Custom Firmware Pada PSP Go!

Tanda-tanda bahwa PSP Go bakal bisa di hack sebenarnya sudah lama tercium, cuma belum bisa dipastikan saja akan kebenarannya. Baru kisaran bulan November tahun lalu, banyak orang mulai mendengar bahwa PSP Go sudah bisa dibajak dengan memanfaatkan Custom Firmware bernama 6.20 TN-A HEN karya dari tim Total_Noob.

Hack TN-HEN ini dapat berjalan baik dengan memanfaatkan HBL atau Half Byte Loader serta memanfaatkan demo Patapon 2. Namun yang perlu diingat, penggunaannya tidak sesempurna seperti yang dibayangkan banyak orang sebelumnya, mengingat PSP Go sendiri masih menggunakan motherboard TA-o88 V3 dan OFW rata-rata kepala 6. Jadi, jangan heran jika nantinya PSP Go Anda tidak diperbolehkan untuk dimatikan.

Seiring berkembangnya Custom Firmware untuk PSP Go menyebabkan semakin praktisnya penggunaan hack jenis ini. Tidak disadari, semakin banyak pula variasi Custom Firmware yang telah berhasil dirilis. Sebut saja ISO Loaders Promotheus dan Custom Firmware 6.35 Pro.

CFW 6.35 Pro adalah Sebuah Custom Firmware terbaru yang dirilis oleh sebuah tim yang menamakan dirinya Virtuous Flame. Satu-satunya Custom Firmware yang paling dipercaya untuk memainkan game-game baru yang dirilis oleh Sony. PSP CFW 6.35 PRO kompatibel untuk semua mesin, seperti PSP GO, PSP-3000, PSP-2000, dan PSP-1000!

Berbeda dengan 6.20 TN dan CFW 6.35 v9, CFW 6.35 PRO-A memiliki pola tersendiri dalam menampilkan game, dimana ISO dan CSO ditampilkan langsung lewat XMB (Xcross Media Bar) dan dapat dimainkan langsung dari XMB. Tidak hanya versi A, kabarnya tim Virtuous Flame juga telah menyiapkan revisi terbarunya yang mendukung keberadaan game-game PSX (pops) dan recovery menu. Hingga berita ini saya tulis Virtuous telah merilis Custom Firmware 6.35 PRO-B3 sebagai revisi terbarunya.


SHARE
Previous articleGuide Praktis Untuk Peminat PSP!
Next articleR4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!

Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.