Kebangkitan Game Fighting Barat?

Judul Game : Mortal Kombat
Dev. / Pub. : NetherRealm / Warner Bross Interactive
Platform : X360, PS3
Release Date : 19 April 2011


Mungkin tidak banyak gamer yang menyadari hal ini, tapi apakah Kamu tahu bahwa satu-satunya game fighting dari Amerika yang saat ini masih eksis di dunia video game adalah seri Mortal Kombat? Memang dari awalnya genre fighting lebih dikuasai oleh game-game dari Jepang seperti Street Fighter, King of Fighter, dan Samurai Spirits. Tapi di tahun 90-an Kamu masih bisa melihat beberapa game fighting dari developer Barat (Amerika) yang mencoba bersaing dengan game dari Jepang. Dari sekian banyak game fighting dari Amerika tersebut, ada satu yang paling menonjol, dan bahkan kemudian menerapkan trend untuk banyak game fighting Amerika lainnya (Killer Instinct, Time Killers, dll), yaitu Mortal Kombat (MK).

Dibuat dengan dua tema utama, kekerasan dan gerakan realistis, MK memperkenalkan dua hal baru dalam dunia game fighting yaitu kebrutalan dari fatality, dan juga para petarungnya yang menggunakan teknologi motion capture. Dua hal ini kemudian membuat nama MK melambung tinggi dan layak bersaing dengan jawara game fighting saat itu, Street Fighter II. Tapi hal ini bukannya tidak dibayar dengan harga mahal, MK sempat hampir dicekal pada tahun 1993, oleh senator Joe Lieberman. Untunglah pada akhirnya hal ini hanya berbuntut terciptanya badan sensor untuk dunia video game Amerika, yaitu ESRB. Sekarang setelah hampir 20 tahun berlalu, seri MK kembali akan menggebrak dengan judul terbarunya, Mortal Kombat.

Mortal Kombat selama ini dikenal dengan gameplay-nya yang sedikit unik dan cukup sulit untuk dikuasai. Selain kombo-kombo dan jurus special yang cara penggunaannya berbeda jauh dari kebanyakan game Jepang, MK juga terkenal minim informasi. Contohnya adalah gerakan fatality-nya yang selama ini tidak pernah dicantumkan dalam move list, dan juga teknik penggunaannya yang rumit (posisi harus tepat lah, harus menahan tombol block lah, pokoknya ribet dah!). Ini menyebabkan MK banyak dijauhi gamer non hardcore. Seri terbaru dari game tarung paling brutal ini mencoba merubah hal tersebut dengan mengusung tema newbie friendly. Mulai dari sistem pertarungan yang lebih disederhanakan, kombo yang dipermudah, sampai dengan informasi lengkap mengenai cara menggunakan fatality, semuanya dibuat agar MK lebih mudah dimainkan oleh banyak gamer.

Lantas bagaimana dengan ciri khas dari seri MK, alias kebrutalannya? Apakah tragedi Mortal Kombat VS DC Universe, yang dijuluki “MK yang dikebiri,” akan terulang kembali? Untungnya tidak! Bukan hanya fatality yang kembali brutal dan penuh darah, sekarang tiap stage juga memiliki stage fatality mereka sendiri, dan gosipnya juga akan ada satu jenis finisher baru. Masih belum puas? Jangan cemas masih ada satu bonus kekerasan lagi dari Ed Boon, yaitu Persistent Damage. Sekarang tiap kerusakan yang diterima oleh tiap petarung akan tampak selama pertandingan berlangsung. Di akhir pertarungan jangan heran jika petarungmu berlumuran darah, dan beberapa bagian tubuhnya menghilang. So, siapkah untuk reboot Mortal Kombat yang semakin ganas ini!? Let’s go… Finish Him!! (Marina, assisted by Leonardo)

1
2
3

SHARE
Previous articleGame Rhythm Paling Adiktif!
Next articleHancurkan Mobil dan Gentong? Kuno Ah!
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.