Anak Dewi Matahari “Menerangi” Kegelapan

Judul Game : Ōkamiden
Pub / Dev : Capcom / Capcom
Konsol : DS
Tanggal Rilis : 15 Maret 2011

Sistem Celestial Brush tetap bisa kamu temui di sini

Bagi kamu yang sudah pernah memainkan pendahulunya (Ōkami), pasti akan merasakan atmosfer yang sama ketika pertama kali memainkan game ini. Grafis khasnya yang membuat tampilan game menyerupai lukisan dengan kanvas sangatlah unik. Selain itu juga kamu tetap mengendalikan serigala putih yang merupakan perwujudan dewi matahari, namun di sini serigala tersebut terlihat mengecil. Sebenarnya bukan mengecil, karena dia adalah Chibi (atau Chibiterasu) yang tak lain adalah anak dari Amaterasu.

Gameplay pun tetap sama-sama action dimana kamu mengendalikan Chibi, berinteraksi dengan para penduduk desa, menyelesaikan quest, dan membunuh para iblis kegelapan yang kembali menebar teror di Jepang. Dari menyelesaikan quest, Chibi mendapatkan item-item langka yang bisa jadi meningkatkan kekuatannya.

Sistem gameplay Celestial Brush tetap bisa kamu temui, dan tentunya lebih menyenangkan mengingat kamu akan lebih mudah menggoreskan kuas dengan stylus di layar sentuh DS. Bedanya dengan Ōkami, di sini kamu diberi batasan waktu 30 detik untuk menggoreskan kuas, jadi harus cepat-cepat dan tetap fokus dengan goresannya. Jika kamu menggoreskan dengan cepat, hasilnya akan tipis, tapi jika menggoreskan perlahan maka garisnya akan tebal.

Sistem baru di sini adalah Partner System, mengingat Isshun yang menjadi partner Amaterasu dulu kini tidak bisa menemani Chibi akibat pekerjaannya sebagai Celestial Envoy. Beberapa partner yang bisa diajak bertualang bersama oleh Chibi antara lain Kuni, Nanami, Kurow, dan Manpaku. Partner ini bisa bertarung bersama Chibi, dan di beberapa bagian bisa kamu kendalikan tersendiri (terpisah dari Chibi) untuk mengakses area-area yang tidak terjangkau oleh Chibi. Hal ini cukup sering kamu lakukan untuk bisa melanjutkan permainan.

Salah satu partner Chibi, Kurow

Terkait dengan Celestial Brush, di sini Chibi akan mendapatkan kekuatan Celestial Brush baru dengan mencari para Dewa Celestial beristirahat. Dan kemampuan tersebut tidak langsung didapatkan dari Dewa Celestial yang bersangkutan, melainkan dari anaknya, sama halnya seperti Chibi yang masih anak-anak. Begitu pula dengan partner Chibi, semuanya masih anak-anak.

Semua aspek prekuelnya sanggup dihadirkan dengan baik oleh Capcom di Ōkamiden ini, tanpa menurunkan kualitasnya. Fitur menggoreskan kuas di stylus saya rasa memang menyenangkan, dipadu dengan grafis khas ala kuas membuatnya tampil menarik. Jangan lupakan juga penampilan Chibi dan anak-anak dari para Dewa Celestial yang begitu imut dan menggemaskan, juga menjadi nilai lebih game ini. Gameplay yang simpel namun adiktif juga kelebihan lain game ini. Tentu saja bagi kamu pemain Okami di PS2 atau Wii dulu, jangan lewatkan game ini.


SHARE
Previous articleR4, Flashcart Pertama Untuk 3DS!
Next articleSoftware Lokal Kurang Diminati

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.