Sony Update v3.60, Ofisial Firmware Anti Hacker!

Sony menepati janjinya untuk terus memerangi para hacker yang terus melakukan modifikasi terhadap PS3. Setelah adanya rootkit yang mereka sertakan pada firmware 3.55, gini giliran update firmware 3.60 yang mereka sebut lebih tidak bersahabat lagi untuk digunakan bagi para hacker (anti-hacking).

Mengapa bisa demikian? Menurut seorang hacker ternama PS3 bernama Kakarotoks hal ini disebabkan karena Sony sudah tidak menyertakan lagi semua loaders pada firmware 3.60. Padahal loader-loader inilah yang selama ini menjadi celah bagi PS3 untuk dapat dihack oleh para hackers. Tentu saja hal ini menepis anggapan banyak orang yang sebelumnya berpendapat bahwa Sony tidak dapat menanggulangi exploit karena kemampuan hardware level yang terbatas. Nyatanya, sangatlah mudah bagi Sony untuk menghentikan segala aktivitas PS3 exploit dengan menggunakan software khusus yang mereka miliki.

Loader apa saja yang sudah tidak disertakan lagi Sony dalam update firmware 3.60 adalah semua loaders seperti  isoldr/lv1ldr/lv2ldr/appldr. namun, Sony masih menambahkan satu loader baru dengan nama lv0.2! belum jelas apa maksud mereka menambahkan loaders ini. Kabar buruknya KakARoToKS sendiri telah menyatakan diri tidak tertarik untuk menanggapi berita ini, dirinya mengaku sudah cukup dengan adanya custom Firmware 3.55 yang dirilis sebelumnya.

Lebih lanjut menurut dirinya, update firmware 3.60 berisikan fitur yang tidak terlalu penting, dirinya sudah cukup puas dengan segala fitur yang disertakan dalam firmware 3.55. “Siapapun yang menyukai homebrew (termasuk saya) sudah cukup puas dengan 3.55, jadi tidak ada alasan untuk berganti firmware,” ungkap Kakarotoks. Apakah ini pertanda buruk bagi game-game baru yang nantinya dirilis menggunakan firmware 3.60? Bisa jadi, karena Sony tentunya tidak tinggal diam dengan adanya exploit yang makin meraja lela.


SHARE
Previous articleSekelumit Tentang PS3 Custom Firmware!
Next articleKinect vs PS Move = 5:1
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.