FPS yang Memacu Kreatifitas

Judul Game    : Bulletstorm
Dev. / Pub.       : People Can Fly / EA
Konsol             : X360, PS3, PC
Release Date : 22 Februari 2011

Ten­tunya bukan kreatifitas seperti dalam game puzzle, yang dimaksud disini adalah kreatifitas dalam membunuh musuh. Di Bulletstorm Kamu tidak hanya sekedar menembak musuh untuk mem­bunuhnya, tapi Kamu juga bisa melaku­kannya dengan berbagai cara yang keren. Semakin beragam cara Mu membunuh musuh semakin banyak juga bonus yang didapat. Tentunya Kamu tidak perlu melakukan hal ini, tapi semakin kreatif cara yang Kamu gunakan untuk membunuh musuh maka semakin banyak perolehan point Mu. Point ini nantinya bisa digunakan untuk meng-upgrade senjata, membeli senjata baru, dan banyak hal lainnya.

Berbagai cara untuk membunuh musuh ini dinamai Skill Shot, dan menurut People Can Fly (developer Bulletstorm) jumlahnya ada ratusan. Jadi bisa dipastikan Kamu tidak akan bosan dan bisa terus menemukan berbagai cara untuk membunuh musuh. Ok, dari tadi kita berbicara terus mengenai Skill Shot, tapi seperti apa sih sebenarnya Skill Shot ini. Skill Shot paling sederhana adalah menembak bagian tubuh tertentu menggunakan senjata tertentu, mi­salnya saja menembak kepala, tenggorokan, selangkangan dan lainnya. Kemudian ada juga Skil Shot yang dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar seperti tong peledak, duri, dll. Dan yang paling rumit dan sulit dilakukan adalah Skill Shot combo, ini adalah Skill Shot yang dilakukan dengan menggabungkan dua hal atau lebih. Misalnya saja menembak selangkangan kemudian  menendang muka musuh, melem­par­kan musuh ke udara dan kemudian me­lemparkan granat ke arah mereka, dan lain sebagainya. Lebih detail mengenai Skil Shot bisa Kamu lihat di bawah ini.

4 Sehat 5 Sempurna Versi Bulletstorm

Pada dasarnya ada lima cara untuk bisa melakukan skill shot di Bulletstorm. Walaupun kelihatannya hanya sedikit, tapi dari lima cara ini Kamu bisa mengkombinasikan ratusan macam skill shot. Dari 5 cara ini ada tiga cara yang sedikit spesial, spesial karena tiap kali Kamu melakukan hal ini maka Kamu akan memasuki kondisi slow motion barang sesaat, yang tentu saja berguna agar Kamu bisa menembak musuh dengan lebih akurat. Selain itu Kick, Leash, dan Slide juga bisa diupgrade untuk menimbulkan efek yang lebih dahsyat lagi. Ok langsung saja kita lihat satu persatu mengenai ke lima cara untuk membantai musuh dengan kreatif ini.

Kick

Slide

Leash

Enviromental Hazard

Other Stuff

Kick
Kelihatannya memang hanya sebuah tendangan saja, tapi jika Kamu kreatif, maka serangan melee ini bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai macam Skill Shot. Tiap kali Kamu menendang musuh, mereka bukan hanya akan terpental beberapa meter, tapi waktu juga akan berjalan sedikit lambat, jadi Kamu bisa menarget musuh dengan lebih akurat. Salah satu skill shot paling mudah yang bisa dilakukan dengan menggunakan gerakan melee ini adalah Vertigo, yaitu menendang jatuh musuh dari tepi jurang.

Slide
Slide memiliki 2 kegunaan. Yang pertama adalah memberi kemampuan untuk bergerak dengan cepat, dan yang satunya lagi adalah untuk menjegal dan melontarkan musuh sedikit ke udara. Bayangkan saja seperti gerakan sliding milik Megaman, tapi jika Kamu menyentuh musuh maka musuh akan terjegal. Sama seperti Kick, jika Kamu mengenai musuh dengan Slide maka waktu akan melambat dan Kamu bisa menembak musuh dengan lebih akurat. Slide juga bisa digunakan untuk melontarkan berbagai macam barang.

Leash
Leash bisa dibilang semacam cambuk dari energi yang berguna untuk menarik musuh. Salah satu kombo paling sederhana meng­gunakan Leash adalah menarik musuh ke arah Mu dan kemudian menendangnya meng­gunakan Kick. Leash bisa diupgrade menjadi Thumper. Thumper berfungsi untuk melontarkan beberapa musuh sekaligus ke udara. Dari sini kamu bisa menembak musuh dengan berbagai senjata untuk mendapatkan Skill Shot yang berbeda-beda.

Enviromental Hazard
Yang satu ini bukanlah gerakan yang bisa Kamu lakukan, melainkan memanfaatkan lingkungan dan sekitarnya untuk membunuh musuh. Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk membunuh musuh, yang paling mudah adalah menjatuhkan musuh dari tepi tebing, atau bisa juga menendang musuh ke arah tanaman pemakan manusia atau duri tajam. Meledakkan tong penuh bahan peledak di tengah musuh juga salah satu cara yang efektif.

Other Stuff
Selain empat cara di atas ada juga berbagai macam cara lain. Misalnya saja, tiap senjata memilki Skill Shot mereka sendiri-sendiri. Senjata yang mampu melontarkan dua buah granat yang terikat dengan rantai misalnya, jika Kamu bisa melilitkan dua granat ini ke leher musuh dan meledakkannya maka Kamu akan mendapat Skill Shot. Tiap senjata juga bisa di upgrade dan versi upgrade ini akan membuka Skill Shot baru juga.


SHARE
Previous articleSederhana Namun Inovatif
Next articleKarakter Keempat Tales of Xillia, Leia Roland
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.