Hebat… Bejeweled Saja Tidak Cukup!

Seperti yang sudah Kamu ketahui, Blizzard berencana untuk merilis empat peta kustom buatan mereka sendiri untuk SC II. Tiga dari peta ini sudah bisa dinikmati yaitu Starjeweled, Aiur Chef, dan Left 2 Die, sementara itu peta terakhir, Blizard Dota masih belum dirilis juga. Selagi menunggu kedatangan Blizzard Dota, kali ini saya ingin membagi beberapa tips dan trick untuk map kustom favorit saya, yaitu Starjeweled. Jangan remehkan gameplaynya yang terlihat sederhana, karena walaupun Kamu ahli bermain Bejeweled, tapi jika tidak memahami fungsi dari tiap unit yang ada di Starjeweled, maka dijamin Kamu akan sering kalah terutama jika bermain dua lawan dua. Ok langsung saja kita lihat satu persatu unit yang ada di game ini dan bagaimana Kamu bisa menggunakannya dengan efektif.

 

Photon Canon

Energy Cost: none

Kuat Melawan: Semua unit kecuali Immortal dan Siege Tank

Lemah melawan: Immortal dan Siege Tank

 

Unit yang satu ini tidak bisa Kamu bangun/summon, ketika memulai permainan Kamu akan langsung memiliki empat photon canon yang ditempatkan dalam posisi fix. Photon Canon hanya memiliki dua kelemahan yaitu Immortal dan Siege Tank, kedua unit ini bisa mengurangi HP dari Photon Canon dengan sangat cepat, terutama Siege Tank.

 

Marine

Energy Cost: none

Kuat Melawan: tidak ada

Lemah melawan: semua unit

 

Marine adalah unit terlemah di Starjeweled. Kamu tidak bisa membangunnya dengan sengaja dan ia juga tidak membutuhkan energy cost. Marine akan otomatis tersummon ketika kamu berhasil mencocokkan tiga jewel atau lebih. Jumlah Marin yang dikeluarkan tergantung dari jumlah jewel yang dicocokkan (semakin banyak jewelnya, maka semakin banyak juga Marine yang dikeluarkan). Walaupun memang tidak terlalu berguna tapi kamu harus selalu berusaha mengeluarkan Marine sebanyak-banyaknya, karena itu juga berarti persediaan energy mu akan selalu terisi.

 

Zealot

Energy Cost: 50

Kuat Melawan: Roaches, Hydras, Siege tanks, Immortals, Ultralisks

Lemah melawan: unit udara, Ghosts, Colossi

 

Zealot termasuk salah satu unit paling multi fungsi di Starjeweled. Ini karena cost Zealot sangat murah (paling murah bahkan) dan ia kuat melawan banyak jenis unit yang costnya jauh lebih besar. Walaupun begitu, Zealot memiliki satu kelemahan fatal, yaitu HP-nya yang sedikit, dan lemah melawan Psionic Storm. Digabung dengan fakta bahwa ia hanya bisa menyerang secara melee, Zealot sering kali hancur dulu sebelum bisa melukai musuh. Tapi sekali lagi, Zealot sangat cost efektif, dan mampu melawan unit-unit lain yang jauh lebih mahal darinya. Saran saya, gunakan Zealot jika Kamu yakin musuh baru saja menggunakan Psionic Storm atau tidak memiliki energy yang cukup untuk menggunakannya

 

Roaches

Energy Cost: 75

Kuat Melawan: Hydras, Ghosts, Colossi

Lemah melawan: unit udara, Zealots, Siege Tanks, Immortals, Ultralisks

 

Sedikit lebih mahal, tapi Roaches memiliki HP dan daya tahan yang lebih besar dari Zealot. Memang sih Roaches tidak memiliki kemampuan untuk mengcounter unit sebanyak Zealot, tapi untuk harga 75 energy, unit ini merupakan tanker yang cukup bagus. Belum lagi ia memiliki serangan range dan cukup kuat melawan Psionic Storm. Saya pribadi lebih menyukai Roache dibanding Zealot karena paling tidak musuh tidak bisa membasmi semua Roach saya dengan satu tembakan Psionic Storm.

 

 

Hydralisk

Energy Cost: 100

Kuat Melawan: Siege tanks, Immortals, unit udara

Lemah melawan: Zealots, Roaches, Ghosts, Colossi, Ultralisks

 

Hydralisk memiliki jarak serangan yang cukup jauh dan juga serangan yang kuat (DPS-nya tinggi). Unit ini sangat cocok untuk melawan unit udara seperti Mutalisk dan juga Banshee. Sayangnya Hydralisk cukup mudah untuk di counter, selain lemah terhadap 5 unit lain, Hydralisk juga sangat lemah terhadap Psionci Storm. Saran saya, jangan gunakan Hydralisk untuk menyerang, gunakan saja unit ini jika musuh menyerang dengan unit udara, atau jika Kamu ingin menyerang dengan Immortal ataupun Siege Tank (berfungsi untuk menjaga kedua unit tersebut dari unit udara) yang sangat lemah melawan unit udara.

 

Ghost

Energy Cost: 100

Kuat Melawan: Zealots, Hydralisks, unit udara

Lemah melawan: Roaches, Siege tanks, Immortals, Colossi, Ultralisks

 

Unit ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Hydralisk, yaitu untuk menangkal unit udara. Sayangnya, sama seperti Hydralisk, Ghost juga lemah melawan banyak unit lain, dan juga akan langsung mati jika terkena Psionic Storm. Walaupun mirip, tapi saya lebih memilih untuk menggunakan Ghost daripada Hydralisk, ini karena kelemahan Ghost lebih sedikit, dan ia juga kuat melawan Hydralisks. Sama seperti Hydralisks, jangan gunakan unit ini untuk menyerang, kecuali jika kamu sedang ingin mengawal unit lain yang lemah terhada serangan udara.

 

Mutalisk

Energy Cost: 200

Kuat Melawan: Unit yang tidak bisa menyerang udara

Lemah melawan: Unit yang bisa menyerang udara

 

Ini adalah salah satu unit favorit saya. Mutalisk sangat mematikan jika melawan banyak unit lemah yang bergerombol. Ini karena serangannya mampu memantul dari satu unit ke unit lain. Ia juga kuat melawan dua unit paling mahal di Starjeweled, yaitu Colossus dan Ultralisk. Sayangnya ia sangat lemah melawan Psionic Storm, dan juga kurang bisa mendamage Photon Canon dengan efektif. Tapi saya lebih menyarankan Mutalisk dibanding Banshee. Mutalisk juga adalah pilihan yang cukup bagus untuk membuka serangan, terutama jika musuh mencoba merush mu dengan banyak unit murah (Zealot, Marine, Roach)

Banshee

Energy Cost: 250

Kuat Melawan: Unit yang tidak bisa menyerang udara

Lemah melawan: Unit yang bisa menyerang udara

Saudara tiri dari Mutalisk, Banshee juga adalah unit udara di Starjeweled. Jika Mutalisk ditujukan untuk melawan banyak unit lemah yang tidak bisa menyerang udara, maka Banshee ditujukan untuk melawan satu unit kuat yang tidak bisa menyerang udara. Oleh karena itu Banshee sangat efektif ketika melawan Colossus ataupun Ultralisk. Walaupun Banshee lebih tahan terhadap Psionic Storm, tapi saya lebih memilih Mutalisk, karena harga Banshee lebih mahal dan ia hanya berfungsi secara maksimal jika musuh mengeluarkan unit dengan HP tinggi (yang lebih jarang disummon daripada unit murah)

 

Siege Tank

Energy Cost: 300

Kuat Melawan: Roaches, Ghosts, Immortals, Colossi, Ultralisks, Photon canons

Lemah melawan: Zealots, Hydralisks, unit udara

 

Siege tank adalah satu dari dua unit yang dikhususkan untuk melawan Photon canon. Memang mereka juga masih bisa melawan unit lain dengan efekttif, tapi Siege tank paling berguna jika sedang menyerang Photon canon. Siege tank memiliki keunggulan di jarak tembaknya yang jauh, ia bahkan bisa menembak Photon canon dari jarak yang cukup aman. Tapi di lain pihak pertahanannya cukup lemah, dan ia kurang bisa melawan unit melee dalam jumlah banyak. Siege tank yang dikawal oleh Mutalisk merupakan kombo pembuka yang cukup bagus.

 

Immortal

Energy Cost: 300

Kuat Melawan: Roaches, Ghosts, Colossi, Photon canons, Siege Tank

Lemah melawan: Zealots, Hydralisks, unit udara

 

Jika Siege tank dikhususkan pada jangkauan yang jauh, maka Immortal lebih memusatkan diri pada pertahanan. Kedua unit ini bisa memberikan damage yang sama besar pada Photon canon, tapi bedanya Siege tank bisa melakukan hal ini dari jarak aman, sementara Immortal harus mendekat. Disis positifnya, Immortal jauh lebih kuat dalam melawan unit, ini dikarenakan ia memiliki armor khusus yang bisa menyerap dua serangan. Immortal terutama sangat kuat ketika melawan unit yang memiliki kekuatan serangan besar tapi kecepatan serangan lambat. Saya sendiri kurang menyukai Immortal, Siege tank jauh lebih efektif dalam menghancurkan Photon canon (walaupun lebih cepat hancur).

 

Colossus

Energy Cost: 500

Kuat Melawan: Zealots, Hydralisks, Ghosts

Lemah melawan: Roaches, Siege tanks, Immortals, Ultralisks, unit udara

 

Unit termahal di Starjeweled. Colossus memiliki HP yang cukup besar dan jangkauan serangan yang cukup jauh, tapi keistimewaan Colussus bukan pada dua hal tersebut, melainkan pada kemampuannya untuk melakukan serangan splash yang AoE-nya cukup besar. Sayangnya Colossus sangat rentan pada unit udara, dan mereka juga biasanya sering menjadi target dari spell Warp Cell. Mereka yang baru saja memainkan Starjeweled pasti akan berusaha untuk membuat Colossus atau Mutalisk sebanyak-banyaknya, hal ini salah besar, karena walaupun memang kuat, tapi Colossus mudah diatasi dengan menggunakan Warp Cell dan unit udara. Oleh karena itu saran saya selalu kawal Colossus dengan minimal dua unit anti udara (Ghost atau Hydralisk)

 

Ultralisk

Energy Cost: 500

Kuat Melawan: Roaches, Hydralisks, Ghosts, Colossi

Lemah melawan: Zealots, Siege tanks, Immortals, unit udara

 

Ultralisk bahkan memiliki HP yang lebih besar dari Colossus, unit ini adalah tanker paling baik di Starjeweled. Ultralisk memikiki serangan melee dengan efek splash sama seperti Colossus. Sayangnya karena memiliki serangan melee, Ultralisk lebih tidak efektif untuk melawan Photon canon, apalagi unit ini memang lebih memprioritaskan untuk memukul unit lain dari pada memukul Photon canon. Saya sendiri lebih memilih menggunakan Colossus dibanding Ultralisk, tapi jika Kamu memerlukan tanker guna melindungi Siege Tank, maka Ultalisk adalah pilihan yang bagus. Utralisk terutama sangat efektif bila dikombo dengan spell healing wave.


SHARE
Previous articleAwal Mula Kedatangan Reaper
Next articleMencapai Level 85 Tanpa Membunuh Monster dan Menyelesaikan Quest
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.