya, Harry pun mulai terpengaruh keserakahannya sendiri dan berubah kepribadian menjadi orang yang sangat ambisius. 

Dia mulai berambisi untuk menguasai Millenium dengan menyingkirkan Mika, putri tunggal dari Big Daddy (mantan bos Millenium yang baik hati) dan Maria, mantan kekasih Brandon. Demi melindungi anak dari wanita yang pernah dicintainya, Brandon pun bertekad untuk menghentikan sahabat masa kecilnya meski harus menyeret semua yang menghalanginya ke kuburan sekali lagi! 

6. Cowboy Bebop

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Dok. Sunrise

Berkisah tentang Spike dan Jet, mantan anggota mafia Red Dragon dan polisi ISSP bertangan cyborg yang bekerja sebagai pemburu buronan dengan imbalan yang setimpal. Bermodalkan kapal modifikasi yang dinamai “The Bebop” .

Dibantu anjing pintar tak biasa bernama Ein, serta wanita seksi penggila judi, Faye Valentine. Selain itu, ada pula Edward, gadis cilik autis dengan kemampuan hacking yang mengerikan, serta Spike dan Jet. Mereka mengarungi angkasa untuk memburu para kriminal dengan imbalan tertentu (bounty). 

Namun, Spike yang ternyata hanya berusaha lari dari masa lalunya harus dihadapkan pada kenyataan bahwa Vicious, pendekar pedang Red Dragon yang paling berbahaya, tengah mengejar dirinya demi menuntut balas atas pengkhianatan yang didasari atas cinta segitiga antara Spike, Vicious, dan Julia, wanita misterius yang menyelamatkan Spike.

7. Tokyo Ghoul

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Potret Nishiki Nishio di Tokyo Ghoul (Dok. DevianArt)

Di urutan ketujuh ada salah satu anime terpopuler yang banyak digemari oleh para penonton, yaitu Tokyo Ghoul. Ceritanya sendiri mengikuti seorang mahasiswa Universitas Tokyo yang dibunuh oleh ghoul. Ia adalah manusia super pemakan daging yang mampu mengubah manusia menjadi bagiannya.

8. JoJo's Bizarre Adventure Part V: Golden Wind

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!netflix.com/JoJo's Bizarre Adventure

JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind adalah kisah kelima dari serial JoJo's Bizarre Adventure yang kali ini berlokasi di Italia.

Tokoh utamanya sendiri terbilang unik karena ia mewarisi darah keturunan dari Dio Brando dan Jonathan Joestar. Ia sendiri lahir dari hubungan illegal Dio yang kala itu memakai tubuh Jonathan dengan seorang perempuan.

Kehidupan Giorno berubah setelah ibunya menikahi seorang pria Italia dan mereka pindah ke negara tersebut. Anak itu berhasil membangkitkan kekuatan Stand Gold Experience dan memanfaatkannya agar bisa hidup di tengah kerasnya kota tempat ia tinggal sampai di usia remajanya.

Ia juga memiliki mimpi untuk menjadi seorang gangster karena terinspirasi oleh seorang mafia yang membantunya sebagai balas budi karena ditolong Giorno saat kabur dari kejaran geng lain.

9. Tokyo Revengers

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Ⓒ Ken Wakui / Kodansha / Animation "Tokyo Revengers" Production Committee

Menjadi salah satu anime terpopuler juga, Tokyo Revengers berfokus pada seorang pemuda bernama Takemichi Hanagaki. Suatu hari ia mendapat kabar bahwa mantan pacarnya yang bernama Hinata Tachibana telah dibunuh oleh Geng Tokyo Manji. Ia didorong ke jalur kereta dan mengirimnya kembali ke 12 tahun lalu.

10. Black Lagoon

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!imdb.com

Rekomendasi anime mafia selanjutnya ada Black Lagoon yang terinspirasi dari manga karya Rei Hiroe. Ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang pengusaha Jepang yang tidak senang dengan gaya hidupnya. Lalu ia diculik oleh tentara bayaran dan memilih untuk bergabung dengan kelompok mereka.

11. Akame Ga Kill!

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Akame ga Kill! (White Fox/ Akame ga Kill!)

Akame ga Kill! merupakan anime yang menceritakan tentang Tatsumi yang pergi ke kota untuk mencari uang demi membantu desanya yang cukup sekarat.

Namun, ia kemudian mengetahui bahwa negaranya yang di bawah kepemimpinan kaisar melakukan korupsi. Tatsumi kemudian bergabung ke dalam organisasi Night Raid.

12. Darker Than Black

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!dok. Bones/Darker Than Black

Darker Than Black mengisahkan tentang 10 tahun semenjak Gerbang Surga muncul di Amerika dan Gerbang Neraka muncul di Jepang. Setelah munculnya gerbang, terdapat para kontraktor yang memiliki kemampuan supranatural yang diciptakan sebagai imbalan atas kemanusiaan.

13. Durarara!!

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Brain's Base/Durarara

Banyak rumor aneh beredar di distrik Ikebukuro, Tokyo. Terdapat salah satu urband legend tentang Black Rider yang muncul tanpa kepala dan mengendarai sepeda motor jet-black. 

Peristiwa gaib kemudian sering bermunculan hingga pada akhirnya Darker Than Black yang baru saja pindah ke Tokyo terpaksa harus terlibat dalam kejadian tersebut.

14. Spy x Family

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!Anya pergi ke toko hewan (dok. WIT Studio x CloverWorks/ Spy x Family Season 2)

Spy x Family mengisahkan tentang seorang agen mata-mata bernama Loid yang memiliki misi untuk membangun kehidupan keluarga. Ia membentuk keluarga Forger yang terdiri dari Loid, Yor, dan Anya. Anime ini menampilkan adegan yang penuh humor dan aksi memukau.

15. Jormungand

Rekomendasi 15 Anime Bertema Mafia Terbaik! Ada JoJo?!dok. Viz Media

Seorang tentara anak bernama Jonathan Mar atau Jonah sangat membenci senjata. Namun, ketika Koko Hekmatyar, seorang penjuat senjata membawa Jonah sebagai pengawalnya, ia terpaksa untuk mengangkat senjata. Dengan pengawal lain Koko, Jonah memiliki tugas untuk melindungi Koko dan kedamaian dunia.

Itu dia 15 anime mafia yang patut kamu tonton sekarang juga. Anime manakah yang menurutmu paling mafia banget? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Anime Adventure dengan Kisah yang Menantang

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU