Crossover Impian… Street Fighter X Tekken

Judul Game : Street Fighter X Tekken
Developer /Publisher : Dimps / Capcom
Genre : 2D Fighting
Platform : X360 / PS3 / PC
Release Date : TBA 2012

Serial Tekken dan Street Fighter merupakan dua diantara banyak game fighting terpopuler yang ada di dunia. Dan kurang lebih setahun lalu, pihak Capcom dan Namco Bandai pun mengumumkan crossover dari kedua game tersebut, yang berjudul Street Fighter X Tekken (SFXT).

Mengambil basis Street Fighter 4 (SFIV), maka tak heran jika SFXT masih menggunakan engine yang sama seperti SFIV, yang menggunakan style 2.5D, terkesan animasi, model karakternya pun secara keseluruhan masih sama. Bahkan karakter pun dapat menggunakan EX Move layaknya SFIV.

Masuk ke gameplay, barulah terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Di sini player diharuskan untuk bertarung secara “2 player tag team,” seperti pada Tekken Tag. Namun berbeda dari Marvel vs. Capcom 3 (MvC3), apabila salah satu karakter KO, maka di sini dianggap KO secara keseluruhan. Dan juga apabila player melakukan switch karakter, maka karakter yang digantikan tidak mendapat regenerasi health sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh approach Capcom untuk membuat game fighting yang lebih hardcore, berbeda jauh dari MvC3 yang bahkan bisa dimainkan oleh noob yang baru pertama kali memainkan game fighting sekalipun.

Kesamaan lain dengan serial MvC adalah, kini player dapat mengeluarkan Launch Attack dengan menekan 2 tombol serangan kuat. Dan apabila player cukup cepat, maka player dapat memanggil partner, untuk melakukan serangan tag pada lawan.

Kontrol pun juga mendapat modifikasi istimewa. Seperti yang kita ketahui, serial SF menggunakan layout 6 tombol yang menitikberatkan pada serangan projektile dan lompatan. Sementara Tekken memakai 4 tombol yang memfokuskan pada juggle, yang membuat lawan mengalami bounce. Dan dalam SFXT ini, pihak Capcom pun tak ingin membuat para player Tekken kesulitan, dengan cara memilih gerakan 4 tombol dari Tekken, dan di-‘map’-kan di face button. Metode seperti ini juga membantu untuk latihan dengan 4 tombol dulu, dan jika dirasa mampu, player pun dapat menggunakan 2 tombol tambahan tanpa kesulitan. Dan berkat modifikasi inilah pengalaman yang benar-benar fresh pun hadir. Seperti player SF, kini dapat mem-bounce musuh ke lantai dan menyerangnya. Atau, player Tekken dapat melihat karakter favoritnya meloncat tinggi.

Roster yang baru diumumkan sejauh ini adalah Ryu, Ken, Chun Li, Guile dan Abel dari SF, serta Kazuya, Nina, King, Marduk dan Bob dari Tekken. Level yang ditampilkan pun baru sebatas kuil dan Jurassic Park, dengan Alex sebagai background-nya. Dan rasanya level pun akan menjadi dinamis layaknya desain level dalam serial Dead or Alive.

Akhir kata, jika pihak Dimps dan Capcom bisa mensinkronisasikan elemen terbaik dari SF dan Tekken dengan sempurna, maka bisa disimpulkan SFXT mampu menjada salah satu crossover impian terbaik. Dan bersiaplah untuk mendapatkan kejutan baru mengingat SFXT baru rilis pada tahun 2012 nanti.


SHARE
Previous articlePersona 4 di-’Port’ Menjadi Anime!
Next articleRagnarok Online Merambah iPhone dan iTouch
Dragio atau Gio sudah mengawali karir di dunia game sejak tahun 1995 hingga saat ini. Gio yang saat ini melanjutkan kuliahnya di Los Angeles ini menyukai berbagai macam genre game terutama Shooter,WRPG,Action dan Racing. Tertarik menjadi jurnalis video game tentu saja akibat kecintaanya terhadap video game yang sudah tertanam sejak dulu. selain itu,lelaki yang juga memiliki hobby Otomotif ini pun dikenal ramah dan rendah hati sekalipun banyak yang menganggap skill gamingnya sudah cukup tinggi,bisa dilihat oleh banyaknya group gaming di Facebook yang menetapkan Gio di posisi teratas dan respek terhadap dirinya.