Forever in Development…

Kembali dari tidur panjang, Duke?

Lama tidak terdengar gaungnya, Duke Nukem akan kembali! Ya, Duke Nukem Forever ini adalah sekuel langsung dari Duke Nukem 3D, yang dirilis pada 1996 lalu! Lebih dari satu dekade memang bukan waktu yang singkat bagi para penggemar Duke Nukem ini untuk kembali memainkan game ini, dan para penggemar layak berterima kasih kepada Gearbox Software, yang kini tengah mengembangkan game ini untuk PS3 dan X360.

Sebenarnya, kisah pengembangan game ini cukup panjang dan berliku selama satu dekade lebih tersebut. Awalnya, game ini dimulai pengembangannya pada tahun 1997 oleh 3D Realms. Setelah itu, pada tahun 2001, 3D realms belum juga menyelesaikan game ini dan menyatakan bahwa mereka akan merilis game ini pada saat “sudah jadi”. Singkatnya, pada tahun 2009, akhirnya 3D Realms pun gulung tikar karena kesulitan secara finansial, dan game ini pun berpindah tangan ke Take Two. Dan pada akhirnya, setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, pada 3 September 2010, 2K Games mengkonfirmasikan bahwa game ini akan dirilis pada 3 Mei 2011 di US dan 6 Mei di seluruh dunia, serta menyerahkan pengembangannya ke Gearbox Software, pengembang Borderlands.

Duke akan kembali dengan aksi-aksi dan ide konyolnya!

Meskipun banyak fans yang menunggu perilisan game ini, namun game ini (dan juga serial Duke Nukem lainnya) juga sedikit menuai kontroversi karena banyaknya konten yang mengarah ke seksualitas, pornografi dan penggunaan obat-obatan terlarang.  Bahkan, karena kontroversi ini beberapa negara seperti Brazil melarang serial Duke Nukem untuk dipasarkan di negara mereka meskipun di belahan dunia lainnya game ini meraup penghasilan yang cukup besar.

Ya, karena kisah pengembangannya yang sangat panjang dan berliku ini, banyak media yang memberikan judul guyonan untuk game ini seperti Duke Nukem Never, ForNever dan If Ever. Semoga saja kisah pengembangannya bisa berakhir pada Mei nanti, dan kita bisa bernostalgia kembali dengan salah satu franchise game terlaris ini. Akhirnya, Duke Nukem Finish!

"Akhirnya perjalanan panjang saya selesai juga.."

Nostalgia Satu Dekade

Dalam game ini, health kamu akan direpresentasikan dalam sebuah bar yang disebut dengan Ego, dimana seperti game-game shooter lain semacam CoD atau Halo, health bar ini akan terisi dengan sendirinya saat kamu berlindung dari serangan musuh atau mengambil cover dibalik sebuah objek. Kamu bisa menambah maksimal health yang kamu miliki dengan membunuh boss yang ada di setiap area.

Sayangnya, sudah dikonfirmasikan oleh pengembang, jika versi final game ini nantinya tidak memasukkan mode permainan kooperatif, yang dipercaya membantu prekuelnya meraih kesuksesan ketika dirilis lebih dari satu dekade lalu.

Bagi yang ingin bernostalgia dengan tingkah laku khas Duke, kamu tentu bisa melakukannya di game ini, seperti memuji-muji dirimu sendiri didepan cermin. Bukan hanya itu, disalah satu bagian game, kamu juga bisa menemukan sebuah art museum, yang berisi screenshot-screenshot semua game Duke Nukem.

Satu hal lain yang harus kamu ingat saat memainkan game ini adalah Bir! Bir adalah salah satu item “wajib” dalam game ini yang bisa membuat kamu lebih kuat, tetapi dengan konsekuensi pandangan mata kamu akan sedikit kabur (karena mabuk mungkin?). Selain itu, Duke juga memiliki Duke Vision, yang fungsinya hampir mirip dengan Nightvision dalam game shooter lainnya.


SHARE
Previous articleOnline Pass Melanda Arkham City, MK, F3AR!
Next articleKembali Beraksi Memakai Kostum Spidey!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.