Sekelumit Tentang PS3 Custom Firmware!

Sedikit demi sedikit, PS3 sepertinya bakal segera mengikuti jejak Xbox360 dalam urusan hacking. Setelah jailbreak, kini giliran Custom Firmware yang tidak lama lagi bakal menggantikannya. Tapi jangan keburu senang dulu karena Custom Firmware untuk PS3 masih dalam tahap pengembangan awal. Ini artinya masih perlu banyak waktu ke depan agar custom firmware ini bisa berjalan dengan baik.

Bagi yang belum tahu, metode Jailbreak pertama kali diperkenalkan oleh Geohot, yakni seorang hacker fenomenal yang sebelumnya populer dengan project iPhone jailbreak. Bosan dengan dunia iPhone, hacker bernama lengkap George Hotz ini beralih ke PS3. Hotz tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat menghack PS3. Hotz hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima minggu untuk meng-crack PS3. Tidak berselang lama setelah merilis metode Jailbreak, Hotz pun mulai diperkarakan Sony di pengadilan. Bukannya membuat reda, kasus pertikaian Sony vs Geohot menginspirasi beberapa hacker untuk terus meneruskan perjuangannya. Salah satunya adalah “fair0verflow” yang mendeklarasikan diri sebagai tim pertama yang berhasil memulai pengembangan Custom Firmware di PS3.

Kasus perselisihan Sony vs Hacker kian sengit di pengadilan. Seiring bergulirnya kasus ini, Sony diketahui diam-diam menyertakan sebuah “rootkit” pada update firmware PS3 terbaru. Rootkit disinyalir digunakan oleh Sony sebagai alat untuk mendeteksi keberadaan homebrew di PS3. Bukannya surut, hal ini malah membuat para hacker penasaran, mereka pun mencarikan solusinya dengan segera terhadap rootkit.

Berpijak pada rootkey yang dirilis oleh Sony, para hacker pun memanfaatkannya untuk merilis seperangkat tools yang mengarah pada terciptanya Custom Firmware PS3. Dimulai oleh tim fair0verflow, project ini pun dilanjutkan oleh hacker bernama KaKaRoTo yang berhasil merilis Custom Firmware pertama untuk PS3. KaKaRoTo sendiri menolak jika aplikasi yang ia ciptakan disebut Custom Firmware. Ia lebih senang disebut open source tools yang dapat digunakan untuk menciptakan Custom Firmware versi mereka sendiri.

Seperti yang diucapkan KaKaRoTo dalam akun twitternya, dirinya kurang setuju dengan adanya piracy game. Ia hanya berkomitmen menciptakan sebuah tools yang dapat dimanfaatkan untuk membuat Custom Firmware dengan cara menghack ofisial firmware Sony. KaKaRoTo membiarkan kernel yang ada tidak dalam keadaan termodifikasi, hal inilah yang membuat tools yang ia ciptakan hanya kompatibel dengan homebrew, bukan game bajakan.

Saya kira tinggal menunggu waktu saja hingga kapan para hacker akan merilis Custom Firmware PS3 seperti yang diharapkan. Sony boleh bebas melakukan hack PlayStation Network, namun pemilik PS3 juga bebas melakukan instalasi aplikasi apapun pada mesin mereka.

Berikut jenis CFW yang bisa digunakan dan didownload langsung di internet yang biasanya juga dibarengi dengan tutorial instalasinya.

1. 3.55 Waninkoko V2
2. 3.55 Wutangrza
3. 3.55 Kmeaw
4. 3.41 Hermes

Saya pribadi menyarankan Anda untuk lebih berhati-hati sebelum melakukan instalasinya. Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup saya sarankan untuk tidak sekali-kali mencobanya.


SHARE
Previous articleJalan Panjang Menuju Layar Lebar…
Next articleSony Update v3.60, Ofisial Firmware Anti Hacker!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.