Februari yang Padat… Semua Pilihan Genre Ada di Sini!


Mengusung kombinasi action-adventure puzzle, Catherine juga masuk kategori game dewasa...

Biasanya bulan Februari bukan menjadi target utama publisher merilis unggulan mereka. Pertama, karena alasan perhitungan keuangan yang jatuh pada kuartal pertama, jika ada penyesuaian karena periode tahun sebelumnya meleset dari target, korbannya adalah game-game yang rencananya dijadwalkan Januari-Maret. Namun rupanya meskipun ada beberapa yang ditunda, seperti Deus EX Human Revolution yang akhirnya dimundurkan untuk rilis selama tahun fiskal 2012 (atau bisa jadi antara April 2011 hingga Maret 2012), masih banyak pilihan menarik untukmu selama Februari. Mulai awal bulan, dengan add-on The Sims 3, dengan beberapa tambahan item outdoor, seperti fire pit dan hot tub yang dibuat dalam gaya Garden Terrace dan Sunset on the Veranda. Gamer PC boleh bangga, karena add-on tersebut ekslusif PC.

Menyusul kemudian PSP dimanjakan dengan penerus seri Macross, White Knight Chrinicles PSP serta Atelier Violet. DS sendiri meng-counternya  dengan Dragon Ball Kai serta Ace Attorney Investigation 2. Saya sangat merekomendasikan Dragon Ball Kai, keren! Layak jadi game Dragon Ball terbaik untuk handheld. Test Drive Unlimited 2 plus downloadable content-nya juga masuk hitungan, apalagi jika kamu doyan koleksi mobil super nan mahal. Bukan impian memiliki Audy R8 yang harganya bisa cukup untuk beberapa turunan… hehe!! Zill O’ll dan Dragon Quest VI juga layak kamu lirik, karena keduanya mewakili RPG klasik yang makin memudar saja di mata gamer modern. Keduanya memiliki keunikan tersendiri, seperti Zill O’ll yang mengandalkan sistem pertarungan interaktif, kamu mengendalikan satu karakter sekaligus untuk dua lainnya yang juga satu tim. Gaya desainnya juga unik, mirip cell-shading namun lebih berkesan cat air. Oh ya, konsep jalan cerita non-linear ala game klasiknya yang dulu dirilis untuk PSone, juga masih diterapkan dalam sekuel PS3 tersebut.

Pemain RPG klasik pasti mengenal Zill O’ll... penerusnya ini meninggalkannya dari segala aspek. Jangan lupa coba demonya yang dirilis 7 dan 8 Februari lalu di PSN!

Surganya RPG Jepang (plus ide nyeleneh developer Jepang melalui Catherine), Februari ini banyak pilihan bagimu. RPG Jepang lain yang tidak kalah menariknya bisa kamu lirik. Mulai Radiant Mythology 3, Cross of Venus, Hyperdimension Neptunia, Tactics Ogre, Radiant Historia (jangan lupa baca pembahasan saya di bagian lain ya!), Rune Factory Oceans dan Phantasy Star Portable 2. Namun bagimu yang condong ke Barat, ada pilihan yang tak kalah keren. Gears of War Triple Pack pantas kamu raih jika belum memainkan dua seri awalnya. Paket kompilasi ini berisi Gears of War, Gears of War 2, dan Gears of War 2: All Fronts Collection, yang di dalamnya sudah termasuk campaign “Road to Ruin” dan 19 peta multiplayer. Microsoft juga menyatakan, bahwa lima peta multiplayer dari Gears of War Map Pack 1 dan “Hidden Fronts” Map Pack tidak disertakan dalam paket tersebut, namun bisa kamu download gratis melalui Xbox Live. Penggemar first-person shooting juga bisa melirik Bulletstorm, yang dibangun oleh Epic Games menggunakan Unreal Engine 3.5. Grafisnya sudah jaminan mutu, pasti ciamik… Sedangkan gameplay-nya, menurut Zigma disebut mengandalkan kreatifitas. Jadi bukan sekadar aksi tembak-tembakan keren dan senjata “besar,” namun kreatifitas dalam membunuh musuh dengan cara yang keren, untuk bisa mendapatkan poin bonus.

Gun Loco mengambil setting penjara planet yang telah ditinggalkan, dimana para kriminal galaksi sebelumnya ditahan. Namun kini mereka bersaing untuk memperoleh kebebasannya...

Jika ingin yang idenya dari Jepang, namun dengan cita rasa Barat, bisa menjatuhkan pilihan pada Knights Contract dan Gun Loco, yang bakal muncul akhir Februari nanti. Knights Contract dikembangkan oleh Game Republic, yang pasti kamu kenal jika pernah memainkan serial Genji dan Majin and the Forsaken Kingdom. Game action dengan setting medieval tersebut berkisah mengenai kehidupan ksatria dan penyihir di abad pertengahan. Sedangkan Gun Loco, game shooter ini dikembangkan oleh Square Enix, yang pasti kamu kenal melalui serial RPG-nya. Entah resep apa yang diramu sang dewa RPG tersebut untuk game mereka ini, yang diklaim sebagai sprint-action-shooter. Intinya, kamu bisa menembak bebas sambil berlari ke arah musuh.

Oh ya, bicara shooter, Hard Corps: Uprising merupakan game download pilihan Februari ini. Pemain game klasik Sega Mega Drive Contra Hard Corps pasti tidak asing dengan judul tersebut. Dan sekuelnya ini, tampil dengan style yang sama, namun grafis serta gameplay-nya makin solid, apalagi dengan tampilan HD.

Diluar dugaan, Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two Worlds bocor... bisa dinikmati seminggu sebelum perilisan resminya. Namun bukan masalah... karena kamu pasti makin cepat membereskan niat jahat Doctor Doom dan Albert Wesker yang ingin menguasai dunia Marvel dan Capcom!!

Namun menu utama Februari tak lain adalah Marvel vs. Capcom 3. Game ini paling dinanti oleh penggemar fighting, dan menjadi sekuel yang sudah diharapkan sejak lama. Seperti yang diulas melalui Zigma 99, banyak pilihan karakter baru dari dunia Marvel dan Capcom yang bisa kamu adu di sini, padahal dulu hanya membayangkan saja. Albert Wesker, Dante, bahkan Amaterasu bisa kamu sandingkan bersama jagoan Marvel yang sedang naik daun seperti Thor, Captain America dan Iron Man, yang memang film mereka sedang banyak dibicarakan akhir-akhir ini.

So, apakah kamu sudah mengatur jadwal nih, untuk menghadapi game-game keren yang bakal rilis selama Februari? Asal jangan sampai terbengkalai yah, tugas sekolah atau pekerjaan kantor, hanya karena sibuk dengan pilihan game-game yang keren selama Februari ini. (Ura)

01 Februari 2011

The Sims 3: Outdoor Living – PC (US)

03 Februari 2011

Macross Triangle Frontier – PSP (JPN)
Shirokishi Monogatari Episode Portable : Dogma Wars – PSP (JPN)
Violet no Atelier : Guramnat no Renkinjutsu 2 – Gunjou no Omoide – PSP (JPN)
Dragon Ball Kai : Ultimate Butouden – DS (JPN)
Gyakuten Kenji 2 – DS (JPN)

08 Februari 2011

Mario Sports Mix – Wii (US)
Test Drive Unlimited 2 – X360 PS3 PC (US)
Sniper : Ghost Warrior – PS3 (US)
Trinity : Souls of Zill O’ll – PS3 (US)
Naruto Shippuden : Shinobi Rumble – DS (US)
EverQuest II : Destiny of Velious – PC (US)

10 Februari 2011

Entaku no Seito : Students of Round – X360 (JPN)
Sengoku Musou 3 Z – PS3 (JPN)
We Dare – PS3 Wii (EU)
Sengoku Musou 3 Moushouden – Wii (JPN)
Dengeki Gakuen RPG : Cross of Venus Special – DS (JPN)
Tales of the World : Radiant Mythology 3 – PSP (JPN)

15 Februari 2011

Entaku no Seito: Students of Round – X360 (JPN)
Gears of War Triple Pack – X360 (US)
Marvel vs. Capcom 3 : Fate of Two Worlds – X360 PS3 (US)
Hyperdimension Neptunia – PS3 (US)
Amnesia : The Dark Descent – PC (US) Versi Retail
Magicka – PC (US) Versi Retail
Dragon Quest VI: Realms of Revelation – DS (US)
Tactics Ogre: Let Us Cling Together – PSP (US)

16 Februari 2011

Hard Corps: Uprising – X360 PS3 (US) – Downloadable Game

17 Februari 2011

Catherine – X360 PS3 (JPN)
Baron Wittard: Nemesis of Ragnarok – PC (US)

22 Februari 2011

Bulletstorm – X360 PS3 PC (US)
Dreamcast Collection – X360 PC (US)
Knights Contract – X360 PS3 (US)
de Blob 2 – X360 PS3 Wii DS 3DS (US)
Fallout: New Vegas – Dead Money – PS3 PC (US)
Killzone 3 – PS3 (US)
Pro Angler Moves – PS3 (US)
Daikoukai Jidai Online: Tierra Americana – PS3 (JPN)
Assassin’s Creed: Brotherhood – PC (US)
EverQuest II: Destiny of Velious – PC (US)
Radiant Historia – DS (US)

24 Februari 2011

Muchi Muchi Pork! & Pink Sweets – X360 (JPN)
The Idolm@ster 2 – X360 (JPN)
Makai Senki Disgaea 4 – PS3 (JPN)
Rune Factory Oceans – PS3 Wii (JPN)
SD Gundam G Generation World – Wii PSP (JPN)
Gemini Rue – PC (US)
The First Templar – PC (EU)
Yu-Gi-Oh! 5D’s World Championship 2011: Over the Nexus – DS (JPN)
Phantasy Star Portable 2 Infinity – PSP (JPN)

25 Februari 2011

Gray Matter – X360 PC (US)
Rango: The Video Game – X360 PS3 Wii (EU)
Winter Sports 2011 – X360 PS3 Wii PC (US)
Twisted Metal – PS3 (EU)

27 Februari 2011

Gun Loco – X360 (US)


SHARE
Previous articleDragon Ball Kai… Batu, Gunting atau Kertas?
Next articleSepak Bola yang Lebih “Menyentuh”
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.