Vocaloid: Para Idola Dunia Virtual

    Vocaloid awalnya adalah sebuah program singing synthesizer yang dibuat oleh Pompeu Fabra University di Spanyol bekerjasama dengan Yamaha. Software ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah lagu hanya dengan mengetikkan lirik dan melodi ke dalam program. Program ini nantinya akan mencocokkan lirik dan melodi yang dimasukkan dan menirunya menggunakan suara yang telah direkam dalam databank sebelumnya.

    Miku. Awal ketenaran Vocaloid

    Vocaloid akhirnya menjadi terkenal setelah Crypton Future Media meluncurkan program Vocaloid 2, yang salah satunya menghadirkan Hatsune Miku. Beberapa user meng-upload videonya di situs video sharing Nico Nico Douga, dan kepopuleran Miku mulai menanjak. Tak lama para vocaloid lain mengikuti jejaknya.

    Lagu-lagu dari para vocaloid pun semakin banyak bertebaran di ranah maya. Tidak hanya Miku, vocaloid lain dari seri Vocaloid 2 pun mulai mendapatkan tempat di hati para fans. Mulailah merebak nama-nama seperti Megurine Luka, Kagamine Rin, Kagamine Len, Kamui Gakupo, dan lain-lainnya.

    Yang unik dari para vocaloid adalah, mereka diciptakan hanya sebagai program voice synthesizer tanpa ada peran atau personality khusus yang ditetapkan untuk mereka. Hal ini memberi kebebasan bagi para fans untuk membuat personality/ pairing dari vocaloid favorit mereka. Yang lalu mereka tunjukkan dalam bentuk lagu, tentunya.

    Duo Kagamine. Saudara atau...?

    Salah satu contoh yang terkenal adalah hubungan antara Kagamine Rin dan Len. Desainer karakter untuk kedua Kagamine ini tadinya membuat mereka dengan konsep “cermin”, dan karena itu keduanya tampak mirip walau berbeda gender. Dan oleh beberapa fans diartikan bahwa mereka adalah saudara kembar. Tapi masih ada juga fans yang tidak puas dengan hubungan saudara ini dan membuat pairing versi mereka sendiri.

    Dan untuk lebih berkenalan dengan para vocaloid, saya tampilkan satu klip lagu dari Megurine Luka, Just Be Friends. Yang kebetulan juga menjadi salah satu favorit saya.

    


    SHARE
    Previous articlePaket Tour di Raccoon City… Bonus “Umbrella!!”
    Next articleMenelusuri Masa Kelam L.A Pasca Perang…

    Gamer sejak lahir. Ardani telah mengenal dunia game sejak ia belum bisa membaca. Dimulai dari Mario Bros dan Duck Hunt di console Nintendo Entertainment System, kecintaannya akan dunia ini tidak pernah hilang. Selain video game, ia juga sangat senang membaca dan membuat cerita. Ia telah menulis di banyak genre dan beberapa kali mempublikasikannya di internet. Saat ini ia sedang membantu membesarkan dunia Vandaria lewat novel-novel ciptaannya.