Perkenalkan, Prishe si Combo Master!

Judul Game    : Dissidia 012 Final Fantasy
Dev / Pub         : Square Enix / Square Enix
Konsol             : PSP
Tanggal Rilis  : 3 Maret 2011
Genre               : Fighting Action RPG

Dalam event Square Enix 1st Department Premier lalu memang ditampilkan trailer Dissidia 012 FF, dan menampilkan karakter baru yang bernama Prishe. Cewek ras Elf dari FF XI tersebut dikonfirmasikan playable untuk game ini, dan julukannya adalah Combo Maker. Diberi julukan demikian karena cewek tersebut mampu menggunakan berbagai skill dan senjata di FF XI. Tinggal cara kamu saja bagaiman mengkombinasikan kemampuan yang dimiliki Prishe tersebut.

Combo ini bisa kamu buat dengan cara mengkombinasikan skill-skill dan senjata milik Prishe, bahkan Takahashi Mitsunori selaku sutradar a game ini mengakui bahwa Prishe mungkin karakter yang tingkat kustomisasinya paling tinggi. Contoh seragan Prishe adalah Banishga, yang membuat musuh melayang ke udara jika terkena, atau skill senjata Asuran Fist. EX Burst milik Prishe adalah Itsutsu no Kagayaki, yang akan membuatmu menekan sederet tombol-tombol yang tampil di layar, benar-benar seorang Combo Maker bukan?

Di dalam permainan, Prishe seperti bintang tamu, dan stage-nya adalah area pertarungan terakhir dari ekspansi FF XI Chains of Promathia, bernama Empyreal Paradox. Pengisi suaranya adalah Aya Hirano, yang terkenal karena perannya sebagai Suzumiya Haruhi (The Melancholy of Haruhi Suzumiya), Konata Izumi (Lucky Star), Shirms (FF Fables Chocobo’s Dungeon), dan lainnya.

Selain itu ada detail baru untuk Story Mode-nya. Kamu bisa mengakses sebuah dungeon dengan memasuki gerbang yang terlihat saat menjelajah World map. Baru ketika masuk dungeon, mode permainan akan kembali seperti papan catur di prekuelnya. dengan memenangkan pertarungan, kamu akan KP atau Kupo (bunyi Moogle pun juga Kupo loh, hehe). KP ini bisa digunakan di Moogle Shop, tempat dimana kamu bisa membeli aksesoris atau skill yang bisa digunakan saat penjelajahan World Map.

(Reyner)

Buat Sendiri Quest-mu!

Kamu di sini akan menemui fitur untuk membuat quest-mu sendiri. Pertarungan bisa dipilih antara sistem ronde atau eliminasi. Bahkan kamu bisa menentukan secara terperinci cara untuk menang, seperti “Memenangkan Pertarungan dalam Waktu Tiga Menit”. Peraturan pertandingan juga bisa diatur, sehingga kamu bisa dengan mudah mengumpulkan bar EX gauge dan meningkatkan tingkat kritikal. Untuk masalah event quest, kamu bisa mengatur latar belakang, backgorund musik, dan memilih ikon karakter saat muncul kotak dialog antar karakter. Jika ingin cepat, kamu bisa juga mengutak-atik dari quest yang telah tersedia di dalam permainan. Setelah puas melakukan edit, kamu bisa mengakses quest-mu sendiri alias mencobanya dengan menekan tombol Test Play, sehingga bisa diatur lagi untuk membuatnya lebih menarik dan menantang.

MogWeb, Penerus MogNet Central?

MogWeb adalah fitur khusus yang berkaitan dengan fitur pembuatan quest, dimana kamu bisa men-download dan meng-upload quest hasil kreasimu. Atau bisa juga bertukar quest dengan teman, caranya yaitu menukarkan 12 digit frienc code yang bisa dilihat di bagian bawah layar menu utama MogWeb ini. Dengan memperlihatkan friend code milikmu saat online, maka pemain lain pun bisa saling bertukar friend code. Di sini juga ada Tag Mode dan menu My Page. Tag mode seperti namanya memungkinkan pemain untuk saling bertukar data melalui internet, berguna bagi mereka yang mungkin tidak bisa bertemu dengan pemain lain secara langsung. Di mode pembuatan quest, akan ada pilihan Edit Lock, dimana kamu berhak untuk mengunci semua quest hasil karya mu sehingga tidak bisa diedit oleh pemain lain yang kebetulan men-download quest tersebut.

Bentuk Kombinasi Tim Impianmu!

Fitur baru di sini yakni Party Battle, sebuah mode pertarungan dimana kamu membentuk dua tim masing-masing terdiri dari lima karakter. Kamu bisa mengatur tiap karakter dengan job tertentu yang akan mengubah kemampuan bertarungnya. Terkadang mode pertarungan seperti ini akan kamu temui di Story Mode. Party Battle ini sebenarnya dihadirkan dalam game untuk memungkinkan semua pemain membentuk tim impiannya tersendiri. Bahkan kamu nantinya bisa memberi nama tim tersebut, dan bisa saling bertukar data tim impian ini melalui Friend Card.

Ketika Nilai Kebaikan dan Kejahatan Dipertanyakan…

Benar, di sini sepertinya nilai kebaikan dan kejahatan agak tidak jelas batasannya. Bagaimana tidak, setelah Square Enix mengkonfirmasikan bundel khusus untuk soundtrack game ini, ternyata cover –nya benar-benar mengejutkan. Dua sisi yang saling bertolak belakang dihiasi dengan gambar para karakter dari sisi Cosmos dan Chaos. Cosmos yang merupakan sisi “baik” di game ini mendapatkan tambahan anggota yakni Lightning, Vaan, Kain, Jecht, Tifa, Yuna, dan Laguna. Sedangkan di sisi Chaos yang mewakili sisi “jahat” mendapatkan tambahan anggota Cloud, Terra, dan Tidus. Benar-benar mengejutkan bukan? Yang dulunya berada di sisi Chaos berbalik menjadi pendukung Cosmos, begitu pula sebaliknya. Satu hal yang pasti, desain cover soundtrack ini benar-benar terkesan elegan.


SHARE
Previous articleAlvin si Mercernary Siap Menemani Jude dan Milla
Next articleAngry Birds “Terbang” ke 3DS
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.