Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Sedang mencari laptop gaming yang ukurannya pas, dan performa pas? MSI GE62 VR bisa jadi pilihan! Simak review MSI GE62 VR Apache dari duniaku.net berikut!

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Setelah MSI GT73 VR Titan yang bongsor, lalu GS43 VR Phantom yang langsing, pada kesempatan kali ini tim redaksi Duniaku.net kembali mendapatkan satu unit review dari MSI yang berukuran sedang. Laptop ini adalah MSI GE62 VR Apache. Memiliki ukurannya yang sedang dan spesifikasi yang mantap, bagaimana performa laptop ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Spesifikasi

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Seperti biasa, sebelum melaju ke ulasan, mari kita ulik dulu bagaimana spesifikasi si laptop ergonomis nan tangguh ini. Berikut spesifikasinya!

Spesifikasi MSI GE62 Apache VR

 

Hardware dan Konektivitas

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

[read_more id="296023"]

Laptop ini memiliki build quality yang secara umum dapat dikatakan kokoh. Memiliki finishing yang baik, ditambah semua bagian laptop tersegel dengan rapat sehingga tak ada rongga rongga tertentu pada laptop ini. Sayangnya, meski bagian body atas terbuat dari alumunium, tetapi bagian bawah laptop malah terbuat dari plastik. Selian itu juga terdapat sedikit kekurangan di bagian keyboard, di mana kamu dapat merasakan body alumunium tertekan ke bawah ketika kamu mencoba menekannya dengan tenaga.

MSI GE62 VR Apache berukuran 383 x 260 x 27mm—dimensi yang terbilang sedang sehingga melihatnya mungkin akan mengingatkan kamu kepada laptop pada umumnya. Dengan ukuran 383 x 260 x 27mm membuat laptop ini jadi tak terlalu berat jika ingin dibawa-bawa, tetapi masih memberi pengalaman penggunaan yang nikmat karena bentang layarnya yang cukup lebar.

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Bicara soal layar, MSI GE62 VR Apache memiliki layar berukuran 15.6” dengan resolusi full HD. Bentangan layar 15 inchi tersebut membuat laptop ini jadi nyaman untuk digunakan. Entah digunakan untuk gaming, menikmati konten multimedia, maupun kerja dengan tampilan multi-window. Teknologi anti glare dan wide view yang dibawa layar laptop ini, juga membuat layar monitor terlihat premium, dan tetap nyaman dilihat dari sisi manapun.

Seperti laptop gaming MSI lainnya, bagian keyboard MSI GE62 VR Apache juga didukung oleh SteelSeries dengan LED Light. Namun, keyboard yang ada pada laptop ini masih merupakan keyboard laptop biasa, bukan keyboard mechanical guys. Untuk mode LED Light sendiri, ada beberapa mode yang dapat kamu nikmati. Mulai dari mode nyala biasa, breathing effect, gaming, dan mode wave. Semua mode dapat kamu buat menjadi tiga warna dengan pembagian satu warna di sisi kiri keyboard, satu warna di sisi tengah keyboard, dan satu warna di sisi kanan.

[read_more id="289840"]

Beralih ke masalah konektivitas, laptop ini juga memiliki konektivitas yang terbilang lengkap. Mengintip ke sisi kiri ada satu port LAN, dua buah port USB 3.0, satu port HDMI, satu port mini HDMI, satu USB Type C, dan jack 3.5 mm terpisah untuk input dan output suara. Sementara di sisi kanan terdapat satu buah port charger, port Card Reader, port USB 2.0, dan sebuah DVD ROM. Jika ada hal yang disayangkan, mungkin adalah jumlah USB Port yang hanya 3 buah. Jadi jika kamu menggunakan keyboard, dan mouse eksternal, kamu mungkin akan butuh USB Hub untuk menambah konektivitas laptop ini.

Software

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

MSI GE62 Apache pun bisa dibilang tak hanya lengkap dari segi perangkat keras saja. Mengintip dari segi software, laptop ini juga punya berbagai fitur menarik yang menambahdaya guna dari laptop ini. MSI GE62 APACHE dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak, di antaranya ada Nahimic 2 untuk membantu dari segi suara, MSI True Color yang membuat kamu dapat mengganti-ganti tone color layar, SteelSeries Engine III untuk mengatur keyboard, Killer Network yang membantu menstabilkan koneksi internet, dan MSI Dragon Center yang menjadi pusat kendali dari laptop ini.

[read_more id="307332"]

Secara umum kehadiran software tersebut sedikit banyak membantu performa sang laptop. Salah satu yang paling terasa adalah kehadiran Killer Network. Kehadiran perangkat lunak ini terkadang dapat membuat koneksi jadi sedikit lebih stabil meski internet sedang tak bersahabat. Hal tersebut penulis alami sendiri ketika sedang main berbarengan dengan teman. Kadang ada momen tertentu ketika laptop ini entah kenapa tetap terkoneksi dengan lancar meski ketika itu teman-teman sedang lag karena masalah koneksi internet yang sedang tak baik dari sananya.

Walaupun semua software tersebut dihadirkan dengan niat membantu, tapi tetap tak ada gadinga yang tak retak. Di balik semua kelebihannya entah kenapa aplikasi MSI Dragon Center memiliki sedikit bug, yang cukup mengganggu untuk kerja keseharian. Bug tersebut hadir ketika software sedang aktif di background, yang entah kenapa membuat tombol windows di Keyboard jadi tak dapat berfungsi.

Penasaran sama performa gaming si laptop gaming serba pas ini? Lanjut ke halaman berikutnya ya!

Performance

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

Meski sudah terbilang lengkap secara perangkat keras , performa MSI GE62 VR mungkin bisa dibilang tak segila seperti yang kamu kira. Mungkin salah satunya karena laptop ini memang masuk di dalam kelas menengah dari seri laptop gaming MSI. Game populer seperti Dota 2 atau Overwatch jelas bukan kendala bagi laptop ini. Semuanya bisa dilahap dengan mudah dan mendapat 60 FPS dalam pengaturan grafis maksimal, tanpa harus pusing otak-atik sana sini lagi.

Hanya saja ketika mencoba game kelas AAA, laptop ini akhirnya sedikit keteteran. Keteteran di sini tentu maksudnya bukan berarti laptop ini tak bisa memainkan game kelas AAA, hanya saja kamu tak bisa memaksa preset pengaturan grafis ULTRA pada game-game berat terkini.

Kami mencoba menguji sejauh mana performa laptop ini dengan game Assassin Creed Syndicate. Hasilnya sangat memuaskan namun hanya sampai titik tertentu. Pada preset pengaturan grafis Ultra, jangan harap bisa puas main dengan besaran frame-per-second 60. Menggunakan preset pengaturan grafis Ultra, laptop ini hanya mampu menjalankan game Assassin's Creed dalam 40 FPS saja. Memang masih terbilang playable, namun bagi kamu yang sangat menuntut, hal ini tentu akan jadi kekurangan tersendiri.

[duniaku_adsense]

Assassin's Creed Syndicate sendiri baru dapat berjalan dengan amat mulus jika menggunakan preset pengaturan grafis Medium saja. Menggunakan preset Medium, game tersebut dapat berjalan dengan sangat mulus, baik ketika sedang berjalan di kota yang sepi, atau pun ketika sedang berada di dalam medan perang yang amat ramai dengan orang atau pun particle-particle ledakan.

Dari segi cooling system, MSI GE62 VR Apache juga terbilang cukup baik. Meski ukuran body-nya tak terlalu bongsor, namun ketika digunakan untuk bermain game yang cukup resource heavy, suhu laptop ini hanya sekadar hangat saja di bagian telapak. Hal ini tentu lebih baik dibanding laptop MSI GS43 VR Phantom yang bisa jadi sangat panas ketika memainkan game-game berat. Melihat hal ini, tentu membuat cooling system bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi MSI GE62 VR Apache. Sebab mengingat MSI bisa membuat cooling system yang baik seraya berusaha mempertahankan ukuran laptop ini agar tak terlalu bongsor.

[duniaku_baca_juga]

Kesimpulan

Review MSI GE62 VR Apache: Laptop Gaming Serba PAS!

MSI GE62 VR mungkin bisa dibilang jadi laptop gaming impian kamu. Beberapa hal yang jadi nilai lebih dari laptop ini adalah karena ukurannya yang pas, cooling system yang baik, dan performa gaming yang cukup sangar. Kesimpulannya, MSI GE62 VR Apache bisa dibilang jadi laptop gaming serba pas untuk kamu. Pas ukurannya, pas juga performa gamingnya.

Namun di sisi lain performa gaming yang terbilang cukup saja mungkin bisa jadi kekurangan laptop ini bagi sebagian orang. Game memang masih terbilang berjalan lancar untuk game kelas AAA pada pengaturan Ultra. Tapi tentu akan lebih nyaman jika kamu bisa menggunakan pengaturan Ultra dan mendapatkan 60 fps bukan? Selain itu RAM bawaan yang masih 8GB saja juga mungkin jadi pertimbangan lain, sehingga kamu harus siapkan budget tambahan untuk menambah pasokan RAM untuk laptop ini.

Kelebihan

+ Ukuran laptop yang tak terlalu besar, tak terlalu kecil

+ Cooling system yang cukup tangguh meredam panasnya kerja hardware

Performa gaming yang cukup, lancar setidaknya untuk berbagai macam game populer

Kekurangan

- Performa yang cukup saja, kurang tangguh untuk digeber sampai maksimal

- Bug software Dragon Center yang cukup mengganggu

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

CPUUp to 7th Gen. Intel® Core™ i7 processor
OSWindows 10 Home

Windows 10 Pro

Display15.6" FHD (1920x1080), IPS-Level

15.6" UHD (3840x2160), IPS-Level

ChipsetIntel® HM175
GraphicsGeForce® GTX 1050 with 2GB GDDR5

GeForce® GTX 1050 with 4GB GDDR5

Memory TypeDDR4-2400
Number of DIMM Slot2 Slots
Max CapacityMax 32GB
SSD1x M.2 SSD Combo (NVMe PCIe Gen3 x4 / SATA )
HDD1x 2.5" SATA HDD
Optical DriveDVD Super Multi
WebcamHD type (30fps@720p)
KeyboardBacklight Keyboard (Full-Color)
LANKiller Gb LAN
Audio Jack1x Mic-in

1x Headphone-out (SPDIF)

Type-C USB3.1 Gen21x
Type-A USB3.02x
Type-A USB2.01x
Card Reader1x SD (XC/HC)
HDMI1x (4K @ 30Hz)
Mini-DisplayPort1x
Battery (Cell)6-Cell
Battery (Type)Li-Ion
AC Adapter150W adapter
Dimension (WxDxH) mm383 x 260 x 27~29 mm
Weight (w/ Battery)2.4 kg