Jerry Lawson Meninggal Dunia

Nama Jerry Lawson sekarang memang tidak begitu dikenal dalam dunia video game. Bahkan jika dibandingkan dengan Hironobu Sakaguchi, Hideo Kojima, ataupun Peter Molyneux, tentu para gamer lebih mengenal nama-nama tersebut. Namun Jerry Lawson merupakan seorang tokoh penting dalam sejarah video game.

Gambar Jerry2 Jerry Lawson merupakan seorang pionir dalam awal perkembangan video game. Di awal tahun 70an, Lawson menciptakan sebuah mesin Arcade di garasinya yang kemudian dioperasikan di salah satu restoran pizza di California. Arcade buatan Lawson dianggap lebih baik dari Arcade lainnya sebab memiliki pengaman lubang koin. Pengaman ini mampu menggagalkan aksi para gamer yang mencoba memainkan Arcade secara gratis. Lawson kemudian bergabung dengan VES dan menjadi engineer cartridge konsol game pertama yang memiliki fitur pause di tahun 1976. Pada tahun 1980, Lawson mendirikan Videosoft dan membuat sejumlah judul game untuk konsol Atari 2600. Lawson juga sempat memperoleh penghargaan pada GDC kemarin. Lawson akhirnya harus menutup pada tanggal 9 April 2011 di usia 70 tahun karena sebab yang belum diketahui.


SHARE
Previous articleSaatnya Game Facebook Lebih Dewasa…
Next articlePhyrexia Memenangkan Pertarungan di Mirrodin
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.