Update Detail Gameplay Duodecim, Lebih Berasa RPG!

Judul Game : Dissidia 012 Final Fantasy
Dev / Pub : Square Enix / Square Enix
Platform : PSP
Tanggal Rilis : 3 Maret 2011
Genre : Fighting Action RPG
Rating : Rating Pending

Square Enix memberikan update terbaru untuk Dissidia 012 FF, yang akan dirilis untuk PSP pada awal bulan depan (versi Jepang) dan akhir bulan (versi US). Story Mode game ini akan membuatmu serasa memainkan serial FF yang ber-genre RPG. Seperti yang sudah pernah saya beritakan sebelumnya, di Story Mode-nya kamu akan menemui World Map, dan kamu bebas menjelajahinya. Selain itu, kesan RPG-nya yang kental dapat kamu rasakan dari sistem poin experience, pilihan untuk kontrol berbasis RPG turn-based (memudahkan bagi para pendatang baru untuk serial Dissidia), dan kustomisasi karakter, termasuk di dalamnya ability, aksesoris, summon, dan karakter assist. Bahkan di Story Mode ini kamu juga bisa mengakses tingkat kesulitannya. Berikut adalah detail dari fitur-fitur di dalam Story Mode.

Dungeon di World Map, Kembali ke ”Papan Catur”

Di World Map, kamu bisa memulai pertarungan dengan menyentuh musuh yang ada. Kamu bisa menyerangnya terlebih dahulu. Terkadang ada juga musuh yang bisa melukaimu saat berada di World Map. Selain musuh, kamu juga bisa menemui Moogle alias toko, dimana kamu bisa menukarkan Kupo Point (KP) sebagai mata uangnya. Selain itu juga ada dungeon, dikenal dengan sebutan Warp atau Distortion (bisa kamu lihat pada screenshot kiri). Di dalam dungeon ini, permainan akan berubah seperti papan catur persis seperti prekuelnya. Di dalam dungeon, kamu akan menghadapi musuh, peti harta, dan adegan percakapan dengan teman.

Saat memasuki dungeon melalui gerbang Warp ini, kamu bisa melihat informasi mengenai dungeon tersebut, seperti nama dan tingkat dungeon. Ada Bonus Level, yang merupakan tantangan dimana kamu bisa mengatur level karaktermu agar sama atau lebih rendah dari level yang diperlihatkan. Jika berhasil menyelesaikan dungeon dengan kondisi level seperti itu, kamu akan mendapatkan bonus seperti KP tambahan. Mungkin pada saat bertarung karaktermu naik level, otomatis sistem permainan akan menanyakan apakah kamu akan menurunkan level karakter, untuk tetap bisa menyelesaikan tantangan Level Bonus tersebut.

Pengaturan Setting Story Mode

Inilah tampilan saat kamu mengatur setting di dalam Story Mode. Paling atas adalah kontrol yang kamu inginkan, apakah kontrol mirip RPG atau yang penuh aksi seperti yang kamu lihat di prekuelnya. Urutan kedua adalah Battle Information. Urutan ketiga adalah tingkat kesulitan, pilih sesuai seleramu. Urutan keempat kemungkinan adalah Battle Animation, dan di urutan kelima kemungkinan adalah Battle Lock-on, fitur untuk me-lock musuh sehingga mudah untuk menarget dan menyerangnya.

Khas RPG, Bertarung, Dapat EXP, Naik Level


Benar, di Story Mode ini semuanya berasa RPG. Mulai dari pertarungan khas ala serial FF dimana terjadi pergantian layar saat bertemu musuh, kemudian melawan musuh tersebut, ketika menang mendapatkan sejumlah experience point, dan jika sudah mencukupi maka karakter bisa naik level. Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot. Ketika naik level, bisa saja karakter mendapatkan ability baru, dan bisa kamu atur ability tersebut sebagai persiapan bertarung selanjutnya. Semisal pada screenshot, kamu mendapatkan ability baru untuk serangan Brave, bisa kamu tukar dengan ability lama. Atau kamu juga bisa mengkustomisasi equipment karakter pada menu equipment.

Dungeon Skill untuk Bonus Tambahan

Ternyata tiap karakter memiliki skill khusus saat berada di dalam dungeon, seperti Lightning yang memiliki skill Straight Chain. Skill ini membuat semua musuh yang berada satu garis lurus dengan Lightning akan masuk dalam chain battle. Maksudnya, kamu akan sekaligus melawan musuh-musuh tersebut, dan jika berhasil menyelesaikan chain battle itu, kamu akan mendapatkan ekstra Kupo Point. Tentunya ada banyak skill lain yang dimiliki secara khusus oleh tiap karakter di sini.

Labyrinth Mode, Bukti Para Penjelajah Sejati

Labyrinth Mode adalah mode baru yang mungkin bisa dikatakan sebagai update dari Colosseum Mode di prekuelnya. Dengan menggunakan kartu-kartu, kamu menjelajahi dungeon, bertarung melawan musuh, dan mendapatkan harta karun di dalamnya. Bisa kamu lihat di screenshot, panel-panel di bawah menunjukkan kartu-kartu yang mempengaruhi aksimu. Panel di sebelah kiri yang berwarna biru tua adalah kartu yang bisa kamu gunakan. Jika kamu menggunakan salah satu kartu tersebut, maka dua kartu yang lain akan menghilang (selain kartu Exit jika kamu ingin keluar dari labirin), dan tiga kartu dari panel sisi kanan akan mengisinya.

Beberapa contoh kartu yang telah dikonfirmasikan oleh Square Enix:

Door Card
Dengan memilih kartu ini, kamu bisa bergerak ke area lain dungeon. Kartu ini bisa dipilih jika gambarnya sudah terbuka, jika belum itu artinya kamu harus memenuhi persyaratan tertentu di area tersebut untuk bisa berpindah ke area lainnya.

Job Card
Kartu yang mengubah parameter karakter seperti menyembuhkan HP atau lebih sering memunculkan kotak harta karun. Kamu bisa menempatkan maksimal tiga kartu ini ke slot di kanan atas untuk membuatnya efeknya bertahan lama.

Treasure Box Card
Kamu bisa menukarkan medal yang didapat dari memenangkan pertarungan dengan item-item langka.

Party Member Card
Kartu yang menampilkan wajah dari salah satu karakter Dissidia. Gunakan kartu ini untuk memunculkan karakter tersebut ke dalam party atau sebagai karakter assist.

Di dalam dungeon kamu bisa menemui beberapa pintu keluar. Semakin dalam dungeon-nya, maka semakin langka item yang bisa kamu dapat, tapi juga musuh yang akan kamu hadapi semakin kuat. Ingat kamu tidak bisa menyimpan data permainan saat berada dalam dungeon, dan jika mati di tengah dungeon maka item yang didapat akan hilang semua.

Bisa kamu lihat contoh tampilan peta dungeon. Titik merah adalah tempat karaktermu berada, titik hijau dan ungu menunjukkan posisi tenda dan cottage untuk menyimpan item. Titik S menunjukkan tempat permulaan penjelajahan, dan titik G adalah titik tujuan alias menuju lantai berikutnya.


SHARE
Previous articleTEKKEN Tag Tournament 2 AOU Trailer
Next articleKomik Prekuel Dark of The Moon!

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.