Menjadi Detektif Ala Hantu

Pernah membayangkan game Ace Attorney namun dengan tokoh utama hantu? Itulah Ghost Trick. Perpaduan dialog kocak penuh humor, puzzle menantang, konsep gameplay unik hingga cerita yang menegangkan, semua bisa didapat di game ini. Baca impresinya di sini.

Menjadi Detektif Ala Hantu

Judul Game : Ghost Trick Phantom Detective

Dev /  Pub  : Capcom / Capcom

Konsol : DS

Tanggal Rilis : 11 Januari 2011

Genre : Puzzle

Skor : A

Menjadi Detektif Ala Hantu[/caption]

Kalau kamu pernah memikirkan bagaimana game detektif seperti serial Ace Attorney dibumbui dengan atmosfer kocak, maka seperti itulah gambaran Ghost Trick. Berperan sebagai hantu dari Sissel, kamu ditugaskan untuk membantu mengubah takdir seseorang empat menit sebelum menghadapi kematian. Konsepnya unik, dimana Sissel di sini tidak bisa bergerak bebas untuk membantu seseorang, melainkan harus merasuki benda-benda di sekitarnya untuk bisa mengubah sesuatu yang berhubungan dengan takdir seseorang.

Saat merasuki benda tertentu, Sissel bisa berpindah ke benda lain yang dekat dengannya, atau melakukan Trick sehingga benda tertentu akan bergerak yang bisa berpengaruh pada benda lain. Dengan memanipulasi Trick (dan juga mode Ghost untuk membuat Sissel bergerak dari satu benda ke benda lain) ini maka diharapkan kamu bisa menyelesaikan puzzle yang ada, sehingga orang yang ditemui Sissel tidak jadi meninggal.

Tentu saja kamu berpacu dengan waktu untuk bisa menyelesaikan puzzle-puzzle yang ada, jadi kamu harus cermat dan teliti jika ada saat-saat kritis dimana karakter melakukan sesuatu. Jika terlewat dan karakter pada akhirnya tetap meninggal, kamu bisa kembali di poin sebelumnya, sembari meneliti hal yang terlewat.

Menjadi Detektif Ala Hantu[/caption]

Animasinya saya akui, sangat halus dan menarik. Bahkan memang game ini mendapat banyak respon positif berkat animasinya yang memang halus, benar-benar memukau dan impresif. Di satu sisi, terkadang percakapan para karakternya saya rasa terlalu panjang,  terlalu banyak kata-kata sehingga sedikit mengurangi keasyikan bermain.

Dialog-dialognya yang kocak juga membuat saya merasa terhibur saat memainkan game ini, yang dengan pas diletakkan setelah menjalani beragam puzzle yang membuat lelah otak. Puzzle yang diberikan tiap chapter-nya juga menarik, namun sayang terkadang banyak juga proses trial-and-error yang harus dilakukan untuk bisa memecahkan puzzle tertentu, mengingat kamu bisa kembali ke poin sebelum menghadapi puzzle tersebut. Saya sendiri sangat merekomendasikan game ini terutama bagi kamu penggemar serial Ace Attorney, karena kesan detektifnya terasa cukup kental, dipadu dengan puzzle pemeras otak pasti akan membuatmu ketagihan memainkan game ini. (Reyner)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU