Akhirnya, Web Based 3D MMORPG!!

Judul Game : GodsWar Online
Developer : Kalydo/IGG
URL Game : http://apps.facebook.com/godswar_online
URL FanPage : http://www.facebook.com/apps/application.php?id=134688186584581

Pada saat dua web game 3D hadir pada akhir tahun lalu (UberStrike dan Tiger Woods PGA Online Tour), saya sempat berharap bahwa nantinya ada sebuah game MMORPG 3D yang akan hadir di web (atau FB) sehingga tanpa perlu repot-repot mencari installer dan meng-install-nya di PC. Harapan tersebut akhirnya dipenuhi oleh Kalydo, yang pada awal tahun ini merilis GodsWar Online di FB! Apa yang kamu harapkan dalam sebuah MMORPG 3D konvensional bisa kamu temukan di game ini. Character Creation? Ada! Sistem quest dengan berbagai macam reward? Ada! Sistem class untuk masing-masing karakter? Ada! Saya anggap game ini cukup lengkap, mengingat game ini hanya berstatus sebagai web game di FB saja.

Bagi yang masih awam dengan MMORPG, jangan takut karena game ini menyediakan tutorial yang cukup lengkap, mulai dari bagaimana mengambil quest, bagaimana battle system-nya hingga menunjukkan tempat-tempat yang belum kamu ketahui. Untuk battle system-nya sendiri, game ini mirip dengan RO, dimana kamu bisa mulai menghajar musuh dengan melakukan double klik di musuh tersebut. Selain itu, trdapat juga AFK mode, dimana saat kamu mengaktifkan mode tersebut, maka karakter kamu akan memukuli musuh-musuh yang ada disekitarnya, entah itu musuh yang kuat, musuh yang lemah, atau bahkan bisa “nyampah” musuh yang tengah dipukuli karakter lain! Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki game ini adalah adanya Search function, baik di layar quest ataupun di layar minimap. Di layar mini map, Search berfungsi untuk menunjukkan tempat-tempat yang kamu cari, sedangkan jika di layar quest, maka kamu akan ditampilkan quest-quest yang sesuai dengan keyword yang kamu ketikkan. Game ini juga memiliki sistem Guild untuk saling membantu saat quest, dan kamu juga bisa menambahkan teman kamu di FB untuk menjadi rekan dalam game ini.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh game ini adalah lamanya waktu loading. Jika dibandingkan dengan Milmo yang juga menggunakan teknologi 3D, loading game ini bisa dibilang lebih lama. Belum lagi loading konten-konten yang ada di dalam game. Jadi, siap-siap saja bagi yang punya koneksi internet yang pas-pasan, maka kamu akan seringkali tewas jika hunting musuh, karena musuh belum terlihat di layar, tetapi damage sudah kamu terima. Namun, sebagai penabuh genderang awal MMORPG 3D di FB, game ini saya rsasa sudah melakukannya dengan cukup baik, dan sepertinya di tahun 2011 ini akan banyak game-game lain yang mengikuti jejaknya. (Febrizio)

Gunakan Kalydo Player

Berbeda dengan Milmo yang menggunakan Unity Engine, game ini mengembangkan engine-nya sendiri dengan menggunakan Kalydo Engine, yang menggunakan sedikit teknologi Java. Oleh karena itu, untuk memainkan game ini, kamu akan dituntut untuk meng-install Kalydo player terlebih dahulu. Selain itu, untuk menggunakan Kalydo Player itu sendiri, kamu juga harus memastikan JRE (Java Runtime Environment) sudah ter-install di PC kamu.

Quest System yang Familiar

Berbeda dengan Milmo yang lebih mengedepankan permainan casual (dengan quest yang casual juga), game ini lebih mengedepankan quest yang jamak kamu temui di MMORPG, seperti bunuh beberapa monster di sebuah area, atau mengumpulkan beberapa item dari drop monster untuk resep membuat item lainnya. Untuk memulai quest, cukup berbicara dengan NPC yang memiliki quest tersebut, dan kamu akan diberi penjelasan quest apa yang harus kamu lakukan.

Takut tersesat dan masih mencari-cari dimana lokasi monster untuk quest? Tenang saja, game ini juga menyediakan fitur auto walk, sehingga apabila kamu aktifkan, maka karakter kamu akan berjalan dengan sendirinya menuju ke tempat dimana monster untuk quest tersebut berada. Untuk mendapatkan experience dan naik level, kamu tidak hanya melulu menyelesaikan quest saja. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan memasak, dengan cara baca sebuah buku dan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Makanan bisa kamu buat, dan juga kamu akan melihat experience kamu bertambah dan naik level!


SHARE
Previous articleBentuk Baru Interaksi Sosial FB!!
Next articleFinal Fantasi XIII-2, Lightning Kembali Beraksi.
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.