Delay Game, DLC, Events, dan Donasi untuk Jepang!

Dampak bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang tidak hanya meluluhlantakan kota tersebut, tapi juga telah menggagalkan beberapa agenda penting dari beberapa pengembang industri game, salah satunya adalah Microsoft yang membatalkan event “Kinect Experience Caravan Car Event” yang rencananya start pada 19 maret 2011 dengan mengelilingi beberapa kota di Jepang, seperti Hiroshima, Fukuoka, Chiba, Kyoto, dan Kobe.

Apa spesialnya dari event ini adalah melibatkan sebuah truck besar yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan paling nyaman untuk bermain Kinect. Truck dilengkapi dengan beberapa monitor di dalamnya, sebuah Kinect, dan design ruangan yang begitu nyaman untuk bermain Kinect. Microsoft menegaskan bahwa mereka hanya memproduksi 9 unit truck jenis ini yang tersebar di seluruh dunia. Jadi tahu kan, betapa istimewanya truck ini.

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan tiga produk terbaru mereka yang mengalami delay karena dampak bencana di Jepang. Ketiga produk tersebut adalah Xbox Live 12 Month Gold Starter Kit, Xbox Live 3 Month Gold Membership, dan Dragon Age Origins Awakening (published by Spike). Dragon Age Origins Awakening adalah sebuah expansion untuk Dragon Age Origins yang telah dirilis Januari kemarin. Sesuai rencana, ekspansi ini seharusnya sudah dirilis pada 17 Maret besok untuk PS3 dan Xbox360, namun harus ditunda. Belum ada konfirmasi dari Spike apakah versi PS3-nya juga mengalami penundaan.

Untuk membantu memulihkan kondisi Jepang pasca bencana, beberapa publisher dan developer game juga telah mengulurkan tangannya dengan memberikan sumbangan. Dua diantaranya adalah Sony dan Nintendo yang bergabung dan memberikan sumbangan sebesar lebih dari USD 7 juta. Sebelumnya juga Ada Namco yang mengumumkan telah memberikan sumbangan sebesar USD 1.2 juta.

Berikut adalah daftar lengkap dari beberapa Event, Game, DLC yang mengalami penundaan, serta daftar sumbangan yang telah digelontorkan oleh beberapa perusahaan besar game.

Game dan DLC:
– Motorstorm 3 delayed
– Final Fantasy 11 & 14 servers closed
– Metal Gear Online – Offline
– Yakuza 4 delayed
– Marvel vs capcom 3 DLC delayed

Events:
– Kinect tour cancelled
– Monster Hunter Festival cancelled (along with most other launch and special events)
– Playstation repair service halted
– Disaster Report 4 cancelled by Irem (it started with an earthquake in a major city)
– Dragon Age Origins Awakening delayed
– Xbox Live Gold 12 Month Starter Kit and 3 Month Pack delayed

Donation:
– Techmo Koei – 10 million yen
– Sega 200 million yen + all receipts for 1 week sales of Football Manager handheld 2011 ios
– Nintendo 300 million yen
– Bandai Namco Group 100 million yen + closure of all its arcades to save power
– Arc System Works are looking to making special blueblaze dlc for ps3 & 360 to raise funds for the relief fund.
– Sony 300 million yen + free radios.


SHARE
Previous articleBencana Jepang Hambat Pasokan Game Tanah Air!
Next articleLedgard: Tonggak Awal Fiksi Fantasi Indonesia

Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.