Berani Mewarnai Mainan?

Pernahkah kamu mencoba untuk membeli mainan bongkar pasang seperti Tamiya atau Gundam? Atau mainan lainnya. Memang sebagian orang tidak tertarik, bahkan “KECEWA” karena mainan rakitan yang mereka beli tidak sesuai dengan apa yang tertera didalam foto yang terdapat di dos-dos mainan. Contohnya saja Gundam, yah jika kamu melihat ilustrasi yang ada didepannya, kamu pasti akan tertarik untuk membelinya bukan? Tetapi, setelah asik merakit dan jadi, kamu pasti akan tercengang kaget dan terhenti sejenak. Lalu melihat gambar yang ada di dos-nya serta membandingkannya. BEDA BANGET!!! Mainan yang kamu rakit akan terlihat jelek dan bahkan kamu merasa ditipu. (karena memang Gundam mahal)

rugi?
Belum di sentuh sama sekali.. mahal-mahal kok hanya begini saja?

Nah sedikit tips untuk kamu untuk “yang merasa ditipu”..  Setelah membeli Gundam. (sebenarnya untuk mainan lian bisa juga seh, tetapi yang saya contohkan kali ini adalah gundam) Sebenarnya Gundam merupakan mainan yang menarik dan sangat adiktif. Hanya saja kamu perlu memelakukan sesuatu yaitu “menghiasnya”. Jadi mainan ini memiliki kemampuan yang hebat, yaitu: merakit yang asyik, dan menghias yang seru.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merakitnya terlebih dahulu menjadi sebuah Gundam yang bisa dibilang “jelek” (hehe) (disini saya menggunakan contoh Gundam SD BB Kanpei) dan jangan lupa siapkan perlatan untuk bekerja.. Ho3..

Wah, harus merakit dulu nih.. Hehe.. Oh ya, untuk lebih rapi, gunakan pisau untuk melepas part-part yang ada.. (cutter, gunting kuku, atau gunting plastik/besi)

Sudah siap bekerja??? Hyohoho.. I like this..

Kedua adalah memisahkan semua bagian yang kamu ketahui part-partnya.. (tangan dipisah, badan dipisah, kpala, smuanya dipisahkan)

Ketiga adalah Memberikan lining pada setiap garis yang ada pada mainan kamu. Ini akan memberikan “rasa” anime yang kental. Karena dalam anime, semua garis Gundam memang berwarna hitam kan? Hehe.. (bisa kamu ganti dengan coklat, efek2 kuno/klasik) Lining bisa dilakukan dengan marker, tetapi untuk pemula gunakan saja Gundam Marker, karena jika tercoret dibagian lain bisa mudah dihapus.

Tempel stiker + lining dengan marker.. (ingat klo pemula pake gundam marker.. bisa dihapus jika mlenceng)
Inilah Gundam Marker Hitam yang sering habis.. (harganya melonjak hingga Rp 35 ribu..)

Keempat adalah memberikan warna.. Simpel saja, terpadat berbagai macam cara untuk mewarnai. Untuk level belajar, cukup mengenal brushing yaitu mewarna menggunakan cat khusus yang menempel pada plastik (amannya merk Tamiya-Enamel) untuk mewarnai part yang agak lebar hingga sempit), dan juga mewarnai dengan Marker ber-size besar (tidak harus merk Gundam seh). Oh ya, jika kamu merasa kurang puas karena tidak merata, kamu juga bisa meratakan cat yang sudah kering dengan menggunakan amplas bangunan dan di cat lagi sampai rata (jika tidak di cat juga tak masalah jika kamu merasa sudah pas).

Mewarnai dengan kuas/brush secara manual.. Biasanya orang lain memakai cat enamel tamiya, tetapi kalau kemahalan pakai saja isi marker.

Contoh cat enamel tamiya.. Harganya? Sekitar 20 ribuan rupiah per biji..

Kelima adalah finishing touch, dengan memberikan kembali lining pada bagian yang lining-nya mulai kabur dan hilang karena ketumpuk cat. Setelah itu biarkan cat dan marker kering. Selesai deh.. sekarang mainanmu terlihat lebih bagus bukan?

Lihatlah Hasil akhirnya! Sangat berbeda dengan sebelumnya bukan?? Apalagi warna emasnya, jika dibandingkan dengan warna originalnya yang terkesan oranye.. cara terbaik adalah dengan men-cat ualgnya.. (n.b: ini gundam-ku yang belum 100% jadi sih.. karena repot untuk bekerja yang lain..)

Jika kamu masih kurang puas.. Bisa beralih ke Custom Mode.. Nah mode bisa dibilang untuk kalangan PRO. (aku sendiri belum pernah mencoba) Kamu bisa menggabungkan gundam dengan part gundam lainnya atau maianan lainnya atau bahkan kamu membuat part sendiri untuk gundam-mu. Selamat mencoba. Djamin SERU!!

Hasil dari Custom.. Beda dari aslinya? Gak masalah!

SHARE
Previous articleRibut-ribut Dragon Ball Movie Reboot!
Next articleGame On 2011
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.