Guide Praktis Untuk Peminat PSP!

Berbicara mengenai Handheld tentu tidak terlepas akan PSP, dan berbicara PSP tentunya tidak bisa terlepas pula akan Custom Firmwarenya. Seperti yang diketahui, tanpa ada PSP Custom Firmware tentu PSP tidak akan bisa sepopuler seperti sekarang. Custom Firmware PSP sangatlah beragam dan terus mengalami update dari waktu ke waktu. Hal ini memang tidak terlepas dari faktor ofisial firmware dari Sony yang juga terus mengalami update.
Untuk Anda yang bingung, berikut saya berikan guide singkat mengenai update Custom Firmware di PSP. Mulai dari Custom Firmware untuk PSP permanen maupun PSP non permanen yang sebelumnya populer dengan sistem Chickhen-nya. Ada juga PSP Go yang mulai mendapatkan perhatian lebih dari para penggemar PSP (seiring menipisnya SKU PSP sendiri yang semakin menipis). Langsung saja, ini dia pembahasannya:

Istilah Penyebutan PSP Permanen dan Non Permanen

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan PSP, tentunya tahu atau paling tidak pernah mendengar dengan istilah PSP Permanen dan Non permanen. PSP permanen adalah istilah yang ditujukan khusus pada PSP yang memiliki sistem hack permanen (dapat memainkan ISO dan CSO yang apabila PSP dimatikan kemudian dinyalakan lagi sistem hacknya masih ada dan gak hilang). Sementara Non permanen adalah sebutan bagi PSP yang apabila power dimatikan kemudian dinyalakan lagi akan mengakibatkan hilangnya custom firmware yang telah terinstal). PSP Non permanen membutuhkan bantuan loader Chickhen yang mana cara kerjanya memanfaatkan exploit yang ada di photo menu. Hal utama yang perlu diperhatikan pada PSP Non permanen adalah dimana mesin tidak boleh dimatikan secara full (sleep mode) atau tidak boleh melepas baterai. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi, tentunya Anda harus melakukan flash ulang mesin.

Pengetahuan Dasar

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara Official Firmware (OFW) dan Custom Firmware (CFW). OFW adalah firmware resmi dari Sony yang disertakan pada PSP saat pertama kali dijual, sedang CFW adalah firmware modifikasi yang membuat PSP dapat memainkan sebuah game bajakan. PSP yang telah dimodifikasi dengan Custom Firmware dapat digunakan untuk memainkan game-game bajakan berformat ISO dan CSO, serta homebrew. Awalnya ada dua Custom Firmware yang beredar yang digunakan untuk PSP, pertama adalah Custom Firmware M33 yang diciptakan oleh seorang hacker bernama Dark_Alex sedang kedua adalah Custom Firmware GEN yang dirilis oleh GEN team. CFW GEN lebih sering mendapatkan update dibandingkan M33 yang sudah lama vakum.

Newbie Guide

Guide ini sengaja saya susun untuk mereka yang belum tahu banyak mengenai Custom Firmware di PSP, Saya buat sesimpel mungkin, agar lebih mudah untuk dimengerti. Dengan membacanya, saya harapkan Anda tidak menjadi orang yang gaptek lagi mengenai hack PSP dan kelak jika berniat membeli PSP, setidaknya Anda mengetahui PSP mana yang ingin dibeli. Cukup perhatikan setiap point yang saya sertakan berikut ini:

1. Hal pertama yang perlu perhatikan dari sebuah PSP adalah Official Firmware-nya. Ofisial firmware adalah firmware bawaan yang disertakan Sony dalam mesin (Default). Untuk mengetahui jenis firmware dari sebuah PSP sangatlah mudah, cukup pergi ke XMB (Xcross Media Bar) masuk ke settings -> system Settings -> system Information. Pada bagian system software Anda bisa melihat jenis firmware yang ada.

2. Pada PSP 3000, jika system software menunjukkan 5.03 atau lebih rendah, hal ini menandakan bahwa PSP Anda dapat di hack, namun jika lebih dari 5.03, sori belum ada hack yang tersedia.

3. Pada PSP 2000, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengidentifikasi versi  motherboard yang ada. Anda bisa memanfaatkan beberapa software gratisan di internet untuk membantu Anda mengenali jenis motherboard mesin. Salah satunya yang cukup populer adalah “PSP ident” yang salah satu syaratnya mengharuskan PSP terinstal firmware 5.03 atau lebih rendah.

4. Jika Motherboard PSP Anda bukanlah versi TA-088 V3, bersyukurlah bahwa PSP Anda bisa di hack secara full (permanen). Namun bagaimana jika PSP Anda adalah kebalikannya atau memiliki versi motherboard TA-088 v3, jangan kuatir masih bisa juga kok cuma PSP Anda diwajibkan sudah terinstal firmware 5.03 atau ke bawah.

5. Lalu bagaimana dengan PSP yang memiliki firmware 5.03 ke atas, yang perlu Anda lakukan ialah memastikan dulu firmwarenya lewat menu system setting. Ada dua hal yang perlu diperhatikan di sini, pertama ialah jika PSP memiliki firmware 4.01 atau lebih maka PSP tidak dapat di hack, namun jika 4.01 kurang, Anda masih bisa menghacknya dengan memanfaatkan Chickhen yang saya sebutkan di atas. Berikut penjelasan lengkapnya:

– PSP 4.01 OFW (Non permanen) = dapat dihack
– PSP 4.01 OFW (Non permanen) = 70% tidak dapat dihack, 30% dapat dihack (hanya untuk PSP yang masih menggunakan motherboard TA-088 v2)
– PSP dengan firmware lebih tinggi dari 4.01 OFW (Non Permanen) = Tidak dapat di hack.


SHARE
Previous articleJack Sparrow Berburu Duyung dan Zombie!
Next articleCustom Firmware Pada PSP Go!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.