Awas, Jangan Salah Beli!!

Transformers? Nope!

Pernahkah kamu mendengar istilah Mockbuster? Bagi penggemar berat film Hollywood, pasti sangat paham dengan istilah ini. Namun, tidak sedikit pula banyak orang yang belum mengerti, apa sebenarnya mockbuster tersebut? Nah, disini saya akan coba sedikit menjelaskan arti dari mockbuster tersebut.

Singkatnya, Mockbuster adalah sebuah film “plesetan” dari film Hollywood dengan judul yang nyaris sama. Mockbuster sendiri bukanlah sebuah istilah resmi, namun dikarenakan banyak judul film-film dibawah ini yang dirilis dengan “membonceng” popularitas film blockbuster-nya, maka jadilah daftar film ini disebut dengan Mockbuster oleh banyak penggemar film. Lantas, apa sih sebenarnya Mockbuster ini?

Jika kamu mengatakan film-film dibawah ini hanya “mendompleng” ketenaran film-film blockbuster-nya, maka anggapan tersebut tidak salah. Banyak studio yang memproduksi film-film ini dengan tujuan tersebut. Itu pula asalan mengapa banyak judul mockbuster ini sangat mirip dengan judul film blockbuster-nya. Selain itu, ciri khas lain dari film mockbuster ini adalah mereka tidak pernah mengunjungi layar lebar, jadi mereka murni diproduksi untuk konsumsi home cinema saja (dalam format DVD atau Blu ray). Ciri lainnya, tentu saja budget yang digunakan untuk memproduksi film ini jauuuuh dibawah budget yang digunakan untuk memproduksi film blockbuster-nya. Itulah mengapa, banyak (atau hampir semua) film-film mockbuster bisa dikatakan kualitasnya sangat rendah, dan juga pemasukannya pun sangat sedikit.

"Rajanya" Mockbuster...

Oiya, tahukah kamu, bahwa ada satu alasan cukup menggelikan dari pihak studio film-film mockbuster ini? Mereka membuat judul yang sangat mirip dengan film blockbuster karena mereka berharap bisa meraup pendapatan dari orang-orang yang melakukan “kesalahan” dengan mengira film mereka adalah judul film blockbuster yang mereka cari, lantas akhirnya tentu membeli judul tersebut. Hehe..

Berikut ini adalah beberapa judul Mockbuster yang cukup dikenal di dunia Hollywood, dan lucunya lagi, mereka datang dari satu studio yang sama, yaitu The Asylum!!

Transmorphers (2007) dan Transmorphers: Fall of Man (2009)

Dilihat dari judulnya, tentu kamu sudah tahu bukan film apa yang mereka dompleng ketenarannya? Salah satu Mockbuster paling “komplit” karena menggabungkan plot dari beberapa film sekaligus, yaitu The Matrix, The Terminator, Aliens, dan Starship Troopers. Jika Transformers menghabiskan budget hingga US $150 Juta dan Transformers: Revenge of The Fallen menghabiskan budget sampai US $200 Juta, coba tebak, berapa budget film ini? Untuk membuat Transmorphers, The Asylum hanya mengeluarkan dana sekitar US $300.000, dan untuk sekuelnya, mereka bahkan tidak mau merinci berapa budget yang sudah dihabiskan! Tentu, dengan hanya menghabiskan budget sebesar itu, nama-nama yang mengisi peran dalam film ini juga termasuk aktor dan aktris medioker. Mungkin, hanya nama Bruce Boxleitner saja yang termasuk aktor papan atas, karena pernah mengisi peran dalam Tron dan Tron: Legacy.

The Da Vinci Treasure (2006)

Selain pandai dalam membuat “kloning” film blockbuster, The Asylum rupanya juga pandai membaca peluang. Sadar bahwa novel The Da Vinci Code sangat laris di pasaran, dan film adaptasinya juga akan meraup hasil serupa, mereka pun segera membuat mockbuster-nya, dan dirilis pada bulan yang sama dengan bulan perilisan film blockbuster-nya. Bukan hanya itu, mereka juga mengadopsi beberapa elemen cerita dari novel tersebut, terutama mengenai misteri dari hasil karya Da Vinci, yang merujuk pada salah satu harta karun terbesar di dunia. Untuk budget-nya? Lagi-lagi The Asylum tidak mau membeberkan berapa budget yang mereka gunakan untuk membuat film ini. Malu karena budget-nya terlalu kecil?

Pirates of The Treasure Island (2006)

Meskipun The Asylum mengatakan bahwa film ini bukan merupakan kloningan dari Pirates of The Caribbean, namun banyak kritikus film yang menganggap film ini merupakan mockbuster dari Dead Man Chest, karena memiliki beberapa kemiripan plot cerita. Menurut The Asylum, dalam membuat film ini mereka mengadopsi ceita dari novel Treasure Island, yang dikarang oleh Robert Luis Stevenson. Mendompleng atau tidak, yang jelas film banyak yang menganggap film ini sangat mirip dengan Dead Man Chest.

 

 

The Terminators (2009)

Meskipun mengambil judul yang sangat mirip dengan film yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger (hanya kelebihan huruf S saja di akhir judul!) namun film ini mengambil plot cerita dan event yang “sedikit” berbeda dengan film The Terminator yang dirilis pada tahun 1984 lalu. Bahkan bisa dibilang film ini sendiri mengambil plot yang hampir mirip dengan Battlestar Galactica, dimana sekelompok orang harus menghentikan sekelompok cyborg yang ingin menghancurkan umat manusia. Lantas mengapa film ini disebut dengan mockbuster? Hal tersebut dikarenakan film ini sendiri dirlis hanya satu bulan sebelum perilisan film Terminator Salvation, film keempat dari franchise Terminator.

 

Battle of Los Angeles (2011)

Yap, inilah mockbuster paling baru yang dirilis oleh The Asylum, dan sangat mengecoh orang-orang yang ingin menonton Battle: Los Angeles dengan cara men-download file-nya, atau terkecoh saat ingin membeli DVD-nya. Ya, karena carut marut pajak yang melanda industri film Hollywood di Indonesia, banyak orang yang langsung men-download film ini saat film ini muncul di internet, dan mengira film ini adalah Battle: Los Angeles yang mereka cari. Bisa dibilang, film ini bahkan menjadi sekuel dari Battle: Los Angeles, dimana film ini mengisahkan Alien yang kembali ke bumi setelah kekalahan mereka saat terjadinya pertempuran di Los Angeles pada tahun 1942 silam. Jadi hati-hati ya, jika kalian ingin download film di internet, pastikan yang kalian download tidak ada kata “of” nya!

Almighty Thor (2011)

Jika kalian “suka” dengan judul-judul diatas, maka bersiaplah untuk menyambut film terbaru dari The Asylum bulan depan. Untuk “menemani” perilisan dari Thor, mereka pun dengan cepat segera membuat mockbuster-nya dengan judul Almighty Thor ini. Jika Thor dirilis di US pada 6 Mei 2010, maka film ini sedikit “terlambat” dengan dirilis pada 10 Mei 2010 ini. Film ini sendiri mengisahkan perjuangan Thor, yang harus menyelamatkan bumi dari kiamat setelah Loki berhasil menghancurkan Valhalla. Ingin tahu siapa yang membintangi film ini? Cody Deal, Patricia Velasquez, dan Kevin Nash. Velasquez sendiri sebenarnya sudah cukup lama malang melintang di Hollywood dengan membintangi beberapa judul antara lain The Mummy dan The Mummy Returns, lantas Kevin Nash sendiri adalah mantan juara WCW lima kali, dan WWF satu kali. Jika dibandingkan dengan judul-judul lainnya, sepertinya pemeran dalam film ini sedikit lebih “mentereng” yah..

Setelah membaca-baca artikel diatas, apakah beberapa judul film di Indonesia yang hampir mirip dengan judul film blockbuster (entah story-nya, judul film-nya, atau bahkan posternya) bisa juga dikatakan mockbuster juga yah?

Whaddaya think?

SHARE
Previous articleSedikit Update Gameplay Gungnir
Next articleDampak Radiasi Nuklir Bagi Manusia
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.