Vocaloid: Para Idola Dunia Virtual

Vocaloid telah merambah ke dalam dunia para gamer. Mulai dari munculnya video game para vocaloid, hingga ke merchandise seperti figurine, nendroid, dan berbagai aksesoris lainnya. Tapi apa itu sebenarnya vocaloid?

Vocaloid: Para Idola Dunia Virtual

Vocaloid awalnya adalah sebuah program singing synthesizer yang dibuat oleh Pompeu Fabra University di Spanyol bekerjasama dengan Yamaha. Software ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah lagu hanya dengan mengetikkan lirik dan melodi ke dalam program. Program ini nantinya akan mencocokkan lirik dan melodi yang dimasukkan dan menirunya menggunakan suara yang telah direkam dalam databank sebelumnya.

Vocaloid: Para Idola Dunia Virtual[/caption]

Vocaloid akhirnya menjadi terkenal setelah Crypton Future Media meluncurkan program Vocaloid 2, yang salah satunya menghadirkan Hatsune Miku. Beberapa user meng-upload videonya di situs video sharing Nico Nico Douga, dan kepopuleran Miku mulai menanjak. Tak lama para vocaloid lain mengikuti jejaknya.

Lagu-lagu dari para vocaloid pun semakin banyak bertebaran di ranah maya. Tidak hanya Miku, vocaloid lain dari seri Vocaloid 2 pun mulai mendapatkan tempat di hati para fans. Mulailah merebak nama-nama seperti Megurine Luka, Kagamine Rin, Kagamine Len, Kamui Gakupo, dan lain-lainnya.

Yang unik dari para vocaloid adalah, mereka diciptakan hanya sebagai program voice synthesizer tanpa ada peran atau personality khusus yang ditetapkan untuk mereka. Hal ini memberi kebebasan bagi para fans untuk membuat personality/ pairing dari vocaloid favorit mereka. Yang lalu mereka tunjukkan dalam bentuk lagu, tentunya.

Vocaloid: Para Idola Dunia Virtual[/caption]

Salah satu contoh yang terkenal adalah hubungan antara Kagamine Rin dan Len. Desainer karakter untuk kedua Kagamine ini tadinya membuat mereka dengan konsep “cermin”, dan karena itu keduanya tampak mirip walau berbeda gender. Dan oleh beberapa fans diartikan bahwa mereka adalah saudara kembar. Tapi masih ada juga fans yang tidak puas dengan hubungan saudara ini dan membuat pairing versi mereka sendiri.

Dan untuk lebih berkenalan dengan para vocaloid, saya tampilkan satu klip lagu dari Megurine Luka, Just Be Friends. Yang kebetulan juga menjadi salah satu favorit saya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU