Kinect : Terobosan Baru Microsoft untuk Melawan Rivalnya

Sebuah project besar barunya yang berslogan “Introducing a new way to play– No Controller Required.”, itulah Project Natal. Dengan menunjukan berbagai trailer gameplay dari Natal, masih ingatkah kamu trailernya ? Yang menunjukan sebuah keluarga dan anak kecil sedang bermain dengan berbagai macam game Natal. Mulai dari genre racing, fighting, sports, skate, sampai dengan Project Milo. Tidak hanya media game, mereka juga menunjukan penggunaan Natal di hal lain, fitur live video chat, maupun menonton film. Reveal dari Natal mencuri banyak perhatian dari berbagai massa yang hadir maupun tidak hadir, momen yang tak terlupakan dari E3 2009.

Setahun kemudian di tempat yang sama, E3 2010. Microsoft mengganti nama Natal menjadi KINECT. Menunjukan lagi berbagai game, fungsi, hardware dan seluruh yang perlu diketahui oleh konsumen , KINECT sekali lagi membuat para pengunjung terkejut dan tertarik untuk memainkannya. Akhirnya pada 2 November 2010 KINECT resmi diluncurkan kepada semua pembelinya, Microsoft tidak segan-segan menggelar event perilisannya di segala penjuru dunia & juga mengundang banyak selebriti untuk memeriahkannya, sampai-sampai rival abadinya Sony tidak bisa melakukan apa-apa dan berkata mereka tidak mampu menandingi iklan, event dan apapun yang diluncurkan Microsoft untuk membuat orang tertarik membelinya. Sampai pada sekarang Kinect telah terjual lebih dari 8 juta unit, yang pada awalnya Microsoft hanya menarget untuk 5 juta unit.

Menggapai review tinggi dan banyak tanggapan positif tidak membuat Microsoft puas, pada CES2011 Microsoft resmi memberi kabar bahwa mereka sedang membuat layanan yang bernama “Avatar Kinect”, fitur ini digunakan untuk live chat menggunakan avatarmu sendiri, kamu akan merasakan seperti kamu disana, berbicara langsung kepada lawan bicaramu. Dengan teknologi yang Kinect punyai, ia akan mendetect seluruh tubuhmu, jadi gerakan yang kamu lakukan akan langsung terdetect dan terlaksana seperti apa yang kamu lakukan di dunia asli. Microsoft akan melaunch Avatar Kinect pada mid 2011, free untuk Xbox Live gold membership.

Back to the topic, setelah mencoba KINECT, kami terkesan karena fitur yang ditawarkan dan teknologi yang berada di dalamnya. Pada awalnya kami kira ini hanya “another motion gaming” yang membuat cepat bosan dan mudah ditinggal, tetapi TIDAK, yang ditawarkan Microsoft benar-benar beda dari yang lain, pertama adalah camera, ini bukan kamera dalam motion gaming biasa, alat ini dapat mendeteksi semua gerakan yang kamu lakukan dalam dunia asli ke dalam dunia KINECT, apa yang kamu lakukan akan langsung terdeteksi dan tertranslasikan ke dalam avatarmu. Kamera Kinect juga bisa meng-capture momen-momen spesialmu dalam bermain, dan dengan mudah dapat di-share kedalam jejaring sosialmu untuk diperlihatkan ke dunia. Dan lagi yang membuat kami terkesan adalah apabila kamu main dengan profile A, dan kemudian ada temanmu main menggantikan kamu, maka akan langsung signed in profile B, jadi tidak perlu susah-susah untuk mengganti profile, kameranya sangat peka.Gameplay dari kinect juga tidak membosankan jika dibandingkan dengan motion gaming lainnya, meski dimainkan berkali-kali , kinect tetap tidak membuat bosan, apalagi jika dimainkan dengan temanmu, YA, kinect bisa membaca sampai dengan 4 player untuk bermain bersama. Kepraktisan Kinect juga masuk dalam nilai positif, jadi setelah kamu menyalakan xboxmu, kamu bisa memilih untuk menggerakan dengan tangan atau langsung saja bicara , “If you see it Just say it”. Mic dari kinect juga tidka sembarangan, hanya dengan awalan Xbox kamu bisa memilih mau masuk ke menu apa dalam dashboardmu, sangat-sangat praktis.

Kinect juga dibuat untuk gamer-gamer yang malas untuk pergi berolahraga mapun yang jarang berolahraga, berolahraga dengan bermain , itulah yang ditawarkan untuk kinect, berolahraga disini juga tidak main-main seperti biasa, menguras keringat banyak, terutama seperti game-game dance dan fitness. Memang untuk saat ini game-game-nya masih sedikit dan lebih ke arah casual, tetapi tidak semua, seperti Dance Central yang kelihatannya biasa, tetapi mendapat respon positif dan digadang sebagai game terbaik Kinect, tidak hanya itu, reviewnya juga membuat terkejut, bagaimana coba game dancing mendapat nilai rata-rata 8-9. Ini tidak hanya sekedar game casual, dan juga pada tahun 2011 ini banyak game-game untuk pasar hardcore gamers maupun casual gamers. Game hardcore seperti Child Of Eden, Rise of Nightmare, Forza 4, Stell Batallion Heavy Armor, Haunt, Project Draco, Codename D. Bahkan ada juga rumor yang mengatakan kalau franchise exclusive terbaik Xbox360 yaitu Halo dan Gears of War series sedang membuat produk terbarunya yang akan mensupport Kinect.

Ini pendapat kami tentang beberapa game Kinect yang patut dimainkan

1. Kinect Adventures (Rare,Microsoft Game Studios)

Game ini langsung dibundling dengan Kinect , jadi ketika kamu  membeli Kinect otomatis akan ada game ini juga.Terdiri dari bermacam-macam petualangan dan juga ada adventure mode dimana kamu diminta untuk berpetualang dan menyelesaikan berbagai macam rintangan, yang pada akhirnya akan mendapat reward. Menawarkan gameplay yang orisinil, petualangan yang seru untuk dimankan berkali-kali, dan juga bisa bermain bersama teman. Game yang patut dimainkan untuk menjadi seorang petualang.

2. Kinect Sports (Good Science, Microsoft Game Studios)

Terdiri dari 6 sports ,yaitu Soccer, Bowling, Beach Volleyball, Table Tennis, Boxing, Track & Field. Menyajikan momen berolahraga serasa asli, serasa kamu benar berada di stadium olahraga. Dalam soccer kamu dapat memberi passing, menjadi kiper, dan tentunya membobol gawang lawan, dalam Soccer Kinect dapat mendeteksi gerakan kepala, tangan, dan kaki. Sedemikian juga dengan volley, kamu dapat melakukan pass & smash, kunci dari volley adalah teamwork antara kamu dan Al maupun teman coop. Table Tennis juga merupakan salah satu yang terseru, operasi kinect juga berjalan bagus di sini. Boxing dalam KS dapat dibilang susah, it’s all about strategy, jika salah melakukan gerakan maka “baam” kamu akan mendapat counter keras dari lawan. Track & field juga menyuguhkan pengalaman seru. Dalam ini ada event lari, hurdle, melempar javelin,dll. Seperti yang ada dalam Olympic. Dari olahraga yang diatas , yang paling saya favoritkan adalah bowling. Sensor kinect berjalan sangat bagus, malah saya bilang paling bagus, posisi tangan melemparmu akan mempengaruhi arah bola, looks simple but trus me, it’s not that simple. Menurutku kalian perlu membeli game ini jika sudah membeli kinect.

3. Dance Central (Harmonix, MTV)

Sudah tidak perlu dipungkiri lagi bahwa developer dari ini sudah mahir dalam bidangnya. Membuat game untuk kinect serasa tidak terlalu susah buat mereka. Menyuguhkan gameplay yang menakjubkan, menampilkan banyak gerakan dari mudah sampai susah. Lagu yang ada dalam game ini juga masih terhitung lagu-lagu baru dan sudah ngetop di lingkungan kita. Mungkin kalian melihat dari luar game ini tidak patut dimainkan karena cuma game nari yang tidak penting, aku juga berpendapat seperti itu awalnya, malahan lebih parah dari yang kalian pikirkan, tapi yang terkejut adalah semua tidak benar, berputar arah dari yang dulu aku pikirkan.

Your Shape Fitness Evolved (Ubisoft) :

Ini adalah game yang paling aku tunggu buat kinect dari awal di announce sampai sekarang, karena aku pikir salah satu manfaat dari kinect adalah untuk berolahraga, menghilangkan lemak, so the answer is fitness. Ya game ini menghadirkan aktivitas-aktivitas fitness yang biasa dilakukan di gym seperti cardio, exercise,yoga , dll. dan juga kamu tidak berlatih asal-asalan di sini, melainkan kamu akan di guide oleh seorang trainer, melakukan berbagai aktivitas olahraga yang membuat kamu serasa di gym. Pada awalnya aku sering pergi ke gym dan melakukan aktivitas-aktivitas seperti orang biasa, tetapi setelah ada ini aku jadi males ke gym, mengapa pergi jika kamu dapat melakukan di rumah.

Last words, jika kamu menunggu sebuah inovasi baru dalam motion gaming, malas berolahraga, butuh diet, butuh kepraktisan, main dengan teman-teman maka inilah pilihanmu, bukan hanya itu saja, kinect masih punya ratusan keunggulan dan fitur-fitur yang menjanjikan, saran saya belilah kinect untuk gaming, kamu tidak akan menyesal. Jangan pernah khawatir jika kalian mengira akancepat bosan seperti motion-motion gaming lainnya. Kinect sudah berumur 3 bulan dan dalam waktu itu kami hampir tiap hari memainkannya, tidak pernah membosankan dan seru untuk dimainkan sendiri atau berramai-ramai.

Kunci terpenting kinect adalah “jangan pernah malu, ayo bergerak dan bergembira, let’s move,shake,drop”

“This is the real gaming experience” (Archangel)


SHARE
Previous articleAngry Birds “Terbang” ke 3DS
Next articleSelamat Jalan Guitar Hero!!
Codenamed Archangel, next gen Game yang masih berkedudukan SMA di Surabaya Timur Bertumbuh besar dengan bantuan dari game seperti Halo dan Twisted Metal. Menyukai banyak genre video game dari shooter, sports, action, WRPG, racing. Sangat up to date dengan dunia next gen gaming dan suka menulis apapun tentang video game ataupun movie Aktif dalam komunitas grup gaming facebook dan mendapat posisi baik dalam grup besar seperti Xbox 360 Fanboys Indonesia, Playstation Square, World of Nintendo, Gamer Inside, Band of Indonesian Gamers, dan Zigma Omega. Dikenal memiliki penyakit overhobbies, tidak hanya gaming tetapi juga expert dalam bidang movies, musics, mangas, animes, figures, sports.