FF IV Complete Collection… Tak Ada “Final” Untuk “Fantasy”


Judul Game   : Final Fantasy IV Complete Collection
Pub/Dev          : Square Enix
Platform          : PSP
Tanggal Rilis : 24 Maret 2011

Kain yang dibutakan oleh asmara... sampai membenci sahabatnya, Cecil...

Handheld Sony terus mendapat dukungan RPG terbaik. Kini Square Enix berniat memberikan Final Fantasy IV Complete Collection, yang menggabungkan Final Fantasy IV dengan sekuelnya, Final Fantasy IV The After Years, yang awalnya dibuat sebagai game mobile dan dirilis per episoide di Jepang. Walaupun keduanya merupakan remake, namun ditangani langsung oleh Takashi Tokita, lead designer dari Final Fantasy IV yang pertama kali dirilis untuk Super NES. Tokita sendiri juga dikenal melalui skenario Parasite Eve, dan juga sutradara Parasite Eve dan Chrono Trigger.

Seperti kalian ketahui, Final Fantasy IV bermula dari game Super Famicom (Super NES). Dan The After Years menjadi sekuel langsung, yang awalnya dibuat untuk ponsel di Jepang secara episode. Melalui Nintendo, akhirnya game tersebut hijrah ke WiiWare. Dan kini, Square Enix berbaik hati menyatukannya, mempermudah kita mengikuti keseluruhan ceritanya, melalui PSP.

Untuk versi UMD ini (atau bisa juga di-download langsung), selain grafis disesuaikan kemampuan PSP dengan format 16×9, juga ditambahkan skenario baru yang

Antar muka pertarungannya tetap sama... namun kamu bisa melihat grafisnya yang meningkat drastis!

bakal menghubungkan Final Fantasy IV dengan The After Years, serta mode gallery. Termasuk dalam gallery adalah ilustrasi asli Yoshitaka Amano, movie CG yang dibuat untuk versi remake DS Final Fantasy IV yang rilis 2008 lalu, dan banyak lagi lainnya, seperti CG movie baru khusus untuk The After Years, membuat mantan game ponsel tersebut terasa mewah.

Mungkin bagian beberapa dari kalian merasa aneh, namun saya dan banyak penggemar RPG lain menganggap Final Fantasy IV adalah lompatan besar dari serial Final Fantasy khsusnya, dan RPG klasik umumnya. Mulai dengan soundtrack yang memorable, cerita yang menggugah emosi, karakter yang menarik, serta gameplay tiga dunia dengan banyak media transportasi, yang seharusnya layak mendapat remake untuk konsol next gen. (Ura)

Ultimate Pack for the Ultimate Fan

Selain versi standarnya, Square Enix juga menyiapkan paket edisi spesial, yang disebut “Final Fantasy IV Complete Collection Ultimate Pack.” Dengan harga sekitar Rp. 1.000.000, paket terbatas yang bakal rilis bersamaan dengan versi standarnya ini selain gamenya, juga berisi buku guide ofisial, original soundtrack berisi 17 track yang disebut “Final Fantasy IV The After Years Sounds Plus,” dan juga artbook “Final Fantasy IV Complete Arts.” Makin ekslusif ketika paket ini juga disertakan dalam kotak yang dihiasi ilustrasi hasil karya Yoshitaka Amano.


SHARE
Previous articleAction Thriller 3D Lewat Tangan Dingin Cameron
Next articleDragon Ball Kai… Batu, Gunting atau Kertas?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.