Bencana Jepang Hambat Pasokan Game Tanah Air!

Bencana Gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang benar-benar telah meluluh lantakkan negeri itu. Banyak korban berjatuhan dan infrastruktur yang hancur berantakan, tidak terkecuali bangunan-bangunan besar yang termasuk pabrik didalamnya. Salah satunya adalah perusahaan raksasa elektronik Sony yang menyatakakan telah menutup 6 pabrik utamanya sebagai dampak dari bencana mega dahsyat ini.

Dari total 6 pabrik yang ditutup, 4 pabrik berlokasi di Miyagi dan 2 lainnya di Fukushima. Seperti yang diketahui dua daerah tersebut adalah wilayah yang termasuk terkena dampak paling besar dari gempa bumi dan tsunami yang menerjang Jepang. Sony menghentikan operasi 6 pabrik tersebut karena kerusakan parah yang dialami dan dihentikan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Akibatnya, bisa dipastikan pasokan produk-produk Sony akan mengalami kendala distribusi di tanah air, termasuk produk-produk game yang selama ini diimpor dari negara tersebut (meskipun sebagian di dapatkan dari China). Jadi jangan heran jika hari ini atau beberapa hari ke depan Anda menjumpai retailer-retailer tanah air yang mulai menaikkan harga jual barang-barang mereka, khususnya PSP dan PS3.

Selain Sony, sebelumnya ada pabrikan ternama dari industri otomotif seperti Honda, Toyota, dan Suzuki yang juga mengalami kendala yang sama. Saya berharap semoga saja kondisi Jepang bisa pulih seperti sedia kala dan pasokan-pasokan barang elektronik, khususnya game, bisa normal kembali seperti biasa.


SHARE
Previous articleKinect vs PS Move = 5:1
Next articleDelay Game, DLC, Events, dan Donasi untuk Jepang!

Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.