Kill Zone 3, Bersiap-siaplah untuk Menghadapi Pasukan Helghast Lagi

Sekuel dari Killzone 2 ini akan hadir kepada Anda dengan alur cerita dan gameplay yang semakin menarik!

Siap Hadapi Pasukan Helghast Lagi

Inilah yang ditunggu-tunggu, game yang selalu menonjolkan pasukan-pasukan yang bermata merah ini akan hadir akhir Februari 2011 ini esklusif untuk PS3. Sekuel dari Killzone 2 ini akan melanjutkan ceritanya setelah peristiwa tewasnya kaisar dari kerajaan Helghast yaitu Kaisar Scolar Visari. Antagonis utama dalam seri Killzone ini terbunuh oleh Rico Velasquez yang sedang emosi serta frustasi karena kata-kata Visari pada saat ending di seri keduanya di kediamannya, Visari palace. Walaupun begitu, perang belum usai, setelah penggrebekan di kediaman Visari, banyak pesawat Helghast yang datang untuk menghancurkan kapal ISA (Interplanetary Strategic Alliance). Inilah saatnya sang tokoh utama Sergeant Thomas Sevchenko dan kawan-kawannya beraksi kembali melawan pasukan-pasukan Helghast yang masih tersisa dan berusaha mencari jalan pulang ke Vekta dalam seri Killzone 3 ini. Kali ini Killzone 3 menampilkan perbaikan dalam skala yang besar. Seperti kemampuan dukungan untuk turun dari beberapa mounted weapon (senjata yang terpasang pada suatu tempat), senjata baru yang lebih modern seperti W.A.S.P (sebuah peluncur roket besar bermulti-laras) yang bisa kamu atur peluncurannya, penuh lingkungan yang bisa dirusak, kendaraan baru seperti jetpack bersenjata yang bisa kamu pakai, serta sistem Melee baru yang brutal. Dalam sistem Brutal Melee ini, kamu bisa menendang musuhmu atau mematahkan tulang leher lawan hingga tewas dalam pertempuran. Perbaikan sistem kontrol karakter selama permainan juga mengalami perbaikan, sehingga karakter yang kamu gunakan tidak terkesan kaku lagi. Ditambah dengan penggunaan PlayStation Move, permainanmu akan semakin menegangkan karena kamu bisa mengarahkan senjatamu lebih tepat dengan kontroler ini. Tak lupa dengan adanya dukungan 3D, kamu juga bisa menikmati permainan seperti terjun langsung dalam pertempuran antara pasukan ISA dan Helghast ini. Untuk audio, saat ini menggunakan sistem audio HDR yang akan menimbulkan suara yang lebih mantap daripada seri sebelumnya. Oh ya, masih seperti seri sebelumnya kali ini Killzone 3 masih berupa first-person shooter. Kamu bisa membawa lebih dari satu senjata untuk menemanimu bertempur. Selain itu, untuk lingkungan pertempuran juga bervariasi, seperti pada lingkungan arctic yang bersalju, hutan asing yang berbahaya, serta lingkungan bekas pemboman nuklir. Tentunya bagi kamu penggemar seri Killzone dan tertarik dengan kisah selanjutnya setelah Visari tewas, game yang dikembangkan oleh Guerilla Games tidak boleh kamu lewatkan..!! (Naburo)


Yak inilah senjata baru W.A.S.P yang bisa meluncurkan roket lebih dari satu langsung kehadapan musuh. Dalam gambar di kiri, adalah arah tembakan roket saat menembak normal. Sedangkan yang kanan adalah arah tembakan roket saat men-zoom dan mengkunci target terlebih dahulu sebelum menembak.

Alur Cerita yang Makin Menarik

Berawal dari masa kolonisasi dimana pulihnya pasukan Helghan yang disebabkan oleh kekalahannya pada Helghan War yang pertama dan meluncurkan blitzkrieg (perang kilat) terhadap planet para prajurit ISA bernama Vekta. Orbit  Strategic Defend (SD) milik Vekta gagal dalam serangan awal dan berakibat Helghast mendarat ke tanah kawasan milik Vekta. Dan dimulailah kisah Killzone pertama, dimana disinilah dimulainya Helghan War yang kedua dimana Kaisar Scolar Visari lah yang memulai invasinya. Pada perang ini Jan Templar, Luger, Rico Velaquez bersama prajurit ISA dan sergeant yang lain melakukan perlawanan terhadap invasi Helghast. Dua bulan setelah kejadian pada Killzone, kini Jan Templar kembali beraksi untuk merebut kembali wilayah selatan Vekta yang masih diduduki pasukan Helghast yang dipimpin oleh Jendral Armin Metrac dalam seri spin-off berjudul Killzone:Liberation. Perang terus berlanjut hingga serangan balasan para prajurit ISA yang dipimpin oleh Sergeant Thomas Sevchenko bersama kawan-kawannya melawan Helghast. Nah disinilah cerita yang diangkat untuk Killzone 2. Dalam invasinya di Helghan, Sev bersama kawan-kawannya berhasil mengalahkan Radec, salah satu kolonel yang dipercaya Visari. Dan juga mereka berhasil menemui otak dari Helghast yaitu Visari. Karena frustasi dan juga didukung emosi, Rico melepaskan tembakan ke dada Visari. Kematian Visari membuat dunia kacau, penuh politik yang kotor, pembunuhan dan pertengkaran yang terus menerus terjadi. Tampaknya, kemenangan para prajurit ISA masih jauh. Kini Sev dan prajurit yang tersisa harus berusaha untuk membebaskan diri dan pulang ke planet Vekta, tempat tinggal mereka. Akankah para prajurit ISA yang tersisa bisa selamat dan kembali ke Vekta? Ataukah mereka akan terjebak selamanya di dalam Helghan yang belum ada pemimpin baru yang menggantikan Visari? Cerita terus berlanjut dalam Killzone 3.

Inilah ketiga pahlawan seri Killzone pertama (Rico, Luger, Templar) yang berjuang untuk melawan invasi dari Helghast di planet Vekta. Seri ini dirilis untuk PlayStation 2, namun kurang menjual.

Selanjutnya, Jan Templar kembali beraksi melawan Helghast yang tersisa di planet Vekta. Kali ini dibagian selatan, Jendral Armin Metrac lah yang memimpin. Seri spin-off bergenre action ini rilis untuk PSP berjudul Killzone: Liberation.

Walaupun Jan Templar tewas, tokoh utama digantikan oleh Thomas Sevchenko. Pada Killzone 2 ini, prajurit ISA mengadakan invasi balasan terhadap Helghan, yang berakhir kematian kolonel Radec dan sang kaisar Scolar Visari di kediamannya.

Kini Sev, Rico dan prajurit ISA yang tersisa harus berjuang mati-matian untuk bertahan hidup di Helghan untuk bisa kembali ke planet asal mereka yaitu Vekta yang dikemas dalam seri Killzone 3 ini.

Mereka Hadir Kembali

Lelaki yang menggantikan Jan Templar sebagai tokoh utama pada seri Killzone 2 ini nampaknya akan hadir kembali sebagai karakter utama dalam seri ini. Sergeant kelas satu yang bisa menggunakan seluruh senjata yang ada dalam permainan ini akan hadir dengan penampilan yang lebih gagah dan terlihat lebih keren dibanding seri sebelumnya.

Gambar diatas merupakan penampilan Sevchenko pada Killzone 3, nampak lebih gagah dan agak sedikit lebih berotot dari seri sebelumnya bukan??

Karakter berkulit hitam yang selalu hadir dalam setiap seri Killzone ini nampaknya juga akan hadir kemabali dalam seri ketiga ini. Penampilannya kali ini masih terlihat gagah dan sedikit agak kurusan dibanding dengan seri sebelumnya. Apakah ini disebabkan karena dia frustasi karena perang tidak kunjung usai walaupun setelah membunuh Virsari?

Sedangkan gambar diatas ini adalah penampilan dari Rico Velaquez, benar-benar tampak lebih kurusan ya??

Siapakah pengganti Visari?

    

Dan siapakah pengganti Scolar Visari dalam memimpin Helghast? Dalam trailer terbarunya, nampak ada dua orang yang mengenakan baju berlencana Helghast dan belum bernama. Apakah mereka yang akan menggantikan Visari? Dalam trailer-nya mereka memimpin pasukan Helghast untuk mencari prajurit ISA yang tersisa. Namun menjelang akhir trailer mereka saling bertengkar. Mungkinkah akan terjadi perebutan kekuasaan di Helghan?

Kontrol Lebih Mantap

Untuk permainan yang lebih menegangkan, maka kamu harus mencoba permainan ini dengan PS Move serta asesoris barunya yaitu Sharp Shooter. Dengan PS Move kamu akan lebih mudah untuk mengarahkan serangan yang kamu lakukan karena adanya sistem aiming. Tak hanya itu, kontrol yang diberikan untuk PS Move lebih simpel dan praktis. Untuk mengisi peluru yang habis kamu cukup hanya memutar PS Move, untuk mengambil senjata yang tergeletak kamu hanya perlu menarik PS Move kebelakang dan untuk menggerakan karakternya hanya dengan mengarahkan arah gerakan pada analog di navigator-nya. Dan untuk penambahan Sharp Shooter, kamu bisa merasakan pengalaman bermain seperti membawa senjata senapan sungguhan, karena Sharp Shooter memang dibentuk seperti senapan khusus untuk game-game shooting yang didukung PS Move. Dan beberapa tombol dari PS Move akan ditransferkan pada perangkat ini. Rencananya Sharp Shooter juga akan rilis pada peluncuran Killzone 3 dengan harga $39.99 terpisah dari PS Move-nya.

Janjikan Multiplayer Lebih Bagus

Kali ini Killzone 3 akan menampilkan mode multiplayer yang lebih seru dibandingkan Killzone 2 yang notabene sangat membosankan. Betapa tidak, kali ini kamu akan disuguhi segudang fitur yang diperbaiki dari seri sebelumnya. Dalam Killzone 3 kamu akan langsung disuguhi lima klas yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda pula. Kamu bisa memilihnya dalam “Career  Selection” dan opsi paling atas adalah nama klas yang bisa kamu pilih. Diantaranya terdapat Tactician, Engineer, Infiltrator, Field Medic, dan Marksman. Selain pemilihan klas untuk multiplayer, kali ini kamu bisa menggunakan Jetpack bersenjata untuk berperang melawan temanmu. Dengan adanya Jetpack, kamu bisa memantau keberadaan musuh, memasang turret diketinggian jika kamu seorang Engineer, bahkan mengkover teman setimmu. Jika kamu bosan dengan Jetpack, kamu bisa mengendarai Mech sebagai kendaraan bersenjata untuk berperang. Dan pada seri ketiga ini, mode dalam Multiplayer akan ditambahkan yaitu Warzone dari Killzone 2 dengan lebih banyak pemain, Guerilla Warfare yaitu sebuah team-deatmatch yang simpel, serta Operation yang melibatkan perang ISA dan Helghast. Oh ya, mode multiplayer ini didukung juga dengan kemampuan melee yang brutal seperti pada mode single-player-nya.

Seperti inilah yang dinamakan sistem “Brutal Melee”  yang bisa digunakan saat singleplayer maupun multiplayer. Pada gambar musuh dibutakan dengan dua jempol yang masuk kedalam matanya..

Inilah Mech yang bisa kamu tunggangi saat berperang.. Kelihatannya dengan menaiki Mech, kemungkinan untuk mengalami kematian sangat sedikit yah??

Kayaknya asyik juga menyerang musuh dibawah dari atas.. Apalagi dengan senjata canggih yang sudah ter-install di Jetpacknya sekalian..

Tak Lupa “Special Edition”

Seperti yang telah diumumkan 10 Oktober 2010 lalu, edisi spesial Killzone 3 yaitu Helghast Edition akan hadir untuk Amerika Utara dan Eropa. Dan tentunya bagi kamu penggemar setia Killzone, kamu bisa memesannya secara Online. Bundle ini sangat menarik karena didalamnya terdapat replika otentik dari helm Helghast, art book yang berisi tentang gambaran alam semesta Killzone, Super Voucher BD Killzone 3. Dan juga action figure “Cloaking Helghast Markman” setinggi 6.5” yang dibuat oleh DC Unlimited dan tidak dijual secara eceran. Serta bonus video proses pembuatan belakang layar Killzone 3 ini. Super voucher yang diberikan akan meliputi  sountrack dan tema dinamis PS3, Retro Map Pack, XP ganda dan bebas mengakses semua senjata kemampuan untuk 24 jam pertama saat multiplayer.

.

Share this article

TENTANG PENULIS
Naburo

Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.