Invasi Alien di 2011!

Judul : World Invasion: Battle Los Angeles
Studio : Columbia Pictures
Genre : Action, Adventure, Sci-Fi
Sutradara : Jonathan Liebesman
Penulis Naskah : Christopher Bertolin
Pemain : Michelle Rodriguez, Aaron Eckhart, Bridget Moynahan, Lucas Till, Michael Peña, Ne-Yo
Tanggal Rilis : 11 Maret 2011

Inilah film terbaru produksi Columbia Pictures yang bertema tentang invasi alien ke Bumi. Film arahan sutradara Jonathan Liebesman (Darkness Falls, The Texas Chainsaw Massacre: The Beginning, The Killing Room) yang akan menggebrak layar lebar di bulan Maret ini diramal bakal menjadi salah satu film box office tahun ini.

Film ini bercerita pada saat semua orang menjalankan aktifitasnya, bekerja, berselancar dan melakukan kegiatan lainnya seperti biasa tiba-tiba dibuat ketakutan. Kota yang sebelumnya aman tiba-tiba berubah mencekam. Masyarakat dikejutkan dengan sebuah kekuatan besar yang entah berasal dari mana datangnya, secara tiba-tiba dan tanpa ampun menyerang kota Los Angeles.

Saat invasi itu sudah memporak-porandakan kota Los Angeles, marinir setempat menjadi garis pertahanan yang pertama dan terakhir dalam pertempuran hebat melawan musuh yang tidak pernah mereka jumpai sebelumnya dan pada saat itu harapan manusia terletak dibahu seorang staf lokal Sersan Marinir Michael Nantz (Aaron Eckhart) dan satu peleton baru yang belum memiliki pengalaman untuk melawan ancaman semacam itu.

Jangan sampai keliru, bersamaan rilisnya Battle: Los Angeles, dirilis juga mockbuster dari film tersebut dengan judul Battle of Los Angeles. Disutradarai oleh Mark Atkins film ini juga bercerita tentang penyerangan makhluk asing.

Kalau saya melihat trailernya  tampaknya film ini seperti mix antara War of the Worlds, Halo: Reach, dan Independence Day bergabung menjadi satu. Berbeda dengan Independence Day, film ini menyajikan kepada kita sebuah invasi alien dimana Aliennya akan bertempur secara langsung dengan para marinir.

Terinspirasi dari film Black Hawk Down dan United 93, Jonathan Liebesman sebagai sutradara berusaha menampilkan adegan di film ini serealistis mungkin seperti film perang. Chris Bertolini sebagai penulis naskah selain menampilkan pertarungan yang seru juga memasukkan unsur humor dan ketegangan dalam film ini sehingga menjadi satu kombinasi cerita yang menarik. (Reza)

Skyline VS. Battle: Los Angeles

Sekalipun Los Angeles adalah kota yang besar, tapi tentunya tak cukup besar untuk menghadapi dua serangan Alien. Dirilisnya film Battle: Los Angeles dibulan Maret ini juga membawa sedikit permasalahan. Sony Pictures Entertainment berpikir untuk mengambil tindakan hukum terhadap Greg dan Colin Strause (Sutradara Skyline) dan pemilik Hydraulx Filmz (perusahaan visual efek yang dipercaya untuk menangani Battle: Los Angeles).

Sony berpikir kalau Battle: Los Angeles memberikan inspirasi Greg dan Colin Strause untuk membuat Skyline. Sony Pictures mencurigai mereka mencuri ide itu dan menciptakan “Battle Los Angeles” mereka sendiri dengan menggunakan sumber daya yang mereka dapatkan saat mengerjakan Battle: Los Angeles. Dengan menggunakan aktor-aktor yang belum dikenal, menjadikan mereka dapat menciptakan subuah film invasi alien dengan dana yang tidak besar.

Skyline (2010)

Dari pihak yang berlawanan, seorang juru bicara Strauses telah menjawab bahwa, “Setiap klaim tentang ketidakpantasan yang dilakukan sama sekali tidak berdasar. Ini adalah upaya terang-terangan oleh Sony untuk memaksa para pembuat film independen untuk memindahkan tanggal rilis yang telah lama ditetapkan oleh Universal dan Relativitas dan di luar kontrol pembuat film.

Skyline sendiri dijadwalkan rilis empat bulan sebelum Battle: Los Angeles. Dan jika kita lihat, dua film ini memang memiliki tema yang sama tapi dengan dua sudut pandang yang berbeda. Skyline mengambil sudut pandang dari empat pemuda yang berada di L.A. (warga sipil). Sedangkan Battle: Los Angeles mengambil ruang lingkup yang lebih besar dengan sudut pandang dari tentara militer yang berjuang untuk mengalahkan serangan Alien tersebut. Kurang lebih seperti War of The World vs. Independence Day.

Michelle Rodriguez, Jonathan Liebesman (Sutradara Battle: Los Angeles) dan Aaron Eckhart di San Diego Comic Con 2010

Ada Apa Dengan Los Angeles?

Muncul pertanyaan dalam pikiran saya mengenai film bertema tentang Invasi Alien. Mengapa sering menggunakan kota Los Angeles sebagai lokasi penyerangan makhluk asing? Kita ambil contoh: Independence Day (1996), Predator 2 (1990), Skyline (2010), dan yang terbaru Battle: Los Angeles.

City of Los Angeles yang seringkali disingkat L.A , memiliki nama resmi El Pueblo de la Reina de los Ángeles, atau “Kota Ratu dari para Malaikat”, adalah kota terpadat kedua di Amerika Serikat setelah New York City, dan merupakan kota terbesar di California dengan penduduk lebih dari 12 juta jiwa.

Mungkin ini menjadi bahan pertimbangan pembuat skenario untuk menentukan lokasi serangan “makhluk asing”. Selain itu juga Hollywood sebagai pusat perfilman dunia juga berlokasi dikota ini, setidaknya akan sedikit menghemat biaya produksi.


SHARE
Previous articleTombak Legenda yang Menghancurkan Semuanya
Next articleKorban Reboot Selanjutnya…
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.