R4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!

Berbicara panjang lebar mengenai 3DS memang terasa hambar tanpa menyebutkan sisi hackingnya. Khususnya di tanah air yang mana sudah terbiasa dengan flashcart bajakannya. Team R4 bakal menjawab tantangan para konsumen setia mereka yang menginginkan segera adanya flashcart yang kompatibel untuk 3DS!

R4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!

R4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!

Sambil menunggu kedatangan Nintendo 3DS versi US, tidak ada salahnya kita membahas mengenai hacknya terlebih dahulu. Karena walau bagaimanapun, membahas 3DS secara panjang lebar tanpa adanya hack pendukung akan terasa hambar untuk didengar, khususnya di tanah air yang sudah terbiasa menggunakan flashcart bajakan.

Kabar baik menghampiri penggemar 3DS di tanah air. Dalam tempo beberapa jam sejak 3DS di luncurkan di Jepang, dikabarkan bahwa handheld ini sudah berhasil di hack. Siapa lagi kalau bukan karena tim R4 yang memang telah memantau perkembangan 3DS sejak lama. Namun, ini bukan berarti Anda bisa memainkan game-game 3DS dengan menggunakan flash card ini, karena R4 hanya mendukung game-game NDS lama saja.

R4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!

Hal ini cukup membuat Nintendo khawatir. Untuk mengantisipasinya, Nintendo segera merilis update firmware pertama dari 3DS. Berdasarkan keterangan resmi dari Nintendo, mereka yang memaksakan penggunaan flash card ilegal pada mesin yang telah terupdate dapat mengakibatkan brick permanen. Jika ingin aman, pengguna R4 disarankan untuk tidak melakukan update firmware 3DS terlebih dahulu.

Dari informasi yang ada, munculnya hack ini sendiri disebabkan karena keteledoran Nintendo yang menyertakan “whitelist” dalam 3DS. List ini berisikan daftar nama-nama game yang masih support dimainkan di 3DS. R4 berhasil memodifikasi list ini untuk kemudian digunakan pada flashcart mereka.

Kabar terbaru menyebutkan Team R4 saat ini juga tengah berusaha menyiapkan sebuah flashcart revolusioner yang nantinya bakal kompatibel dengan game-game 3DS. Meskipun banyak pihak menyangsikannya (karena teknologi 3D yang disertakan pada 3DS), secara pribadi saya berharap hal ini bisa menjadi kenyataan. Saya berharap, paling tidak informasi adanya flash cart ini bisa semakin jelas saat versi US 3DS dirilis dipasaran.

ARTIKEL TERBARU