Tekan Tombol “F”... dan Mari Kita Berdansa

Lagi-lagi HTC yang menjadi nama unggulan untuk mengenalkan sebuah software baru. Bisa jadi pilihan Facebook ini karena melihat suksesnya HTC Sense, antar muka kebanggaan HTC pada setiap ponsel mereka, begitu dalam mengintegrasikan data contact dengan jejaring sosial. Entah apa pengembangan baru integrasi tersebut, dengan masuknya dukungan Facebook di tengah team pengembangnya...

Tekan Tombol “F”... dan  Mari Kita Berdansa

[/caption]

Inilah solusi ponsel bagi kamu yang pengen selalu eksis melalui Facebook. Aplikasi khusus Facebook (dengan integrasi yang luas ke dalam antar muka ponsel) menjadi daya jualnya, plus satu yang mungkin banyak ditunggu... Kamu bakal bisa langsung melakukan Facebook Chat melalui kedua ponsel ini. Jika benar software Facebook Chat tersebut dikembangkan langsung oleh Facebook, pasti lebih worth dibandingkan kebanyakan aplikasi pihak ketiga, yang pasti ada saja kekurangannya. Integrasi Facebook yang dalam juga terlukis jelas pada satu tombol shortcut untuk akses langsung ke profil. Tidak dijelaskan kenapa Facebook memilih menggandeng HTC untuk laga perdana dua ponsel dansa ini. Namun saya berasumsi, ingin mengikuti langkah Google yang juga memilih HTC untuk memproduksi Google Phone pertama, Nexus One – walaupun saat itu ternyata Nexus One sedikit gagal di pasaran. Semoga saja duet ChaCha dan Salsa bisa sukses.

[/caption]

HTC Salsa Video Preview

Kedua Facebook Phone dari HTC tersebut mengusung spesifikasi hardware menengah. Prosesornya baru 600 MHz dengan jenis MSM7227 ARMv6 dari Qualcomm,. Dan sayangnya, secara teknis semua tipe ARMv6 belum mendukung animasi Flash dalam web browser-nya. Jadi lupakan target menggunakan kedua ponsel ini untuk memainkan game-game Facebook yang adiktif itu. Selain itu, MSM7227 juga baru mengadopsi GPU Adreno 200. Dipastikan game Android yang membutuhkan kinerja grafis tinggi, agak susah berjalan lancar di sini. Sedangkan konfigurasi RAM dan ROM-nya cukup mumpuni, yaitu 512MB. Keduanya juga sudah mengadopsi dua kamera. Di depan 0,3 megapixel, dan belakang 5 megapixel. Dua kamera mengindikasikan bakal muncul langsung menggunakan versi Android “Roti Jahe.” Spesifikasi lainnya yang serupa dan standar Android, seperti mendukung koneksi 3G, Bluetooth, Wi-Fi, GPS, port audio 3.5, serta radio FM.

[/caption]

Kemudian yang berbeda, seperti terlihat jelas pada gambar adalah desainnya. Salsa mengadopsi layar sentuh, sedangkan ChaCha mengusung keypad QWERTY. Dimensi Salsa lebih kompak, yaitu 58.9 x 109.1 x 12.3 millimetre. Sedangkan ChaCha, 64.6 x 114.4 x 10.7 millimetre. Keduany sama, datang dengan berat 120 gram. Layar Salsa juga lega, diagoalnya 3.4 inchi. Kemudian ChaCha   2.6 inchi. Keduanya berjenis capacitive multi-touch, serta mendukung resolusi 320 x 480 pixel (atau 480 x 320 untuk ChaCha). Dengan penampang yang lebih kecil, dipastikan layar ChaCha bakal lebih detail dan rapat pixel-nya dibanding Salsa.

[/caption]

HTC ChaCha Video Preview

Satu lagi, khusus ChaCha selain layar sentuh, kamu juga bisa mengendalikan antar mukanya menggunakan tombol directional pad di bagian kanan-bawah casing depannya. Tombol akses Facebook sendiri diposisikan di ujung kanan-bawah. Oh ya, untuk mendukung layarnya yang lebih besar, baterei Salsa juga dibuat lebih besar, yaitu 1520 mAh (dibanding 1250 mAh pada ChaCha).

[/caption]

Belum ada kabar kapan pasangan dansa ini dirilis. Pihak HTC sendiri hanya memberikan perkiraan kuartal kedua 2011 ini. Yah, bisa jadi, antara Maret-April nanti, ketika Bumi bakal banyak diinvasi robot Android Roti Jahe (Android Gingerbread versi 2.4, versi update dari 2.3 yang sudah eksis sejak akhir tahun lalu), dan Sarang Madu (Honeycomb) berbagai ukuran. (Ura)

ARTIKEL TERBARU