Awal Mula Kedatangan Reaper

Banyak yang menunggu hadirnya DLC penutup ini... namun sayangnya, ternyata tidak memberikan pengalaman bermain yang bagus. Apa yang membuat Mass Effect 2 Arrival kurang? Masuk saja deh ke artikel ini...

Awal Mula Kedatangan Reaper

Judul Game : Mass Effect 2 Arrival

Dev / Pub : Bioware / Electronic Arts

Platform : X360 / PS3 / PC

Tanggal Rilis : 29 Maret 2011

Genre : Action RPG

 

Awal Mula Kedatangan Reaper

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan DLC terakhir dari Mass Effect 2 (ME2) ini, tapi sayangnya Arrival juga tidak memberikan pengalaman bermain yang bagus bila dibanding dengan DLC ME2 lainnya. Bahkan satu-satunya hal yang menonjol dari Arrival ini (jalan ceritanya) terasa dipaksakan dan sedikit membingungkan. Jika tidak membaca semua pesan yang disebarkan lewat catatan log disepanjang misi dijamin kamu akan kebingungan dengan jalan cerita dari Arrival.

Awal Mula Kedatangan ReaperLalu apa yang membuat Arrival layak untuk dimainkan? Adegan pertarungan di Arrival cukup menantang, selain menerapkan sedikit unsur stealth, porsi aksi dari DLC ini cukup menantang karena selama misi Shepard akan berjuang solo, alias sendirian. Selain itu ada juga beberapa point tertentu dimana Shepard harus melakukan lebih dari sekedar menembak musuh, seperti melindungi dokter Amanda Kenson, atau bertarung hingga titik darah penghabisan.

Awal Mula Kedatangan ReaperSelain itu, jika kamu berencana untuk memainkan ME3, maka saya sarankan untuk memainkan Arrival terlebih dahulu. Karena memang Arrival ini adalah awal dari peristiwa yang terjadi di ME3. Tentu saja jika tidak memainkannya pun kamu dijamin masih bisa memainkan ME3 dengan nayaman, tapi jika sudah menyelesaikan Arrival maka kamu bisa memainkan ME3 dengan modal pemahaman jalan cerita yang lebih baik. Belum lagi, seperti yang sudah dikatakan oleh GrandC di artikel sebelumnya, keputusan yang kamu ambil di Arrival akan menentukan event awal yang kamu temui di ME3.

 

Penulis Skenario Bioware Sedang Cuti?

[/caption]

Anehnya setelah berhasil merilis dua DLC yang sangat menghibur dan layak dapat dua jempol (Lair of Shadow Broker dan Overlord), Bioware malah mengakhiri ME2 dengan DLC yang kurang sempurna seperti Arrival ini. Saya tidak memprotes plot cerita yang mengkisahkan mengenai usaha Shepard untuk menunda kedatangan Reaper menuju galaksi kita, tapi yang saya proteskan adalah betapa linearnya jalan cerita yang ada. Kamu masih diberi berbagai pilihan moral dalam gamenya, tapi pilihan moral ini sama sekali tidak memiliki efek dan tidak bisa mengubah apapun juga. Istilahnya seperti mendatangi pujasera yang semua stand-nya menjual Soto, buat apa ke pujasera jika makanannya tidak beragam? Belum lagi jalan ceritanya sendiri memiliki banyak plot hole disana-sini, seperti mengapa Shepard tidak langsung dibunuh ketika ia tertangkap? Dan mengapa dokter Amanda Kenson malah mengantarkan Shepard ke reaper artifact yang ditemukan? Belum lagi, orang bodoh dari mana yang meletakkan konsol untuk mengontrol robot keamanan di ruangan yang sama dengan ditaruhnya tahanan?

Awal Mula Kedatangan Reaper[/caption]

Jika dibanding dengan DLC lain, Arrival ini termasuk yang paling lemah, kalau saja gratis maka saya bisa memaklumi berbagai kekurangan ini. Jadi keputusanya? Bagi mereka yang bisa mendapatkan DLC ini secara gratis tidak ada salahnya memainkan Arrival guna mengintip peristiwa yang akan mengawali ME3. Tapi jika Kamu harus membayar US $7  (sekitar 55.000 Rupiah), maka saya sarankan untuk melupakannya saja.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU