Siapkah Kamu Mengubah Sejarah?

Dev / Pub : Atlus / Atlus
Tanggal Rilis : 22 Februari 2011
Platform : DS
Genre : RPG
Skor : A

Menggabungkan konsep RPG Jepang tradisional dengan elemen-elemen baru, seperti itulah gambaran Radiant Historia. Kamu di sini mengendalikan Stock, seorang ksatria pendiam yang berada di tengah peperangan kerajaan Granorg dan Alistel. Ternyata dia memiliki takdir menentukan nasib dunia dengan jalan melintasi waktu melalui White Chronicle yang diberikan oleh Teo dan Lippti.

Node alias percabangan cerita, kamu akan sering berinteraksi dengan node ini untuk mendapatkan sejarah sebenarnya

Mungkin bagi kamu yang pernah memainkan Chrono Trigger akan tahu seperti apa penjelajahan waktu tersebut, namun di game ini ternyata lebih kompleks. Selama skenario berlangsung, kamu akan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang mempengaruhi skenario, sehingga kamu bisa mengakses White Chronicle untuk kembali ke masa lalu atau bahkan kembali ke masa depan. Mengakses salah satu cabang skenario bisa mengubah skenario lain, jadi kamu bisa berpindah-pindah dari satu node (percabangan skenario) ke node lain untuk mendapatkan sejarah yang benar.

Untuk sisi battle-nya sendiri, kamu akan menemui pertarungan standar RPG klasik turn-based namun dengan tambahan unsur strategi. Musuh di sini dibagi dalam grid berukuran 3×3. Tiap karakter memiliki skill unik yang bisa membuat musuh bergeser posisinya, dan jika karakter menyerang satu grid yang berisi banyak musuh, maka semua musuh tersebut akan menerima damage. Semakin sering kamu melakukan hal ini, maka akan semakin banyak poin experience yang kamu dapat.

Selain itu ada juga sistem Change, kamu menukar posisi karakter yang gilirannya aktif dengan karakter lain atau bahkan musuh. Hal ini berguna untuk membentuk combo terhadap musuh, atau mengatur posisi musuh sehingga bisa menghabisi mereka dalam sekejap. Kamu bisa memilih untuk bertarung atau tidak, dengan menghindari musuh yang ada di field. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemampuan khusus seiring berjalannya cerita, seperti menyalakan bom untuk mengakses area-area tertentu.

Tampilan battle Radiant Historia, butuh strategi juga untuk mengalahkan musuh

Jalan ceritanya juga saya rasa cukup dalam, mengingat pilihan Stock di sini akan menentukan nasib dunia, seolah-olah kamu akan ikut merasakan seperti apa memikul beban berat tersebut. Grafisnya juga saya rasa cukup bagus untuk ukuran DS, dan dunia yang bisa dijelajahi juga luas. Selain itu faktor utama lain yang menambah nilai plus game ini adalah musiknya. Ya, kamu bisa mendengarkan alunan musik-musik khas Yoko Shimamura di sini, jadi tidak perlu diragukan lagi bukan? Dengan adanya sistem perjalanan waktu ini membuat nilai replay value-nya tinggi, meskipun terkadang bosan juga melihat dialog yang sama berulang kali (bisa di-skip).


SHARE
Previous articlePortal 2 Bakal Muncul Setelah Tertunda
Next articleDewa Norse ini Berani Tampil Seorang Diri..

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma – sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.