Game Wajib Untuk Android!!

Yang menarik, beberapa game Android adalah hasil port dari iPhone

Ya, artikel ini tidak akan lengkap apabila saya tidak membahas game-game yang bisa kamu mainkan di Android. Yang menarik, beberapa game Android adalah hasil port dari iPhone, sehingga beberapa game yang saya bahas disini bisa juga kamu temukan di iPhone.

Dungeon Defender

huntress5Jika iPhone memiliki Infinity Blade yang bisa dikategorikan game papan atas, maka Android memiliki Dungeon Defender ini. Ya, sama seperti Infinity Blade, game ini juga dikembangkan menggunakan Unreal Engine, yang juga banyak digunakan untuk mengembangkan game-game next gen, seperti Gears of War 2 dan Section 8. Gameplay game ini sendiri menggabungkan antara genre tower defense, dan Action RPG yang hampir mirip dengan World of Warcraft. Karena memang grafisnya yang “wah”, maka tidak sembarang ponsel bisa memainkan game ini. Minimal, ponsel yang bisa memainkan game ini adalah ponsel yang memiliki CPU 800 MHz, dan RAM 512 MB, serta GPU-nya sudah mendukung OpenGL 2.0 seperti Power VR.

Angry Birds

angrybirdGameplay-nya memang simple, namun game ini sangat adiktif dan “wajib” dimiliki oleh semua pengguna Android. Bahkan, hanya dalam satu hari sejak perilisannya, game ini sudah di-download sekitar 1 Juta kopi! Bahkan menurut sang pengembang, Rovio, dalam sebulan mereka bisa memperoleh pendapatan sekitar US $1 Juta dari iklan yang terpampang dalam Angry Birds versi Android. Bagi yang belum tahu, dalam game ini, kamu diberikan beberapa burung dan sebuah ketapel, dan tugas kamu adalah melemparkan burung-burung tersebut menggunakan ketapel untuk menghancurkan rumah dan babi yang ada di dalamnya.

Heavy Gunner

heavygunner1Salah satu game shooter terbaik yang ada di Android. Dalam game ini, kamu menggerakkan sepasang senjata berbahaya, dan harus menembaki musuh yang datang. Senjata yang kamu miliki bisa di-upgrade dan ditambahi berbagai macam equipment yang menjadikannya semakin kuat, dan juga menjadikannya lebih tahan lama untuk digunakan sebelum overheat. Untuk menggerakkan senjatanya sendiri, game ini memanfaatkan secara penuh accelerometer yang ada di gadget Android. Selain tersedia untuk Android, game ini juga tersedia untuk iPhone, iPod Touch dan iPad.

Need For Speed Shift

NFS shiftUntuk racing, game ini layak menjadi pilihan utama selain Raging Thunder. Untuk grafis, game ini bisa dibilang lebih bagus daripada Raging Thunder. Gameplay-nya sendiri hampir sama dengan NFS Shift yang ada di konsol, namun yang membedakan, di versi Android ini untuk menyetir mobil ke kiri dan ke kanan game ini sudah memanfaatkan fitur accelerometer. Oiya, salah satu kekurangan yang dimiliki game ini hanya game ini tidak bisa dimainkan secara Multiplayer, beda dengan Raging Thunder yang bisa kamu mainkan secara multiplayer baik via Internet maupun lokal via Wi Fi.

Dungeon Hunter

dungeonhuntergameloftGame iPhone / iPod Touch lain yang juga tersedia untuk Android adalah Dungeon Hunter ini. Game ini ber-genre Action RPG dan memiliki beberapa class yang bisa kamu pilih untuk karakter kamu, antara lain Rogue, Knight, dan Mage. Sama seperti RPG lainnya, kamu bisa naik level dengan mengkoleksi experience yang bisa kamu dapatkan dengan menyelesaikan quest. Untuk kontrolnya sendiri, hampir sama dengan game-game RPG lainnya, yaitu terdapat soft D-Pad di sisi kiri layar untuk bergerak, dan icon-icon lain di sebelah kanan untuk melakukan aksi seperti memukul atau menggunakan item.

Crusade of Destiny

crusade of destinySalah satu RPG menarik lainnya yang datang dari pengembang yang sebenarnya mengkhususkan diri untuk mengembangkan game-game untuk iPhone, Dvide Arts. Gameplay dalam game ini menggunakan sistem quest, dan terdapat banyak sekali quest-quest yang bisa kamu jalankan di game ini. Game ini menggunakan grafis 3D secara penuh, dan dikembangkan menggunakan Shiva3D engine. Beberapa fitur lainnya yang ada di game ini antara lain kamu bisa melakukan beberapa side quest seperti memancing dan mengendarai kuda, serta beberapa hotkey untuk skill atau item yang bisa dikustomisasi.

Pocket Legends

pocket-legends-android-1Pernah bermimpi untuk memainkan game MMORPG di handheld seperti Android? Ya, Pocket Legends ini adalah jawabannya. Dalam game ini, selain kamu bisa terkoneksi dengan pemain lain di seluru h dunia yang juga menggunakan Android, game ini juga memungkinkan kamu untuk bertemu dan bermain dengan pemain yang menggunakan iPhone atau iPad! Namun, tidak semua gadget Android bisa memainkan game ini, karena grafis game ini yang bisa dibilang cukup tinggi. Untuk memainkan game ini, minimal GPU gadget kamu harus sudah bisa men-support OpenGL 1.1.

Paper Toss

papertossSebuah game dengan gameplay simpel, namun sangat cocok untuk menghabiskan waktu. Dalam game ini, kamu harus melemparkan gumpalan-gumpalan kertas dan memasukkannya ke tong sampah. Yang lebih menarik, lemparan kamu tidak selamanya mulus, karena juga dipengaruhi arah dan kecepatan angin dari kipas angin yang ada di ruangan tersebut!

Robo Defense

robodefensePernah memainkan map Mafarazzo yang ada di Warcraft III? Maka kamu akan familiar dengan game ber-genre tower defense ini. Dalam game ini, kamu diharuskan untuk membangun robot-robot untuk mengalahkan musuh kamu. terdapat sekitar 120 level dalam game ini, dan masing-masing level membutuhkan strategi tertentu untuk menyelesaikannya.

Slimeball Speedway

Dalam game ini, kamu harus menjalankan sebuah bola dari atas ke bawah layar. Namun, dalam perjalanan kamu juga harus berhati-hati, karena akan banyak hal yang bisa menghambat perjalan kamu, seperti mobil yang melintas, atau bahkan seorang nenek yang menyeberang jalan! Jadi hati-hati, jangan sampai bola kamu menabrak mereka yah!

Slimeball-Speedway-Android1

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.