Kingdom Hearts Re:Coded, Ketika Dunia Berupa Kumpulan Data…

Mengejutkan, karena hanya dalam waktu tiga bulan saja Square Enix sudah merilis versi US dan Eropa game ini. Tidak seperti KH 358/2 Days yang membuat kita menunggu selama satu semester untuk memainkan versi US-nya. Saat pertama kali memainkannya, mungkin banyak di antara kamu yang merasa kecewa karena kualitas grafisnya yang mengalami penurunan dibanding KH 358/2 Days, dan hal tersebut memang tidak salah.

Namun Square Enix memberikan kompensasi berupa upgrade gameplay gila-gilaan, mulai dari sistem pengembangan karakter hingga battle. Sistem pengembangan karakter di sini bernama Matrix System, yang mirip dengan motherboard PC. Kamu bisa mengumpulkan berbagai macam chip dan menempatkan pada jalur-jalur Matrix yang ada. Mirip juga dengan Sphere Grid di FF X, tiap kali kamu menempatkan sebuah chip, maka slot chip di sebelahnya akan terbuka untuk ditempati chip yang lain.

Di bagian-bagian tertentu, kamu bisa menemui CPU atau ability chip, yang jika diaktifkan akan memberikan ability khusus. Khusus untuk CPU, jika kamu berhasil menyambungkan satu CPU dengan CPU yang lain, maka semua chip yang ada di jalur tersebut akan mendapatkan efek dua kali lipatnya. Ada bagian tertentu yang memberikanmu akses untuk mengkustomisasi gameplay, seperti Loot Cheat atau Difficulty Cheat. Dengan Loot Cheat, kamu bisa mengatur seberapa banyak prosentasi item yang dijatuhkan para Heartless dengan konsekuensi berkurangnya HP Sora, atau mengatur tingkat kesulitan dengan Difficulty Cheat. Persis seperti The World Ends With You, tingkat kesulitan berbeda akan memberikanmu item yang berbeda dari Heartless yang sama. Konsep Matrix System ini benar-benar akan membuatmu ketagihan memainkannya.

Untuk battle, game ini mengadopsi sistem battle di Birth By Sleep dengan adanya Command Matrix (mirip dengan Deck Command). Kamu bisa membeli atau mendapatkan command chip dan menggunakannya ke Command Matrix. Kamu bisa menggabungkan dua command berbeda untuk mendapatkan command baru, atau menggabungkan dua command yang sama untuk meningkatkan levelnya. Level command bisa meningkat saat bertarung, dimana Sora akan mendapatkan CP yang terakumulasi pada semua command yang dia pasang di Command Matrix. Dalam pertarungan, command bisa digunakan dengan menggunakan tombol X dan kamu bisa menggunakan command manapun yang kamu inginkan dengan tombol L untuk memilih command. Setelah digunakan, command memiliki waktu tunggu tertentu sebelum bisa digunakan kembali (alias reload). Kamu bisa mendapatkan slot command baru dari Status Matrix.

Pengganti Multiplayer, Tag Mode!

Benar, tidak seperti KH 358/2 Days yang memiliki fitur multiplayer, game ini tidak memiliki fitur tersebut. Sebagai gantinya adalah Tag Mode. Di sini, kamu bisa mengkustomisasi avatar dengan berbagai macam aksesoris yang bisa didapat dengan mengaktifkan Tag Mode, atau dengan menamatkan game ini terlebih dahulu.

Sebelum mengaktifkan Tag Mode, kamu akan diminta untuk memilih bentuk dungeon Avatar Sector yang akan kamu berikan nantinya pada pemain yang juga melakukan Tag Mode. Selain bentuk, kamu juga akan memilih tantangan apa yang harus diselesaikan di dungeon tersebut. Setelah memilih, aktifkan Tag Mode dan kamu akan saling menukarkan data avatar serta Avatar Sector dengan pemain lain. Tiap kali menemui pemain lain dalam Tag Mode, maka lantai dungeon Avatar Sector-mu akan bertambah.

Jika kamu masuk ke bagian Avatar Sector, maka kamu akan menjelajahi dungeon yang telah dikumpulkan. Jika berhasil menyelesaikan tantangan yang ada di suatu dungeon, kamu akan mendapatkan part dari avatar temanmu yang belum kamu miliki. Jika semua part avatar temanmu itu sudah kamu miliki, di akhir dungeon kamu akan mendapatkan part secara random. Menarik bukan? Dari pengalaman saya, kamu juga bisa melakukan Tag Mode tanpa perlu terkoneksi dengan DS pemain lain (keluar secara random), namun membutuhkan waktu yang lama.

Dari sisi jalan cerita, game ini tidaklah terlalu istimewa saya rasa, bahkan masih lebih baik 358/2 Days. Saya tidak akan spoiler di sini, karena ada secret scene yang memberikan petunjuk mengenai masa depan serial KH di akhir permainan. Toh meski demikian, upgrade gameplay tersebut sanggup mengatasi rasa kekecewaan saya terhadap jalan cerita game ini. Dengan ini, saya menjadi semakin penasaran dengan KH 3D yang akan dirilis untuk 3DS. Tentunya bagi kamu para penggemar berat serial KH, jangan lewatkan game ini. (Reyner)


SHARE
Previous articleFinal Promise Story, Saling Bertukar “Janji Terakhir”
Next article“Persona” Versi Dewasa, Erotis dan Sensual!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.