Final Fantasy XIII Versus, An Act of Love by The Last King.

Judul Game    : Final Fantasy Versus XIII
Dev/Pub          : Square Enix / Square Enix
Tanggal Rilis   : TBA
Genre                 : RPG
Konsol               : PS3

Square Enix 1st Premier Department memang benar-benar mengejutkan semua penggemar Square Enix, terutama perihal trailer terbaru dari FF Versus XIII. Begitu banyak hal baru yang bisa dilihat dari trailer tersebut. Pertama adalah konfirmasi jumlah party dalam pertarungan, dimana kamu bisa membawa maksimal tiga karakter dalam party. Kedua yaitu command list, di trailer terlihat adanya command Magic, Summon, Item, dan EX-ARTS, namun masih belum terlihat jelas seperti apa command list ini dikendalikan.
Ketiga, pertarungan, scene, dan gameplay akan langsung terjadi di tempat yang sama tanpa adanya loading atau pindah ke layar tersendiri, sehingga permainan akan berjalan mengalir tanpa jeda loading. Keempat, kamu bisa mengendalikan karakter tertentu (tidak hanya Noctis), dan karakter tertentu (berambut pirang dan menggunakan pistol) akan kamu kendalikan seperti halnya memainkan game-game Third Person Shooter, sehingga kamu bisa membidik langsung ke arah titik lemah musuh.
Kelima, di sini kamu bisa mencuri kendaraan musuh seperti yang terlihat di trailer, dimana Noctis bisa mencuri mecha dan tank setelah membunuh pilotnya. Jelas ini merupakan hal baru untuk serial FF. Keenam, kesan realistis akan tampak di sini yang ditunjukkan dengan perubahan siang dan malam saat berada di luar ruangan. Ketujuh, tampilan antar muka yang menunjukkan status karakter menampilkan wajah karakter secara real-time, yang persis berada di sebelah kanan bar HP dan bar berwarna orange yang masih misterius.
Berikutnya, objek di lingkungan sekitar akan benar-benar bisa dihancurkan dan akan berpengaruh pada permainan. Seperti yang ada di trailer, diperlihatkan scene saat Behemoth besar menyerang kota dan membuat mobil melayang ke arah Noctis dan kawan-kawannya, jika Noctis tidak berlari bisa jadi dia akan terkena damage. Atau saat Noctis berada di sebuah jembatan, Behemoth tersebut melompat ke jembatan dan menghancurkan sebagian jembatan, memaksa Noctis untuk mencari jalan lain.
Masih begitu banyak hal yang menjadi misteri untuk game ini, seperti karakter cewek Dragon Knight yang muncul di akhir trailer (meski juga terlihat berambut pirang, Tetsuya Nomura mengkonfirmasikan bahwa karakter ini bukanlah Stella), atau siapa pria misterius yang menodongkan begitu banyak pedang pada ayah Noctis. Bahkan hingga saat ini belum dipastikan kapan tanggal rilis game ini, karena begitu banyak proyek game yang dikerjakan oleh Tetsuya Nomura. Yang aneh di trailer ini, tidak ada satupun adegan yang memunculkan darah berceceran! Tidak seperti trailer-trailer Versus sebelumnya, walaupun kesan gelap dan serius masih terasa di sini.(Reyner)

Siapa Bilang Pangeran Tidak Boleh Mencuri?

Benar, di sini Noctis bisa mencuri kendaraan musuh setelah melumpuhkan musuh yang mengendalikan kendaraan tersebut. Tetsuya Nomura sendiri mengkonfirmasikan beberapa kendaraan yang bisa dicuri oleh Noctis, antara lain mecha, tank, pesawat, hingga Chocobo. Hal ini tentu akan menambah variasi baru dalam bermain, mengingat sebelumnya di serial FF tidak pernah ada fitur untuk mencuri kendaraan.

Banyak Senjata, Gaya pertarungan Makin Bervariasi

Seperti yang kamu tahu, Noctis bisa menggunakan bermacam-macam senjata, dan hal tersebut menjadi salah satu kekuatan spesialnya. Nantinya kamu bisa mengatur senjata apa saja yang akan dipakai oleh Noctis pada layar menu. Senjata-senjata ini secara otomatis akan berubah tergantung dari combo yang kamu lakukan. Dan sepertinya semua karakter di sini bisa menggunakan lebih dari satu jenis senjata. Seperti terlihat di screenshot, Noctis bisa menggunakan senjata lance futuristis, dimana di bagian lain trailer dia terlihat menggunakan berbagai jenis pedang.

Raja yang Terancam?

Inilah adegan yang menunjukkan nyawa ayah Noctis (raja dari Caelum Dynasty) yang terancam oleh pria misterius, dengan menodongkan beberapa pedang melayang (melalui kekuatan telekinesis) tepat ke arah kepala ayah Noctis. Sepertinya pria misterius inilah yang menginginkan kedudukan sebagai raja berikutnya dari Caelum Dynasty, namun hal ini masih belum dikonfirmasikan.

Bidik Titik Vital Musuh!

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengendalikan suatu karakter dan sistem permainannya mirip dengan game-game Third Person Shooter, sehingga kamu bisa membidik langsung titik vital musuh dan membuatnya terkapar dalam seketika. Sepertinya hanya karakter tertentu saja yang bisa melakukan hal ini.


SHARE
Previous articleKamen Rider kedua seri OOO
Next articleBentuk Baru Interaksi Sosial FB!!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.