Game Rhythm Paling Adiktif!

Judul Game : Patapon 3
Dev / Pub : Pyramid, Japan Studio / Sony Computer Entertainment
Konsol : PSP
Tanggal Rilis : 12 April 2011
Genre : Rhythm

Siap-siap mengendalikan sepasukan Patapon lagi

Bagi kamu yang sudah tidak sabar menantikan kelanjutan Patapon, maka di bulan ini kerinduanmu terbayar. Japan Studio selaku pengembang serial Patapon, bersama dengan Sony Computer Entertainment akan merilis Patapon 3 untuk PSP pada tanggal 12 April mendatang (versi Jepangnya dirilis belakangan, tanggal 28 April). Gameplay yang simpel namun penuh strategi, pasti akan membuatmu ketagihan memainkannya.

Formula gameplay tetap sama seperti pendahulunya, dimana kamu mengendalikan sepasukan Patapon dengan tombol-tombol utama yang diumpamakan sebagai genderang perang. Kamu harus menekan tombol-tombol tersebut dengan ritme yang pas untuk memberi perintah kepada pasukan Patapon tersebut. Tambahan baru di game ini adalah adanya Superhero Patapon (Patapon yang terlihat keren dengan berbagai macam helm unik dan senjata yang lebih bagus), dimana perannya adalah avatarmu yang menabuh genderang perang tersebut. Selain itu, mode multiplayer menjadi fokus utama game ini. Tampilan para Patapon yang unik, dengan lingkungan dua dimensi yang mirip siluet (didesain oleh Rolito) juga tetap bisa kamu temui di sini.

Jalan ceritanya sendiri mengambil setting persis di akhir Patapon 2. Setelah menyelesaikan proyek jembatannya, para Patapon ini menemukan kotak misterius. Saat dibuka, ternyata tujuh arwah jahat terlepas dari kotak tersebut, dan mengubah semua Patapon menjadi batu kecuali Hatapon. Hoshipon berwarna perak dari dalam kotak menghidupkan Hero sebagai Superhero Patapon (dengan topeng unik dan senjata keren). Kemudian mereka pun bertualang untuk mengalahkan semua arwah jahat yang terlepas dari kotak misterius tersebut. (Reyner)

Pata Pata Pon!!

Pada tanggal 6 Januari 2011 lalu, Japan Studio merilis sebuah demo playable di Playstation Store Jepang. Demo tersebut menghadirkan mode campaign single player yang cukup panjang, sehingga memungkinkan pemain untuk mengetahui seperti apa mode campaign nantinya. Saat memulai demo, pemain diminta untuk memilih satu dari tiga hero yang ada (biru, oranye, dan hijau, dengan senjata yang berbeda-beda).

Tutorial di sini mengajarkan bagaimana memainkan game ini. Pemain bisa bergerak dari kiri ke kanan dengan menekan tombol kotak (pata) dan lingkaran (pon) dengan ritme tertentu. Selama berjalan, jika menemukan Patapon lain, maka Patapon tersebut akan bergabung. Di sini juga sistem Fever diperbaharui, dimana unit-unit Patapon yang kamu kendalikan akan semakin kuat dan mendapatkan efek-efek khusus lain jika kamu berhasil menjaga ritme lagu selama permainan berlangsung.

Multiplayer Makin Lengkap

Fokus utama game ini adalah fitur multiplayer-nya. Mode kompetitif dengan pertempuran empat arah kini ditambahkan di dalamnya, untuk mengimbangi sistem kooperatif. Tiap level bisa dimainkan dalam mode multiplayer dengan maksimal jumlah pemain delapan orang. Mode multiplayer ini bisa diakses via internet atau secara lokal dengan handheld PSP lain. Untuk pengembangan karakter, ada sistem poin experience yang bisa meningkatkan level karaktermu di sini.

Siapa Itu Rolito?

Rolito adalah seorang artis yang bertanggung jawab atas desain karakter para Patapon yang unik dan menarik.Nama asli pria berusia 35 tahun ini adalah Sebastien Giuli. Desain para Patapon ini didapat oleh Sebastian yang terinspirasi dengan seni primitif dipadu dengan aspek mistis dan spiritual. Dia sendiri mengakui bahwa aspek tersebut sudah menjadi ciri khas untuk tiap karyanya. Kebudayaan antik yang penuh dengan misteri merupakan hal penting bagi dirinya, dan nilai-nilai itu dia masukkan ke semua karyanya, sehingga hasil karyanya terlihat aneh, unik, namun mengesankan.

Dia sendiri mengatakan bahwa semua karakter yang diciptakannya memiliki kekuatan untuk bercerita, dengan melihat mereka saja maka yang melihat akan bisa merasakannya. Jika diibaratkan, karya-karyanya seperti sebuah dunia di antara dunia anak-anak dan dunia para dewasa, sebuah dunia dimana semuanya menjadi mungkin. Di balik itu semua, ada satu hal yang sangat dijunjung tinggi oleh dirinya, dan dipastikan ada di semua karyanya, yakni simpel. Lihat saja desain para Patapon itu, simpel bukan?

Bagi kamu yang mungkin tertarik untuk melihat lebih dekat sosok Sebastien Giuli yang mampu mempesona dengan desain karakternya yang unik, bisa mengunjungi website berikut ini: http://www.rolitoland.com/; http://blackpolito.blogspot.com/; dan http://rolitoland-blog.blogspot.com/.


SHARE
Previous articleDragon Age Dengan Terapi Mass Effect 2
Next articleKebangkitan Game Fighting Barat?
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.