Detail Terbaru Seri Pamungkas Mass Effect

Menunggu seri pamungkas Mass Effect?
Tidak lama!!


Wajib Tonton Sebelum Mass Effect 3

Beberapa saat lalu, melalui majalah Game Informer, Bioware akhirnya membocorkan beberapa detail mengenai sistem permainan pada Mass Effect 3. Game ini rencananya bakal dirilis pada kuartal keempat untuk PC, Xbox 360 dan PlayStation 3.

Mass Effect 3 diawali dengan cuplikan video pelarian Shepard dari ruangan sidang (atau mungkin penjara) ke pesawat Normandy. Hal ini merupakan konsekuensi dari DLC Arrival. Tergantung bagaimana kamu menyelesaikan Arrival, maka pembukaan game ini juga akan mengalami beberapa varian. Pelarian Shepard ini bukan tanpa halangan. Dia harus bertempur melewati para Reaper yang telah menunggunya.

Selain Shepard, beberapa karakter lain yang ada di prekuelnya juga ikutan muncul. Misalnya saja, Liara T’Soni, Garrus Vakarian, dan Kaidan Alenko atau Ashley Williams (tergantung siapa yang hidup di Mass Effect 1).

Karakter baru yang diumumkan adalah James Sanders. Seperti yang kita tahu sebelumnya, Mass Effect 3 pertama kali diumumkan melalui sebuah video singkat di YouTube. Dalam video tersebut, tampak seorang sniper yang berada di Big Ben Tower (simbol kota London) tengah kewalahan menghadapi serangan Reaper. Apakah James Sanders adalah sniper tersebut?


Two million dead in the first day…
Another Seven million by the end of the first week…
Mass Effect Debut Trailer

Beberapa wajah lama, seperti Legion, Wrex, dan Mordin juga dipastikan akan kembali (tergantung dari hasil Suicide Mission Mass Effect 2), namun kemungkinan tidak akan playable. Bahkan Illusive Man juga sudah dikonfirmasikan hadir dalam game ini. Yang mengejutkan, boss Cerberus ini akan menjadi tokoh antagonis. Karena suatu sebab, dia kini memiliki ambisi untuk menghabisi Shepard. Diperkirakan Miranda juga akan menjadi musuh yang tangguh.

Satu fakta yang menarik dari Mass Effect 3 adalah, game ini dipastikan bakal mengambil lokasi di Bumi. Tidak seperti kedua seri sebelumnya yang membawa pemain ke berbagai planet lain di angkasa, tanpa menyentuh Bumi. Seperti yang kita tahu di akhir Mass Effect 2 (dan DLC Arrival) kemarin, bahwa Reaper sudah tiba. Tujuan mereka adalah Bumi.

Alur cerita dalam game ini pun diklaim semakin menarik dengan serangkaian misi lebih besar. Akhir cerita juga akan beragam, bisa berakhir buruk atau berakhir bahagia. Semua ini tergantung sikap karakter sepanjang permainan.

Yang perlu digarisbawahi adalah fitur save transfer, di mana sekali lagi pemain dapat mentransfer file Mass Effect 2 untuk melanjutkan Mass Effect 3 sesuai dengan pilihan-pilihan di game sebelumnya. Hal ini akan membawa sekitar 1000 variable berbeda. Bahkan beberapa pilihan dari Mass Effect 1 (dan tidak berdampak pada Mass Effect 2) baru akan terlihat efeknya di Mass Effect 3 ini. Harus diwaspadai, jika Shephard mati dalam Suicide Mission, maka pemain tidak dapat mentransfer filenya.

Mass Effect 3 dijanjikan akan memiliki aspek RPG yang lebih kaya dibanding seri kedua, namun tetap tidak se-hardcore Mass Effect pertama. Skill tree, modifikasi senjata, eksplorasi, dan banyak hal lain akan dirombak total. Mining, yang amat dibenci, mungkin tetap akan dipertahankan, namun dengan kadar yang minimalis.

Mass Effect 3 akan dirilis pada musim liburan 2011. Sudahkah kamu selesaikan Mass Effect 2 beserta DLC-nya?

 

Beberapa scan dari Game Informer:

 

Ashley Williams kini berambut panjang... mirip Miranda?
Tim Mass Effect 1: Shepard, Liarra, dan Kaidan
Tak hanya Human Husk, nantinya juga ada Batarian Husk!

SHARE
Previous articleDaging Monster untuk Menghilangkan Kutukan
Next articleTema Unik Hasilkan Cerita Menarik
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.