Dahsyatnya “Duet” Titan dan Leviathan…

Tsunami setinggi 10 meter... dan ini bukan karena efek summon Leviathan.....

Tak ada yang menyangka, ketika Surabaya dilanda hujan dan angin kencang selama hampir 9 jam pada Jumat siang, 11 Maret 2011 lalu, ternyata bersamaan dengan cuaca ekstrem tersebut di Jepang terjadi bencana yang lebih dahsyat. Terjadi di wilayah Sendai pada pukul 14:46 JST (Japan Standard Time, atau sekitar pukul 12:46 WIB), pasca gempa dengan kekuatan 8.9–9.0 Skala Richter (dengan pusat 130 KM di Timur pesisir Semenanjung Oshiki), langsung memicu peringatan tsunami hampir di 20 negara di sekitar Pasifik, termasuk juga wilayah Utara dan Timur Papua, Indonesia.
Namun yang paling parah jelas yang terdekat dengan pusat gempa, yaitu pesisir Timur Jepang, yang disapu ombak tsunami setinggi 10 meter, hingga sejauh 10 kilometer ke daratannya. Efek gempa yang disusul tsunami tersebut menimbulkan kerusakan infrastruktur yang berat bagi Jepang. Dan walaupun yang paling banyak terkena imbasnya adalah wilayah di Timur Laut Jepang, namun karena dua reaktor nuklir pembangkit listrik yang juga meledak dan hancur, sebagian besar wilayah di Jepang harus mengurangi konsumsi listrik untuk mengimbangi berkurangnya daya pembangkit.
Efek tersebut juga dirasakan banyak perusahaan game, yang memiliki layanan online, atau hendak melangsungkan event demo. Beberapa membatalkan atau menunda event tersebut, sementara layanan game online entah ditutup sementara, atau menganjurkan pemainnya untuk berhenti bermain selama jam sibuk. Game tersebut antara lain, Metal Gear Online, yang dihentikan layanan onlinenya sementara waktu, untuk menghemat penggunaan listrik para pemainnya. Langkah sama juga dilakukan Square Enix dengan Final Fantasy XI serta XIV mereka, yang dihentikan selama satu minggu sejak 13 Maret 2011 kemarin. Sebagai gantinya, biaya bulan April selama memanfaatkan layanan online untuk memainkan kedua game tersebut digratiskan.

Sementara para pemain Metal Gear Online, harus puasa berkamuflase...

Demikian juga event demo game yang sudah direncanakan jauh hari, juga dibatalkan atau ditunda menyusul gempa dan tsunami tersebut. Jadwal tersebut harusnya dilangsungkan pada 12 dan 13 Maret. Mereka antara lain, event yang mengiringi peluncuran Yakuza Of the End di Hiroshima dan Osaka, location test (event untuk menguji game arcade yang hendak dirilis) Dragon Ball Zenkai Battle Royal (dibahas di Zigma edisi 100), lalu event demo di Osaka untuk Blazblue Continuum Shift II yang bakal rilis untuk PSP dan 3DS akhir Maret ini, demo Dead or Alive Dimensions, hingga konsepr May’n x Nameless Special Live untuk Valkyria Chronicles 3.
Pembatalan atau penundaan event dan layanan tersebut jelas sebagai bagian bela sungkawa atas korban gempa dan tsunami. Dan bagimu yang juga ingin membantu para korban, namun tidak tahu harus kemana, bisa saja melalui Palang Merah Internasional, yang membuka link sumbangan di sini. (Ura)

Dengan keadaan saat ini, sepertinya semua anggota S.T.A.R.S. Alpha Team difokuskan untuk menyelamatkan korban bencana alam yang selamat...

*UPDATE*

Inilah keadaan Kamurocho yang telah hancur... setting utama serial Yakuza. Kamurocho sendiri diadaptasi dari area Kabukicho di Tokyo... Sama seperti keadaan beberapa wilayah di pesisir Timur Laut Jepang pasca gempa dan tsunami.

Dan seperti prediksi sebelumnya, ternyata rentetan bencana alam Jumat lalu memberi efek berantai di semua lini bisnis Jepang, tak terkecuali perputaran video game. Imbasnya adalah penundaan jadwal rilis beberapa game yang direncanakan muncul pertengahan hingga akhir Maret 2011 ini.
Selain event demonya, ternyata Sega juga menunda perilisan Yakuza Of the End. penerus nadi serial Yakuza yang pertama kali mengusung konsep gabungan survival horror tersebut, harus mundur dari tanggal sebelumnya 17 Maret 2011, hingga hari yang belum ditentukan, alias TBA. Sega memang tidak menyebutkan alasan penundaan tersebut, namun dalam bagian konfirmasi mereka, hanya disebutkan “karena bermacam kondisi.” Bisa jadi, karena semuanya masih terfokus pada penanganan dan pemulihan pasca gempa dan tsunami. Kamu masih bisa merasakan bagaimana gameplay baru Yakuza ini melalui demonya yang dirilis 4 Maret 2011 lalu.
Paling mengejutkan adalah langkah Irem, yang membatalkan pengembangan Disaster Report 4, atau di Jepang disebut sebagai Zettai Zetsumei Toshi 4: Summer Memories. Pasca gempa dan tsunami, banyak yang berspekulasi seri keempat dari game yang mengetengahkan drama dan aksi petualangan di tengah bencana alam tersebut, bakal ditunda perilisannya. Awalnya Disaster Report 4 mendapat rencana rilis pertengahan 2011 untuk PlayStation3 .
Namun rupanya Irem memilih opsi tak terduga, membatalkan pengembangannya, tanpa alasan yang jelas. Bisa jadi, karena kebetulan sekali, seri keempat ini mengangkat bencana gempa bumi dan karaktermu yang berusaha meloloskan diri di tengah infrastruktur yang runtuh, bisa membuat publik Jepang, khususnya mereka para korban yang menderita Posttraumatic Stress Disorder (PTSD, suatu keadaan trauma pasca bencana), makin parah jika mungkin memainkan Disaster Report 4.

Dalam Disaster Report 4, karakter bakal dihadapkan banyak situasi seperti bangunan yang runtuh, atau bahkan terbakar...

Dan kemudian yang kami ketahui hari ini mengumumkan penundaan gamenya adalah Sony, yang menunda perilisan MotorStorm 3 (atau di luar Jepang disebut MotorStorm: Apocalypse) untuk wilayah Jepang. Serial yang selalu singgah untuk mesin Sony tersebut dijadwalkan rilis global pada tanggal 17 Maret 2011. Namun kini game racing off road tersebut ditandai sebagai TBA, alias bakal dikonfirmasikan ulang nantinya. Sony juga menutup banyak pusat layanan dan informasi PlayStation mereka di Jepang, termasuk memberikan peringatan, bahwa sesekali layanan PlayStation Network bakal susah dimasuki, dan beberapa update content juga bakal ditunda perilisannya.
Capcom pun juga terkena imbasnya. Mereka menunda perilisan content download untuk Marvel vs Capcom 3. Content Jill dan Shuma-Gorath yang sebelumnya dijadwalkan masuk PlayStation Store serta Xbox Live Marketplace pada 15 Maret 2011, hari ini dikonfirmasikan ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Pernyataan Capcom tersebut jelas penundaan untuk wilayah Jepang, namun tidak diketahui apakah juga berlaku untuk region lainnya.

Untuk MotorStorm 3 ini, versi US dan Eropanya masih rilis di jadwal yang sama...

Hmm… baru beberapa game, padahal masih banyak rencana rilis game untuk wilayah Jepang Maret ini. Semoga daftarnya tidak bertambah panjang. Saya atas nama semua kontributor Duniaku, juga merasa sedih dan berbela sungkawa sedalamnya atas musibah gempa dan tsunami Jumat lalu. Semoga saja efek “amarah” Titan dan Leviathan, yang juga memicu “melemahnya” Ramuh dengan pasokan listriknya ini, bakal segera pulih.


SHARE
Previous articleKini Amaterasu “Junior” yang Beraksi
Next articleLawan Baru Panda Po!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.