Legenda “Hitam” dan “Putih” yang Mengejutkan!

Dev / Pub : Game Freak / Nintendo
Tanggal Rilis : 6 Maret 2011
Platform : DS
Genre : RPG
Skor : A

Tiga Pokemon starter di sini, yakni Snivy, Tepig, dan Oshawott

Pertama kali memainkannya, pasti kamu akan sangat familiar dengan adegan pembukanya, mirip sekali dengan serial Pokemon sebelumnya. Perkenalan seorang Professor Pokemon, apa itu Pokemon, dan menyuruhmu untuk memperkenalkan diri. Dan nantinya kamu disuruh untuk memilih satu dari tiga Pokemon starter yang ada untuk berpetualang menjelajahui region Unova, demi melengkapi daftar Pokedex dan menyingkap misteri di balik keberadaan Tim Plasma.
Formula gameplay-nya sendiri tetap sama, dimana kamu bisa menangkap Pokemon liar yang ditemui untuk melengkapi Pokedex, menaikkan levelnya untuk berevolusi, dan menjelajah dari satu kota ke kota lain untuk bertarung dengan para Gym Leader. Yang membuatnya berbeda adalah banyaknya fitur-fitur baru diaplikasikan ke game ini.
Di sini ada dua tipe pertarungan, yaitu Triple Battle dan Rotation Battle. Triple Battle lebih membutuhkan strategi karena kamu bisa mengganti posisi Pokemon yang sedang bertarung (kiri, tengah, atau kanan), sedangkan Rotation Battle seperti pertarungan pada umumnya dimana Pokemon berhadapan satu lawan satu (dengan total tiga Pokemon yang turut bertarung), namun kamu bisa menukar dengan Pokemon yang sedang standby di belakang.

Kesan 3D lebih tampak di game ini, terutama di Castelia City

Tambahan paling menarik lainnya yaitu C-Gear, yang memudahkanmu untuk berinteraksi dengan pemain lain baik secara lokal maupun global melalui internet (Wi-Fi). Interaksi dengan pemain lain secara lokal melalui sistem IR, dimana kamu bisa saling menukarkan Pokemon, bertarung, saling tukar Friend Code ataupun mengakses fungsi Feeling Check secara instan. Benar-benar efektif dan efisien.
Tidak seperti serial Pokemon sebelumnya, semua Pokemon yang kamu temui di sini semuanya baru. Pokemon dari generasi lama bisa didapatkan setelah menamatkan game ini sekali, menggunakan Poke Transfer. Beberapa mini game juga disertakan di sini, seperti Pokemon Musical (yang mirip dengan Pokemon Contest), Battle Subway (mirip dengan Battle Tower), dan Battle Frontiers.

Berbagai tambahan fitur baru dengan tetap mempertahankan fitur lamanya, menjadikan game ini seri Pokemon terbaik yang pernah ada. Peningkatan grafis yang memaksimalkan kemampuan DS, kemudahan berinteraksi dengan pemain lain, dan hal-hal kecil lain seperti perubahan siklus siang malam dan musim serta tampilan animasi Pokemon yang bergerak saat bertarung, semuanya saya rasa benar-benar memukau, baik untuk penggemar veteran maupun penggemar baru.

Ketiga Pokemon legenda di sini, yakni (dari kiri ke kanan) Reshiram, Kyurem, dan Zekrom. Ketiganya melambangkan Yin dan Yang, serta penyeimbang di antara keduanya (Wuji, dan mereka bertiga juga dikenal dengan sebutan Tao Trio). Putih, abu-abu, dan hitam, ketiganya berperan penting di region Unova.Banyak juga penggemar yang memperkirakan nantinya akan ada game Pokemon generasi kelima terbaruy yang dirilis dengan maskot utama si Kyurem ini (seperti halnya Rayquaza untuk Emerald, atau Giratina untuk Platinum).


SHARE
Previous articleNostalgia Masa Lalu
Next articlePortal 2 Bakal Muncul Setelah Tertunda

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.