Apa yang Telah Kita Lewatkan!!

Empty CinemaTanpa terasa sudah hampir sebulan studio bioskop Indonesia tidak dihampiri oleh film-film papan atas Hollywood. Seperti yang telah diberitakan oleh Febrianto Nur Anwari pada artikel RIP: Industri Film Indonesia dan Jalan Panjang Menuju Layar Lebar, mandegnya suplai film ini dikarenakan tunggakan hutang oleh para pengimpor film.

Sementara itu, para pengimpor film merasa keberatan dengan tingginya pajak yang dibebankan kepada mereka. Alhasil, beberapa importir film terkemuka seperti PT. Camilla Internusa Film dan PT. Satrya Esthetika Film tidak mau memasok film hasil produksi studio papan atas Hollywood. Untungnya, menurut kabar terakhir yang saya baca, problem ini akan selesai pada akhir bulan Maret, sehingga seharusnya pada pertengahan April film-film Hollywood akan kembali menghiasi bioskop Indonesia.

Semoga saja kabar tersebut menjadi kenyataan. Namun waktu telah terbuang dan jajaran film Hollywood tidak akan menunggu para importir film Indonesia untuk merilisnya. Nah selama problem ini berlangsung, film-film apa saja yang telah kita lewatkan dan kemungkinan tidak dapat kita saksikan lagi di layar lebar?

Rango
RangoSutradara: Gore Verbinski
Genre: Animasi – Comedy – Western
Aktor/Aktris: Johnny Depp, Isla Fisher, dan Timothy Olyphant

Berkisah tentang seekor bunglon yang mengembara di gurun Mojave bernama Rango. Perjalanannya membawa ia ke sebuah kota bernama Town of Dirt dimana ia dengan kebetulan menjadi seorang sheriff dan menyelamatkan kota tersebut.

Seperti layaknya Jack Sparrow, tokoh Rango memiliki karakter kocak dan spontan ala Johnny Depp. Dengan setting dunia ala wild west klasik, Rango diharapkan dapat menjadi Jack Sparrow versi animasi yang kembali beraksi dalam sejumlah sekuel. Agar benar-benar memiliki rasa Johnny Depp, gerakan Rango diambil melalui motion capture Johnny Depp.

Saat ini Rango telah diputar di berbagai belahan dunia dan masuk dalam jajaran top ten. Menurut informasi, film ini akan diputar di Indonesia pada tanggal 20 April 2011 nanti.

Sucker Punch
SuckerpunchSutradara: Zack Snyder
Genre: Action – Fantasy
Aktor / Aktris: Emily Browning, Vanessa Hudgens, dan Abbie Cornish

Sebuah film Action Fantasi yang mengisahkan tentang wanita bernama Baby Doll yang mengalami pelecehan seksual oleh ayah tirinya. Baby Doll yang mengalami gangguan mental kemudian dijebloskan ke dalam rumah sakit jiwa.

Di sana Baby Doll memperoleh tindakan Lobotomy, sebuah opersi otak untuk memotong jaringan memori. Akibat tindakan tersebut, Baby Doll masuk ke dalam sebuah dunia fantasi dalam memorinya. Ketika realita dan fantasi semakin bercampur, Baby Doll bersama pasien lainnya berusaha untuk melarikan diri dari rumah sakit tersebut.

Film garapan Zack Snyder rasanya tidak perlu diragukan lagi. Sejak merilis Dawn of The Dead pada tahun 2004, namanya terus melambung bersama 300 dan Watchmen. Sayangnya, sampai saat ini informasi jadwal pemutaran Sucker Punch di Indonesia belum ada.

Paul
PaulSutradara: Greg Mottola
Genre: Sci-fi – Komedi
Aktor / Aktris: Simon Pegg, Nick Frost, dan Seth Rogen

Menceritakan tentang sekumpulan remaja penggemar Sci-fi yang sedang melakukan perjalanan di daerah Nevada, Amerika hingga akhirnya mereka bertemu dengan Paul sang alien. Paul sendiri telah tinggal di Area 51 selama lebih dari 60 tahun. Ketika ia menyadari bahwa ia adalah tawanan sekaligus obyek percobaan, Paul akhirnya melarikan diri dari tempat tersebut dan ikut bersama rombongan pencinta Sci-fi.

Film ini sangat mengingatkan saya akan E.T. karya Steven Spielberg tahun 1982. Menghadirkan suasana road movie dengan unsur komedi yang cukup kental, Paul sebagai E.T. modern lebih diperuntukkan untuk penonton dewasa.

Battle of Los Angeles
Battle of Los AngelesSutradara: Jonathan Liebesman
Genre: Action – Sci-fi
Aktor / Aktris: Aaron Eckhart, Michelle Rodriguez, dan Bridget Moynahan

Salah satu film yang sangat ditunggu di Indonesia dan telah dibahas di berbagai media. Battle of Los Angeles merupakan sebuah film Action – Sci-fi yang berkisah tentang invasi para alien di L.A. Alien yang secara brutal menghabisi manusia memaksa angkatan laut Amerika untuk bertempur melawan mereka.

Selain aksi pertarungan antara manusia dan alien dengan special effect yang sangat tinggi, saya rasa tidak banyak yang dijanjikan oleh film ini. Tapi dibalik itu, Warner Bros, rumah produksi Battle of Los Angeles berharap sangat tinggi pada Jonathan Liebesman. Rumah produksi ini selain mempercayakan budget yang tinggi pada Liebesman, mereka juga mempercayakan judul besar mereka selanjutnya, Wrath of the Titans atau mungkin yang dianggap sebagai Clash of the Titans 2.

Adjustment Boreau
Adjustment BoreauSutradara: George Nolfi
Genre: Romance – Sci-fi
Aktor / Aktris: Matt Damon, Emily Blunt, dan Florence Kastriner

Duet antara George Nolfi sebagai script writer dan Matt Damon sebagai tokoh utama kembali. Jika sebelumnya duet ini dikenal melalui film-film action seperti Bourne Ultimatum dan Ocean’s Twelve, dalam duet kali ini George Nolfi mencoba menyutradarai filmnya sendiri.

Dalam filmnya kali ini, George Nolfi mencoba mendalami kisah romance. Adjustment Boreau mengisahkan percintaan antara seorang anggota senat dan penari balet. Dibalik kisah tersebut, terdapat sekelompok orang yang mencoba menggagalkan cinta mereka karena merasa tidak sesuai. Kelompok ini adalah orang-orang yang telah mengatur takdir sang anggota senat.

Dari kelima jajaran film tersebut, Adjustment Boreau masuk dalam list teratas yang ingin saya tonton. Ekspektasi saya terhadap film ini cukup tinggi mengingat duet Matt Damon dan George Nolfi tidak perlu diragukan lagi.


SHARE
Previous articleApocalyPS3 Now!!
Next articleDetail Karakter Baru Xillia, Elise
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.